Analisis Kebutuhan Pustakawan pada UPT Balai Informasi Teknologi-LIPI

Kamaludin Kamaludin

Abstract


Abstrak Tercapainya layanan yang baik kepada pemustaka adalah cita-cita setiap penyelenggara perpustakaan, untuk mencapai cita-cita tersebut pustakawan dituntut untuk bekerja professional,  disamping itu perlu perencanaan sumber daya manusia yang baik. Namun  masalah yang terjadi adalah perencanaan formasi pegawai belum sepenuhnya dilakukan. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan sumber daya manusia pengelola perpustakaan dalam menjalankan tugasnya pada Seksi Pendayagunaan Koleksi Informasi Teknologi – UPT Balai Informasi Teknologi LIPI Bandung. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Selanjutnya data dianalisis dengan metoda perhitungan berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, nomor : KEP/75/M.PAN/7/2004, dengan memperhatikan Perka PNRI nomo 64 tahun 2006. Dari penelitian diketahui bahwa tugas pokok pegawai pada Seksi ini dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok pustakawan dan tenaga teknis perpustakaan. Penggunaan waktu kerja telah digunakan dengan baik, jumlah kebutuhan pegawai diketahui 17 orang, yang ada saat ini 10 orang, sehingga kekurangan 7 orang. Diketahui juga dalam 7 tahun kedepan akan pensiun 7 orang. Implikasi dari kekurangan pegawai tersebut adalah tidak tercapainya kinerja secara maksimal, upaya yang telah dilakukan yaitu dalam jangka pendek adalah rangkap jabatan dan jangka panjang mengusulkan penambahan pegawai.

Keywords


Pustakawan; manajemen sumber daya perpustakaan; UPT Balai Informasi Teknologi

Full Text:

PDF

References


Achnes, Sofia (2011). Pelayanan Prima Sebagai Upaya Pelaksanaan Good Government, Jurnal Kebijakan Publik, vol 2, no 2.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara. (2004). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, nomor : KEP/75/M.PAN/7/2004, tentang Pedoman perhitungan kebutuhan pegawai berdasarkan beban kerja dalam rangka penyusunan formasi Pegawai Negeri Sipil

Mangkuprawira, S. (2003) : Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik, PT. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Pakaya, Abd. Rahman (2011) Pengaruh manajemen sumber daya manusia strategis dan manajemen transformasi terhadap keunggulan bersaing, Jurnal Inovasi, vol. 08, no. 03.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, nomor : 9 tahun 2014, tentang Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya.

Indonesia. (2014) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, nomor 21 tahun 2014, tentang Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil yang Mencapai Batas Usia Pensiun bagi Pejabat Fungsional

Perpustakaan Nasional RI. (2008) : Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI Nomor 64 tahun 2006 tentang Pedoman penyusunan formasi jabatan fungsional pustakawan, Jakarta : Perpustakaan Nasional RI.

Perpustakaan Nasional RI. (2008) : Undang-undang Republik Indonesia, nomor 43 tahun 2007, tentang Perpustakaan, Jakarta : Perpustakaan Nasional RI.

Purwanto (2005) : Arti dan peranan sumber daya manusia, Jurnal Ekonomi & Pendidikan, vol. 2 no. 2.

Septina, Ane Dwi (2011) : Keaktifan pustakawan dalam pemasyarakan perpusdokinfo guna meningkatkan perkembangan dan citra positif perpustakaan, Jurnal Pustakawan Indonesia, vol 11, no 1.

Walidun Husain (2011) : Perencanaan pengembangan sumber daya manusia di Provinsi Gorontalo, Jurnal Inovasi, vol. 08, no. 03.

Widodo (2009) : Upaya peningkatan kinerja sumber daya manusia melalui komitmen dan orientasi belajar, Media ekonomi, vol 9, no 1.

Willy Susilo, Eriyatno, M. Joko Affandi, D. Agus Goenawan (2011) : Rancang Bangun Model Audit Manajemen Sumber Daya Manusia, Menggunakan Pendekatan Sistem, Manajemen IKM. Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, vol 6, no. 2.




DOI: https://doi.org/10.37014/medpus.v22i1.799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Media Pustakawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright Jurnal Media Pustakawan (e-ISSN:2685-3396), p-ISSN:0852-9248).