Memanfaatkan SINTA (Science and Technology Index) Untuk Publikasi Karya Ilmiah & Strategi Dalam Mencari dan Memilih Jurnal Nasional Terakreditasi

Authors

  • Andi Saputra Universitas Andalas

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v27i1.674

Keywords:

SINTA, Publikasi Karya Ilmiah, Jurnal Nasional Terakreditasi, ARJUNA, Open Journal System

Abstract

Salah satu fungsi Science and Technology Index (SINTA) adalah menilai kinerja jurnal berdasarkan standar akreditasi dan sitasi, dengan mengindeks seluruh jurnal nasional yang sudah diakreditasi oleh Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA). Makalah ini mencoba membahas tentang bagaimana mahasiswa, dosen, dan peneliti bisa memanfaatkan SINTA dalam mencari jurnal nasional terakeditasi untuk publikasi karya ilmiah, bagaimana memahami karakteristik sebuah jurnal, serta strategi memilih jurnal yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, sehingga karya ilmiah bisa diterbitkan pada jurnal dan waktu yang tepat. Penelitian ini menggunakan metode content analysis dengan memahami karakteristik jurnal melalui website resminya. Sampel penelitian diambil dari jurnal nasional bidang ilmu perpustakaan yang terindeks SINTA. Dalam pembahasan ini disimpulkan bahwasanya SINTA sangat membantu memudahkan penulis dalam mencari jurnal untuk publikasi. Selanjutnya, penelitian ini menemukan bahwa tidak semua jurnal nasional terakreditasi bidang ilmu perpustakaan menyajikan informasi pada websitenya dengan baik, seperti website yang tidak aktif, focus and scope, template, dan kontak pengelola yang tidak tersedia. Disamping itu, sebagian besar jurnal nasional bidang ilmu perpustakaan tidak berbayar, dengan rata-rata penerbitan 2 kali dalam setahun.

Author Biography

Andi Saputra, Universitas Andalas

UPT Perpustakaan

References

About Sinta. (2020a). SINTA. Diakses 11 Januari, 2020 dari http://SINTA.ristekbrin.go.id/about

Hidayat, D. Sumirat, et al. (2019). Pemanfaatan sumber pustaka dan perangkat penunjang publikasi ilmiah (1st ed). Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

IPB. (2018). Surat Edaran Sekolah Pascasarjana IPB tentang Revisi Penilaian Publikasi Ilmiah Bagi Program Magister dan Doktor. Bogor: Sekolah Pascasarjana IPB.

Jurnal-jurnal Bidang Ilmu Perpustakaan. (2020b). SINTA. Diakses 17 Maret, 2020 dari http://SINTA2.ristekdikti.go.id/journals?q=pustaka&search=1&SINTA=&pub=&city=&issn=

Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan. (2018). Sosialisasi Peraturan Menristekdikti Nomor 9 tahun 2018 Akreditasi Jurnal Ilmiah dan Perkembangan "“ Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan. Diakses 11 Januari, 2020 dari: https://risbang.ristekdikti.go.id/publikasi/press-release/sosialisasi-peraturan-menristekdikti-nomor-9-tahun-2018-akreditasi-jurnal-ilmiah-dan-perkembangan/.

Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2016). Surat Edaran Nomor: 444/B/Se/2016 tentang Implementasi Standar Nasional Dikti. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi.

Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2019). Surat Edaran Nomor: B/323/B.B1/SE/2019 tentang Publikasi Karya Ilmiah Program Sarjana, Program Magister, dan Program Doktor. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi.

Republik Indonesia, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. (2018). Permenristek Dikti RI No. 9 Tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Nasional. Jakarta: Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Universitas Andalas. (2019). Peraturan akademik Universitas Andalas tahun 2019. Padang: Universitas Andalas.

Universitas Diponegoro. (2016). Peraturan Rektor Universitas Diponegoro Nomor 1 Tahun 2016 tentang Kewajiban Publikasi Bagi Mahasiswa Magister dan Doktor di Universitas Diponegoro. Semarang: Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

Saputra, A. (2020). Memanfaatkan SINTA (Science and Technology Index) Untuk Publikasi Karya Ilmiah & Strategi Dalam Mencari dan Memilih Jurnal Nasional Terakreditasi. Media Pustakawan, 27(1), 56–68. https://doi.org/10.37014/medpus.v27i1.674

Issue

Section

Articles