Perancangan Chat Bot Messenger Dengan Pendekatan User Centered Design (Studi Kasus : Perpustakaan Fakultas Teknik UGM)

Authors

  • Nova Indah Wijayanti Universitas Gadjah Mada
  • Rita Yulianti Universitas Gadjah Mada
  • Bagus Wijaya Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v26i4.555

Keywords:

Perpustakaan, customer service, pemustaka, google design sprint, chatbot

Abstract

Revolusi industri dalam bidang informasi di Perpustakaan telah mengalami perkembangan.. Tantangan yang dihadapi oleh perpustakaan adalah bagaimana penerapan konsep 4.0 ini disesuaikan dengan sumber daya yang dimiliki perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana merancang dan mengembangkan chatbot yang berfungsi sebagai customer service.  Metode penelitian yang digunakan dengan Google Design Sprint yang terdiri dari Understand, Define, Diverge, Decide, Prototype  dan  Validate. Analisis data menggunakan user centered design yaitu kesesuaian antara desain dengan kebutuhan dan keinginan pengguna. Hasil dan Pembahasan yaitu penerapan Artificial Intelligence di Perpustakaan dengan cara memasang chatbot untuk pekerjaan customer service bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi manychat. Fitur yang dipasang disesuaikan dengan FAQ (Frequanlty Ask Question) yang telah didokumentasikan di Perpustakaan.  Hasil penelitian adalah chatbot berhasil dipasang dan bisa berfungsi dengan baik melalui usability test. Untuk hasil lebih optimal dibutuhkan integrasi dengan channel komunikasi lain yang dimiliki oleh perpustakaan.

References

Bevan, N. & Macleod, M. (1994). Usability measurement in context. Journal Behaviour & Information Technology 13(1): 132"“45. https://doi.org/10.1080/01449299408914592

Knapp, J., Zeratsky, J., Kowitz, B. (2016). Sprint: How to Solve Big Problems and Test New Ideas in Just Five Days. New York: Simon & Schuster, Inc.

Manychat. (2019). Meet Messenger Marketing. Diambil 5 Agustus 2019 from https://manychat.com

Maximiliane, W. (2018). Industry 4.0 "“ Organizing routines or innovations?: Very informal newsletter on library automation. Vine Journal of Information and Knowledge Management Systems 48(2): 238254.

Noh, Y. (2015). Imagining library 4.0: Creating a model for future libraries. Journal of Academic Librarianship 41(6): 786-797, https://dx.doi.org/10.1016/j.acalib.2015.08.020

Parnes, S. (2013). Creative problem solving tools & techniques resource guide. Diambil 8 Agustus 2019 dari https://www.creativeeducationfoundation.org/wp-content/uploads/2015/06/ToolsTechniques-Guide-FINAL-web-watermark.pdf

Pratama, A.A.(2018). User interface/user experience dengan metode Google Design Sprint dan A/B testing pada Website Startup QTaaruf, 7(4), 1-9

Roblek, V., Meško, M., & Krapež, A. (2016). A complex view of Industry 4.0. SAGE Open. https://doi.org/10.1177/2158244016653987.

Wijaya, M.H., Sarosa, M., Tolle, H.(2018). Rancang bangun chatbot pembelajaran Java pada Google classroom dan Facebook Messenger. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 5(3): 287"“96

Downloads

Published

2019-12-23

How to Cite

Wijayanti, N. I., Yulianti, R., & Wijaya, B. (2019). Perancangan Chat Bot Messenger Dengan Pendekatan User Centered Design (Studi Kasus : Perpustakaan Fakultas Teknik UGM). Media Pustakawan, 26(4), 254–267. https://doi.org/10.37014/medpus.v26i4.555

Issue

Section

Articles