Pustakawan Ideal: Memadukan Aspek Profesional dan Aspek Perilaku

Authors

  • Rahayuningsih Rahayuningsih Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v18i2.809

Keywords:

profesionalisme pustakawan, perilaku pustakawan, pustakawan ideal

Abstract

AbstrakPustakawan adalah orang yang mempunyai tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melaksanakan kerja di unit perpustakaan, dokumentasi dan informasi. Pustakawan yang ideal terbentuk dari aspek profesionalisme dan aspek perilaku. Profesionalisme pustakawan mengacu kepada kemampuan untuk merencanakan, mengkoordinasikan, dan melaksanakan fungsinya secara efisien, motivatif, lentur, dan mempunyai etos kerja tinggi sesuai dengan tuntutan penyelesaian tugas kepustakawanan berdasarkan ilmu yang diperoleh dari pendidikan profesi. Perilaku mengacu kepada nilai, norma moral dan kode etik, dalam hal ini kode etik pustakawan, dalam memberikan layanan terbaik kepada pengguna.

References

Adi, Ida Rochani. (2005). Interaksi Pustakawan dan Pemakai. Disampaikan dalam seminar nasional "Smilling Librarians: Mmembangun Image Pustakawan". Di Gedung University Center UGM, 03 Maret 2005.

Bertens, K. (2002). Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lasa HS. (2001). Etika & Fungsional Pustakawan. Buletin Ikatan Pustakawan Indonesia, Daerah Propinsi DIY, Vol. XIII No. 3 April 2001, Hal. 98-112

Mustafa, B. (2003). Layanan Perpustakaan dalam Mendukung Mutu Pendidikan. Makalah Disampaikan dalam Seminar tentang Peran Perpustakaan dalam Melaksanakan Jaminan Mutu (Quality Assurance) Pendidikan. Di Gedung UC UGM, tanggal 6 Maret 2003.

Pengurus Pusat Ikatan Pustakawan Indonesia. (1999). Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI). Jakarta: The British Council.

Perpustakaan Nasional RI. (2003). Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Priyanto, Ida F. (2005). Image, Karir dan Pengembangan Pustakawan. Disampaikan dalam seminar nasional "Smilling Librarians: Membangun Image Pustakawan". Di Gedung University Center UGM, 03 Maret 2005.

Rahayuningsih, F. (2006). Profesionalisme Pustakawan Dalam Menghadapi Tuntutan Kemajuan Teknologi. Info Persadha, Vol.I, No. 1, Hal 2-8.

Sulistyo-Basuki. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pus-taka Utama.

--------------------. (1998). Pustakawan Sebagai Profesional Informasi Modern: Tantangan dan Peluang. Dalam: Dinamika Informasi dalam Era Global. Bandung: Rosdakarya.

-------------------. (2001). Kode Etik dan Organisasi Profesi. Makalah disampaikan pada rapat kerja PB IPI. Jakarta, 05-07 November 2001.

Sungguh, As"™ad. (2000). 25 Etika Profesi. Jakarta: Sinar Grafika.

Tjokrowinoto. (1996). Pembangunan: Dilema dan Tantangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2020-03-24

How to Cite

Rahayuningsih, R. (2020). Pustakawan Ideal: Memadukan Aspek Profesional dan Aspek Perilaku. Media Pustakawan, 18(2), 8–13. https://doi.org/10.37014/medpus.v18i2.809

Issue

Section

Articles