Membangun Budaya Kepustakawanan Indonesia: Reaktualisasi atau Reborn?
DOI:
https://doi.org/10.37014/medpus.v18i1.804Keywords:
budaya kepustakawanan, budaya organisasiAbstract
AbstrakArtikel ini membahas tentang identitas kepustakawanan Indonesia dengan pendekatan kebudayaan, khususnya budaya organisasi. Budaya organisasi memiliki potensi sebagai sumber keunggulan kompetitif, oleh karena itu budaya organisasi harus didesain sedemikian rupa sehingga menjadi suatu nilai yang unik dan hanya dimiliki organisasi tersebut. Perpustakaan perlu menemukan budaya organisasinya, karena (1) positioning perpustakaan di dalam benak masyarakat masih belum menguntungkan, (2) perubahan yang terjadi di perpustakaan sangat cepat, bukan saja sistem operasi dan organisasi, tetapi sampai pada level paradigma dan (3) tanpa ada perubahan yang signifikan, bukan tidak mungkin perpustakaan hilang karena kalah bersaing dengan Lembaga informasi yang baru. Upaya menciptakan budaya perpustakaan setidaknya harus dilakukan dengan mengaktualisasikan beberapa hal, yaitu (1) sejarah perpustakaan, (2) nilai dasar dan keyakinan, (3) simbol yang kasat mata dan (4) Bahasa dan ritual.References
A.S. Munandar (2002) Antara budaya organisasi, budaya lingkungan, dan produktifitas : Majalah Manajemen edisi Februari 2002 hal. 48 "“ 50
Blasius Sudarsono (2006) Antologi kepustakawanan Indonesia, editor Joko Santoso . Jakarta : Sagung Seto
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2005) Kamus Besar Bahasa
Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Farid Elashwami (2002) Menciptakan budaya perusahaan yang unggul : Majalah Manajemen, edisi Februari 2002 hal 38-40
Geertz, Clifford and Pacanowsky (1990) Cultural approach to organization, Boston : McGraw-Hill p. 289 "“ 299
Kreitner and Kinicki (1992). Organizational behavior, 2nd ed. Boston :
Irwin p. 714-715
Robbins, S.P. (1996) Perilaku organisasi : Konsep, kontroversi, aplikasi. Jilid 1, edisi Bahasa Indonesia . Jakarta : Prenhallindo
"¦"¦"¦"¦"¦.. (1996) Perilaku organisasi : Konsep, kontroversi, aplikasi. Jilid 2, edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Prenhallindo
Rhenald Kasali (2006), Change : Tak peduli berapa jauh jalan anda jalani, putarlah arah sekarang juga (Manajemen perubahan dan harapan), Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Schermerhorn, Hunt dan Osborn (1997) Organizational behavior, 6th ed. New York : John Wiley and Sons
Smireich, L. (1983) Concept of culture and organizational analysis. Administrative Science Quarterly, Sept. 367 "“ 489
Varaprasad, N; Paul, John and Lena, Kua. (2003) Gaining mindshare and timeshare: marketing public library (diunduh dari www.sricbi. com/VALS Senin 2 April 2007)