Menguak Tabir Informasi Koleksi Langka dan Antik (Rare and Atiquarian Collections) Perpustakaan Nasional RI

Authors

  • Indah Purwani Perpustakaan Nasional
  • Mariana Ginting Perpustakaan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v22i1.800

Keywords:

koleksi buku langka, koleksi buku antik, perpustakaan nasional

Abstract

Abstrak Tabir yang menyelimuti koleksi langka dan antik Perpustakaan Nasional RI  dirasa masih kurang dipahami oleh sebagian besar masyarakat, karena kekurangan informasi apa dan bagaimana sebenarnya koleksi langka itu. Buku langka dan antik merupakan sebagian besar dari koleksi yang ada di Perpustakaan Nasional RI sekarang ini sebenarnya dihimpun dan dikumpulkan sejak jaman penjajahan Belanda. Dari sebagian besar koleksi tersebut berisi berbagai disiplin ilmu yang bisa dijadikan sebagai bahan acuan penelitian bagi generasi yang akan datang. Dengan jumlah koleksi yang cukup fantastik lebih kurang satu setengah juta judul, generasi muda diharapkan mampu menguak tabir  informasi yang terkandung didalamnya karena, sejuta informasi yang sangat berharga ada didalam koleksi tersebut dan  berbagai tantangan dalam penelusurannya  juga merupakan satu kendala karena bahasa yang notabene bahasa Belanda, Jepang, Inggris, Arab, Kamboja. Semua koleksi langka dan antik ditampung dan dikelola oleh perpustakaan Nasional RI dengan sistem penyimpanan tersendiri dan mempunyai ciri khas dalam penelusurannya. Kendala dalam mengelola koleksi langka dan antik masih ditemui dilapangan karena masih banyak orang yang belum paham akan arti koleksi langka dan antik serta bagaimana cara merawatnya terutama pada koleksi pribadi, tetapi disisi lain belum mau menyerahkan kepada Perpustakaan Nasional RI  karena ada nilai  informasi atau sejarah dan nilai nominal yang tak ternilai di dalamnya. Perpustakaan Nasional RI sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam mengelola dan menangani koleksi langka tersebut harus tetap eksis dalam penanganannya agar prospek kedepan tetap lestari dan tabir yang selama ini melingkupi koleksi langka dan antik segera terkuak  dan bisa didayagunakan  lebih optimal  oleh pemustaka, masyarakat dan generasi penerus sebagai bahan penelitian.

References

Cornel University Library. (2013) Conservation. http;//www.library.cornell.edu/preservation/ operation/conservation.html diakses pada 30/01/2013

wikipedia. (2005). Conservator "“restorer.2005.http;//en.wikipedia.org/wiki/ Conservator_(museum) diakses pada 24/7/2012.

Sumarsih, Endang.(1998). Kontribusi Koleksi Buku Langka dalam memenuhi kebutuhan informasi bagi pengguna Perpustakaan Nasional RI. Jatinangor :Universitas Padjadajran (skripsi)

Grifin, Melanie. (2011). Rare Books and Manuscript. American Library Associasion. .http;//www.ala.org. diakses pada 19 /09/2013.

Indah Purwani. (2001). Kebijakan Skala Prioritas Preservasi Dalam Upaya Perlindungan Nilai Informasi Koleksi Perpustakaan. Jatinangor : Universitas Padjadjaran (skripsi).

Downloads

Published

2020-03-24

How to Cite

Purwani, I., & Ginting, M. (2020). Menguak Tabir Informasi Koleksi Langka dan Antik (Rare and Atiquarian Collections) Perpustakaan Nasional RI. Media Pustakawan, 22(1), 42–49. https://doi.org/10.37014/medpus.v22i1.800

Issue

Section

Articles