Peran Perpustakaan Dalam Upaya Mencerdaskan Bangsa dan Sebagai Tolok Ukur Peradaban

Authors

  • Supriyanto Supriyanto Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v21i2.788

Keywords:

perpustakaan, pustakawan, peradaban

Abstract

Peradaban merupakan ikhtisar dari pengetahuan dan kenang-kenangan yang telah dikumpulkan oleh angkatan-angkatan yang mendahului kita. Bila kita hendak ikut memilikinya, salah satu jalan sekaligus membuat kita berbudaya melalui membaca, dengan kata lain melalui perpustakaan dan pustakawannya. Perpustakaan sebagai salah satu lembaga informasi tertua dengan tenaga pengelolanya bertindak sebagai pengusung peradaban masa lalu untuk sekarang, dan masa yang akan datang serta sudah semestinya menyesuaikan dengan perkembangan yang ada. Koleksi Perpustakaan diseleksi, diolah, disimpan, dilayankan dan dikembangkan sesuai dengan kepentingan pemustaka dengan memperhatikan perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK). Artinya bahwa keberadaan dan perkembangan TIK demikian juga perkembangan sistem informasi sampai pada penyediaan informasi bagi kebutuhan pemustakanya. Pustakawan harus menyadari perlunya kepustakawanan dengan paradigma baru yang mampu menjawab tantangan media elektronik tanpa meninggalkan kepustakawanan konvensional yang masih diperlukan.

Author Biography

Supriyanto Supriyanto, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Pustakawan Utama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

References

Indonesia. (2007). Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Jakarta : Perpustakaan Nasional.

Indonesia. (2007). Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Indonesia. (1999). Keputusan Presiden RI No. 87 Tahun 1999 tentang Rumpun Jabatan Fungsional PNS.

Indonesia. (2002). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 132/KEP/M.PAN/12/2002 tentang Jabatan Fungsional Pustakawan Dan Angka Kreditnya.

Blasius Sudarsono. (2011). Pustakawan dan Perpustakaan Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Global. Media Pustakawan Vol. 18 No. 3 & 4 Tahun 2011. Jakarta : Perpustakaan Nasional RI.

Maurois, Andre. (1977). "Perpustakaan Umum dan Pembangunan". Jakarta : Pusat Pembinaan Perpustakaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Judul asli buku ini adalah : "Public Libraries And Their Mission", diterbitkan UNESCO, Paris, 1961.

Supriyanto, dkk.(1997). "Strategi Perpustakaan Dalam Menghadapi Era Informasi Global", dalam "Perpustakaan Menjawab Tantangan Jaman". Seri Pengembangan Perpustakaan 3. Universitas Katolik Soegijapranata bekerjasama dengan Perpustakaan Daerah Jawa Tengah.

Downloads

Published

2020-03-23

How to Cite

Supriyanto, S. (2020). Peran Perpustakaan Dalam Upaya Mencerdaskan Bangsa dan Sebagai Tolok Ukur Peradaban. Media Pustakawan, 21(2), 34–39. https://doi.org/10.37014/medpus.v21i2.788

Issue

Section

Articles