Analisis “Similarity” pada Karya Tulis Pustakawan yang diajukan sebagai Angka Kredit

Authors

  • Abdul Rahman Saleh Perpustakaan Institut Pertanian Bogor

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v26i3.547

Keywords:

Jabatan Fungsional tertentu, Pustakawan, Karya tulis, Karya ilmiah, plagiarisme, Librarian, Librarian writing works, Scientific work, Plagiarism

Abstract

ABSTRAK Salah satu butir kegiatan pustakawan yang termasuk kegiatan unsur utama, namun tidak termasuk tugas pokok dari pustakawan adalah pembuatan karya tulis/ karya ilmiah di bidang kepustakawanan. Kegiatan ini dikelompokkan ke dalam unsur pengembangan profesi. Angka kredit yang ditawarkan untuk kegiatan ini cukup besar, terutama bila dibandingkan dengan pelaksanaan kegiatan teknis perpustakaan lainnya. Oleh karena itu, banyak pustakawan yang mengejar kekurangan angka kredit dari kegiatan tersebut. Sayangnya, banyak pustakawan yang tidak hati-hati dalam menulis, atau mungkin juga memang sengaja melakukan hal yang tidak terpuji, sehingga karya tulis yang dihasilkan banyak mengandung dugaan plagiarisme. Kajian ini mencoba memotret karya tulis pustakawan yang diusulkan kepada Tim Penilai Tingkat Pusat di Perpustakaan Nasional. Kajian dilakukan terhadap 129 judul karya tulis yang diajukan oleh 16 pustakawan selama Bulan Januari - Mei 2019. Sampel diambil menggunakan teknik non probability sampling yaitu ditarik secara incidental sampling. Seluruh karya tulis diperiksa menggunakan aplikasi Turnitin dan dicatat tingkat kemiripannya dengan artikel lain yang ada di dunia maya. Tingkat kemiripan (similarity) tertinggi diketahui sebesar 94% atau dapat dikatakan seluruh bagian dari artikel tersebut diduga meniru tulisan orang lain (plagiat) yang diperoleh dari internet. Sedangkan tulisan yang memiliki tingkat kemiripan terendah adalah sebesar 2%, atau hampir tidak ada dugaan praktek plagiarisme dari tulisan tersebut. Dugaan plagiarisme tersebut bisa memang sengaja dilakukan oleh penulis, atau bisa secara tidak sengaja dilakukan oleh penulis, misalnya karena ketidak tahuan cara menulis kutipan. Karenanya, disarankan agar para penulis mempelajari pedoman penulisan yang banyak beredar di dunia akademik sehingga hasil tulisannya sesuai dengan peraturan dan terhindar dari dugaan plagiarisme.  ABSTRACT One of the librarian's activities that consider as the activities of the main elements, but not as the main tasks of the librarian is the writing works or scientific work in the field of librarianship. This activity is grouped into the professional development. The Credit point that offered for this activity is quite large, especially when compared to the activities of the library technical activities or the library housekeeping activities. Therefore, many librarians are doing this activity in order to get the bigger credit point. Unfortunately, many librarians are not careful in writing, or may also intentionally do things that are not commendable, so that the result of the work contains a lot of alleged plagiarism. This study tried to give the picture of the writing work / academic work of the librarian that proposed to the National Assessment Team at the National Library. The study was carried out to 129 work that written by 16 librarians during January - May 2019. Samples were taken using non probability sampling techniques, namely drawn incidentally sampling. All papers are examined using the Turnitin application and were recorded the level of similarity with other works that are already posted in cyberspace. The highest similarity level is known to be 94% or it can be considered that all parts of the work suspected as copied from other works (plagiarism) that are found in the internet. While the work that has the lowest similarity level is 2%, or there is almost no suspicion of plagiarism from the writing. Allegations of plagiarism can indeed be deliberately done by the author, or can be accidentally done by the author, for example because of ignorance of how to write a quote. Therefore, it is recommended that the authors to study or to read the writing guidelines that are widely circulating in the academic world so that their work are not break the rules and avoid the alleged plagiarism.

References

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). KBBI Daring. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Retrieved from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/menyitir

Hadi, A. S. (2014). Perpustakaan dan pustakawan dalam masyarakat serta apresiasi terhadapnya: kenyataan masa lalu dan harapan masa depan. Media Pustakawan, 21(1), 14-23.

Perpustakaan Nasional. (2009). Undang-undang Republik Indonesia nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Perpustakaan Nasional. (2010). Kajian pelaksanaan jabatan fungsional pustakawan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Perpustakaan Nasional. (2012). Laporan Tim Pertimbangan jabatan fungsional pustakawan Perpustakaan Nasional RI tahun 2012. Jakarta: Pusat Pengembangan Pustakawan, Perpustakaan Nasional RI.

Perpustakaan Nasional. (2015). Jabatan Fungsional Pustakawan dan angka kreditnya. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Perpustakaan Nasional. (2015). Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI nomor 11 tahun 2015 tentang petunjuk teknis jabatan fungsional dan angka kreditnya. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Ristekdikti. (2019). Daftar Jabatan Fungsional Khusus (Tertentu) Update 20 Februari 2017. Retrieved May 28, 2019, from Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XII, Maluku dan MAluku Utara: http://lldikti12.ristekdikti.go.id/2017/02/20/daftar-jabatan-fungsional-khusus-tertentu-update-20-februari-2017.html

Saleh, A. (2018). Komposisi Angka Kredit pada PAK (Penetapan Angka Kredit) Kenaikan Pangkat/Jabatan Pustakawan Tingkat Keahlian. Media Pustakawan, 25(1), 21-31.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian manajemen: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, penelitian tindakan, penelitian evaluasi. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto. (2012). Karakteristik pustakawan profesional di tengah isu sertifikasi. Media Pustakawan, 19(2), 5-11.

Widayanti, Y. (2014). Pengembangan karir pustakawan melalui jabatan fungsional. Libraria, 2(1), 137-149.

Wiradi, G. (2009). Etika penulisan karya ilmiah. Jakarta: Yayasan AKTIGA.

Downloads

Published

2019-09-30

How to Cite

Saleh, A. R. (2019). Analisis “Similarity” pada Karya Tulis Pustakawan yang diajukan sebagai Angka Kredit. Media Pustakawan, 26(3), 170–183. https://doi.org/10.37014/medpus.v26i3.547

Issue

Section

Articles