Usability dan Kepuasan Mahasiswa Pengguna Repository ULM

Authors

  • Mariatul Qibthiyyah UPT Perpustakaan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin
  • Mahmudah Mahmudah UPT Perpustakaan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v26i4.653

Keywords:

usability, kepuasan pengguna, Repository

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalahm mendeskripsikan usability, kepuasan pengguna, serta  hubungan antara usability dan kepuasan pengguna Repository ULM. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan lembar validasi untuk menguji validitas istrumen, lembar evaluasi heuristik untuk menentukan permasalahan usability, dan angket kepuasan pengguna. Data validitas dianalisis dengan menggunakan Rasch model. Data usability dianalisis dengan menggunakan evaluasi heuristik. Data kepuasan pengguna dianalisis secara deskriptif. Hubungan antara usability dan kepuasan pengguna dianalisis dengan uji regresi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Usability Repository ULM yang dianalisis menggunakan evaluasi heuristik menunjukkan bahwa terdapat masalah usability mayor dimana permasalahan ini penting penting untuk diperbaiki sehingga harus diberi prioritas tinggi. Permasalahan mayor ini terjadi pada variabel visibility of system status, match between system and the real world, user control and freedom, consistency and standards, dan recognition rather than recall. Selain itu juga terdapat permasalahan dengan kategori masalah usability minor, dimana permasalahn ini harus diperbaiki tetapi dengan prioritas rendah. Permasalahan minor ini terjadi pada variabel error prevention, flexibility and efficiency of use, aesthetic and minimalist design, well-structured features, dan use of default values.  (2) Kepuasan mahasiswa pengguna Repository ULM diperoleh dari hasil angket dan wawancara yang menunjukkan bahwa 12% sangat puas, 53% puas, 27% kurang puas, dan 6% mahasiswa pengguna tidak puas dengan Repository ULM. (3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan linear anatara usability dan kepuasan pengguna karena nilai sig lebih besar dari 0,05, yakni 0,692.

References

Allen, M., Currie, L. M., Bakken, S., Patel, V. L., & Cimino, J. J. (2006). Heuristic evaluation of paper-based Web pages: A simplified inspection usability methodology. Journal of Biomedical Informatics, 39(4), 412"“423. https://doi.org/10.1016/j.jbi.2005.10.004

Barton, M. R., & Waters, M. M. (2004). Creating an institutional repository: LEADIRS workbook. MIT Libraries. Retrieved from http://dspace.mit.edu/bitstream/handle/1721.1/26698/Barton_2004_Creating.pdf?sequence=1

Caesaron, D. (2015). Evaluasi Heuristic Desain Antar Muka ( Interface ) Portal Mahasiswa ( Studi Kasus Portal Mahasiswa Universitas X ). Jurnal Metris, 16, 9"“14.

Cassella, M. (2010). Institutional Repositories: an Internal and External Perspective on the Value of IRs for Researchers"™ Communities. LIBER Quarterly, 20(2), 210"“225. https://doi.org/http://doi.org/10.18352/lq.7989

Chan, S. W., Ismail, Z., & Sumintono, B. (2013). A Rasch Model Analysis on Secondary Students"™ Statistical Reasoning Ability in Descriptive Statistics. In International Conference on Innovation, Management, and Technology Research. Elsevier.

Cikadiwa, H. M., & Budiman, E. (2017). Heuristik Pada Portal Akademik Mahasiswa Universitas Mulawarman. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Vol. 2, pp. 2"“5).

Creswell, J. W., & Clarck, V. L. P. (2007). Designing and Conducting: Mixed Methods Research. USA: Sage Publications.

Doll, W. J., & Torkzadeh, G. (1988). The Measurement of End-User Computing Satisfaction. MIS Quarterly, 12(2), 259. https://doi.org/10.2307/248851

Ependi, U., Panjaitan, F., & Hutrianto. (2018). System Usability Scale Antarmuka Palembang Guide Sebagai Media Pendukung Asian Games XVIII. Journal of Information System Enginnering and Bussines Intellegence, 3(2), 101"“107.

