Motivasi menulis bagi pustakawan

Authors

  • Supriyanto Supriyanto Perpustakaan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v22i1.786

Keywords:

pustakawan, pengembangan profesi, karya tulis ilmiah, karier

Abstract

Menulis apapun bentuknya dari kelas yang sederhana sampai yang rumit akan menghasilkan “sesuatu†yang bermakna bagi penulisnya maupun pembacanya. Bagi seseorang calon penulis menjadi penulis yang awalnya “nothing†menjadi “somethingâ€, dan bagi pembacanya merupakan “something†yang tidak terbantahkan. Berawal dari gagasan, oleh karena pembaca belum tentu penulis, tetapi penulis pastilah pembaca, sehingga sesuatu itu akan bermakna bagi gagasan berikut yang selalu  muncul kapan saja, di mana saja, untuk penulisan berikutnya. Terlebih bisa dilengkapi dengan “meneliti†hasilnya akan lebih obyektif, valid dan reliabel. Bagi pustakawan pekerjaan menulis tidaklah terbatas  pada golongan menengah dan atas saja, tetapi juga golongan bawah sekalipun dibenarkan untuk menulis, dengan kata lain “menulis adalah merupakan kemampuan yang harus dimiliki pustakawan sebagai tenaga profesional mulai dari jenjang pangkat/ jabatan terendah sampai tertinggi. Belum lagi penulisan karya ilmiah bukan saja menghasilkan sesuatu, tetapi juga perolehan angka kredit bagi kenaikan pangkat dan/atau jabatan pustakawan untuk meniti karier lebih baik.

References

Hak, Ade Abdul. (2009). Praktik Penulisan Karya Ilmiah; Bahan Ajar Diklat Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Laksmi. (2009). Teknik Penuangan Gagasan; Bahan Ajar Diklat Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Perpustakaan Nasional. (2008). Undang-Undang No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional.

Perpustakaan Nasional. (2010). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 132/KEP/M. PAN/12/2002 tentang Jabatan Fungsional Pustakawan Dan Angka Kreditnya. Jakarta: Perpustakaan Nasional.

Downloads

Published

2020-03-24

How to Cite

Supriyanto, S. (2020). Motivasi menulis bagi pustakawan. Media Pustakawan, 22(1), 1–9. https://doi.org/10.37014/medpus.v22i1.786

Issue

Section

Articles