Promosi Perpustakaan melalui Media Sosial di Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro
DOI:
https://doi.org/10.37014/medpus.v24i4.526Keywords:
Promosi perpustakaan, Media sosial, Pustakawan sekolah, Perpustakaan sekolahAbstract
Abstrak Promosi perpustakaan melalui media sosial merupakan salah satu yang paling tepat dan cepat. Setidaknya ada tiga keunggulan jika perpustakaan melakukan promosi dengan memanfaatkan media sosial. Pertama, media sosial mudah dilakukan karena hanya dalam hitungan menit akun yang sudah dibuat bisa langsung digunakan untuk promosi. Kedua, media sosial tak perlu modal besar. Untuk membuat sebuah akun di media sosial yang kita perlukan hanyalah kuota internet setiap bulannya. Ketiga, media sosial lebih cepat dikenal. Perpustakaan harus menyuguhkan dengan konten yang menarik melalui gambar maupun tulisan. Simpulan yang dapat disampaikan sebagai berikut: (1) Mengenalkan perpustakaan melalui media sosial merupakan salah satu langkah promosi yang efektif dan efisien. (2) Hasil/dampak yang diperoleh dari promosi perpustakaan melalui media sosial sebagai berikut; Upaya perpustakaan untuk mengenalkan perpustakaan kepada pemustaka/siswa melalui media sosial meningkatkan jumlah kunjungan; Upaya perpustakaan untuk mengenalkan perpustakaan kepada pemustaka/siswa melalui media sosial meningkatkan jumlah peminjaman buku; Upaya perpustakaan untuk mengenalkan perpustakaan kepada pihak luar melalui media sosial menarik penulis maupun penerbit untuk bekerjasama dengan perpustakaan; Upaya perpustakaan untuk mengenalkan perpustakaan melalui media sosial mengoptimalkan promosi tanpa membutuhkan biaya yang besar tapi memberikan dampak yang besar bagi perpustakaanReferences
Perpustakaan Nasional. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional
Magdalena, M. (2015). 10 Strategi Marketing Online ala Bukalapak. Jakarta: Grasindo.
Politwika. (2015). 99 Cara Super Lesatkan Bisnis via Sosial Media. Jakarta: Grasindo
Downloads
Published
2017-12-27
How to Cite
Sukarno, L. G. (2017). Promosi Perpustakaan melalui Media Sosial di Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro. Media Pustakawan, 24(4), 56–61. https://doi.org/10.37014/medpus.v24i4.526
Issue
Section
Articles