Fitri. (2007). Analisis Validitas dan Reliabilitas Instrume Kinerja Akuntan Menggunakan Pendekatan Rasch Model. Akutansi Peradaban, III(1).

Fitriansyah, A., & Harris, I. (2018). Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Web Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 1"“8.

Gonzalez-Holland, E., Whitmer, D., Moralez, L., & Mouloua, M. (2017). Examination of the use of Nielsen"™s 10 usability heuristics & outlooks for the future. Proceedings of the Human Factors and Ergonomics Society, 2017"“Octob(2002), 1472"“1475. https://doi.org/10.1177/1541931213601853

Hearst, M. A., Laskowski, P., & Silva, L. (2016). Evaluating Information Visualization via the Interplay of Heuristic Evaluation and Question-Based Scoring. Proceedings of the 2016 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems - CHI "™16, 5028"“5033. https://doi.org/10.1145/2858036.2858280

Hendradewa, A. P. (2001). Perbandingan metode evaluasi. Perbandingan Metode Evaluasi Usability (Studi Kasus : Penggunaan Perangkat Smartphone), 9"“18. Retrieved from http://journal.uii.ac.id/index.php/jurnal-teknoin/article/viewFile/8332/7102

Henriyadi, & Mulyati, R. (2014). Usability Testing Sistem Informasi: Studi Kasus Pada Aplikasi Repositori Publikasi Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 23(2), 54"“63. https://doi.org/10.24252/kah.v3i1a2

Irwan, S. I., Sitanggang, I. S., & Mustafa, B. (2016). Analisis Usabilitas Sistem Informasi Manajemen Penerimaan Koleksi Deposit di PERPUSNAS Berdasarkan Pendekatan Evaluasi Heuristik. Jurnal Pustakawan Indonesia, 14(1), 33"“42.

Johnson, R. (2002). Institutional Repositories: Partnering with Faculty to Enhance Scholarly Communication. D-Lib Magazine, 8(11), 1"“6.

Krisnayani, P., Ketut, I., Arthana, R., Gede, I., & Darmawiguna, M. (2016). Analisa Usability Pada Website UNDIKSHA Dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 5(2).

Kurniawati, N., Mustafa, B., Ardiansyah, F., & Mulyani, E. S. (2012). Pemodelan Konsep Fundamental Repositori Institusi Di Perpustakaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Dengan Menggunakan Framework Zachman. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 21(2), 35"“44.

Lathan, C. E., Sebrechts, M. M., Newman, D. J., & Doarn, C. R. (1999). Heuristic Evaluation of a Web-based Interface for Internet Telemedicine. Telemedicine Journal, 5(2), 177"“185. https://doi.org/10.1089/107830299312140

Nielsen, J. (1992). Finding Usability Problems Through Heuristic Evaluation. Proceedings of the SIGCHI Conference on Human Factors in Computing Systems - CHI "™92, 373"“380. https://doi.org/10.1145/142750.142834

Nielsen, J. (1994a). Enhancing The Explanatory Power of Usability Heuristics. Conference Companion on Human Factors in Computing Systems - CHI "™94, 210. https://doi.org/10.1145/259963.260333

Nielsen, J. (1994b). Usability Inspection Methods. Conference Companion on Human Factors in Computing Systems - CHI "™94, 413"“414. https://doi.org/10.1145/259963.260531

Pawirosumarto, S., Katidjan, P. S., & Mulyanto, A. D. (2015). Pengaruh Computer Self-Efficacy Terhadap Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Penggunaan, Kepuasan Pengguna, dan Dampak Individu. Jurnal MIX, VI(2), 310"“327.

Riyono, M. R., Sulistiowati, & Churniawan, A. D. (2016). Analisis Pengaruh Website Stikom Institutional Repositories (SIR) Pada Institut Bisnis Dan Informatika Stikom Surabaya. JSIKA, 5(12), 1"“10.

Santi, T. (2016). Peran Sosial Perpustakaan di Era Digital Native. IQRA"™: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 10(02), 1"“10.

Sasongko, E. N., & Rusgiyono, A. (2016). Penerapan Metode Structural Equation Modeling Untuk Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Terhadap Kualitas Website (Studi Kasus pada Website sia.undip.ac.id). Jurnal Gaussian, 5, 395"“404.

Saufa, A. F. (2017). Penilaian Tingkat Usabilitas Pada Elektronik Repository Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Lentera Pustaka, 3(2), 89"“102.

Setiawan, N. P., Anwar, M., & Sriwahyuni, T. (2013). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Terpadu (Sister) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction Di SMK N 2 Kecamatan Guguak. Voteknika: Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, 16(1), 42"“57. https://doi.org/10.1080/1071576042000191763

Setiawati, A., Rahim, A., Kisbianty, D., Studi, P., Informatika, T., & Bangsa, S. D. (2018). Pengembangan dan Pengujian Aspek Usability pada Sistem Informasi Perpustakaan (Studi Kasus : STIKOM Dinamika Bangsa Jambi). PROCESSOR, 13(1).

Shearer, K. (2003). Institutional Repositories : Towards The Identification of Critical Success Factors. Canadian Journal of Information and Library Science, 27(3), 89"“108.

Siregar, M. R. A. (2015). Kompetensi yang Harus Dimiliki Seorang Pustakawan (Pengelola Perpustakaan). IQRA"™: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 09(02), 211"“222.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assesment Pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata.

Sutedjo, M. (2014). Pengelolaan Repositori Perguruan Tinggi dan Pengembangan Repositori Karya Seni. Seminar Nasional Digital Local Content: Strategi Membangun Repository Karya Seni," Di GKU FSR ISI Yogyakarta, 1"“15.

Syukrinur. (2017). Pustakawan Sebagai Komunikator Dalam Layanan Referensi Perpustakaan. IQRA"™: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 11(02), 95"“103.

Toribio-Guzmán, J. M., García-Holgado, A., Pérez, F. S., García-Peñalvo, F. J., & Martín, M. A. F. (2016). Study of the Usability of the Private Social Network SocialNet using Heuristic Evaluation. Proceedings of the XVII International Conference on Human Computer Interaction - Interacción "™16, 1"“5. https://doi.org/10.1145/2998626.2998674

W, N. M., & Suryani, E. (2018). Analisis Kepuasan Pengguna Website Jurnal Online dengan Menggunakan Metode Webqual (Studi Kasus Buletin Penelitian Sistem Kesehatan). Teknikom, 2(1), 1"“5.

Wahyuni, M. (2015). Peran pustakawan sebagai penyedia informasi. IQRA"™: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 9(2).

Wijaya, I. G. N. S., & Suwastika, I. W. K. (2017). Analisis Kepuasan Pengguna Elearning Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction. Jurnal Konferensi Nasional Sistem & Informatika 2017, 4, 558"“562.

Windarto, Y. (2015). Identifikasi Usability Factor Website E-Commerce Model B2C Dengan Metode Heuristic. Jurnal Teknik Dan Ilmu Komputer, 04(14), 221"“231.

Yaniasih, Y., Ardiansyah, F., & Basuki, S. (2016). Analisis Kualitas Dan Fasilitas Swaarsip Web Repositori Institusi Lembaga Penelitian: Perbandingan Lipi Dan Lembaga Internasional. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 36(1), 49. https://doi.org/10.14203/j.baca.v36i1.202

Zhang, J., Johnson, T. R., Patel, V. L., Paige, D. L., & Kubose, T. (2003). Using usability heuristics to evaluate patient safety of medical devices. Journal of Biomedical Informatics, 36(1"“2), 23"“30. https://doi.org/10.1016/S1532-0464(03)00060-1

Downloads

Published

2019-12-20

How to Cite

Qibthiyyah, M., & Mahmudah, M. (2019). Usability dan Kepuasan Mahasiswa Pengguna Repository ULM. Media Pustakawan, 26(4), 293–302. https://doi.org/10.37014/medpus.v26i4.653

Issue

Section

Articles