Studi Komparasi Model Service Quality dan Model Library Quality dalam Pengukuran Kualitas Layanan Perpustakaan
Keywords:
ServQual Model, LibQual Model, Library Service Quality, Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY, Comparative StudyAbstract
There are various ways to measure service quality, including the ServQual Model and the LibQual Model. This study aims to determine the service quality measurement model that is more suitable for the Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY. This study uses a comparative descriptive approach by comparing two research objects, namely the ServQual Model and the LibQual Model. Based on the results of the analysis, it can be seen that there are differences between the ServQual Model and the LibQual Model. All dimensions in the ServQual Model have been covered by the LibQual Model. In addition, the Libqual Model also has dimensions of Library as Place, Personal Control, and Information Access. The difference in dimensions causes differences in measurement indicators in the ServQual Model and the LibQual Model. In addition, there are differences in the results of measuring service quality using the PANRB Regulation No. 14/2017 Model with the LibQual Model. This study is able to contribute as a consideration for the Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY in choosing service quality measurement tools, as an aid in policy formulation and service development, and advancing library science through the provision of study materials.References
Aliza, D. N., & Ardoni. (2017). Penggunaan metode LibQual +™ untuk mengukur kualitas layanan di UPT Perpustakaan UNP. Jurnal Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 5(1), 210–219. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/8379
Amalia, O. N., & Christiani, L. (2020). Analisis tingkat kepuasan pemustaka terhadap kualitas pelayanan perpustakaan dengan metode LibQual+™. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 9(2), 33-41.
Amalina, F. N. (2020). Integrasi LibQual dan Kano ke dalam quality function deployment (QFD) untuk meningkatkan kualitas pelayanan Perpustakaan ITS [Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember]. ITS Repository. https://repository.its.ac.id/79699/
Arobi, A. (2022). Analisis kepuasan mahasiswa dengan metode ServQual dan QFD dalam upaya peningkatan kualitas sistem pelayanan perpustakaan. Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta. https://eprints.akprind.ac.id/3160/
Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY. (2023). Laporan pelaksanaan survei kepuasan masyarakat (skm) Balai Layanan Perpustakaan DIY tahun 2023. Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY.
Dawilis, Y. N. (2022). Evaluasi kualitas layanan perpustakaan menggunakan metode LibQual+™ di UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Riau. Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 4(2), 70–81. https://doi.org/10.24952/ktb.v4i2.4583
Fanani, A. (2022). Analisis kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gresik dengan metode ServQual terintegrasi dengan improvement gap analysis (IGA). JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), 2(2), 175–185. https://doi.org/10.30587/justicb.v2i2.3317
Fatmawati, E. (2011). Kajian teoritis mengenai metode LibQual+™ untuk mengevaluasi kualitas layanan perpustakaan. Libraria: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 1(1), 45-80.
Fikri, R., & Prasetyawan, Y. Y. (2019). Mengukur kualitas layanan Perpustakaan Universitas Semarang menggunakan LibQual+TM. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), 671–680. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23199
Gloriano, G., & Nugraha, J. (2022). Analisis kualitas pelayanan menggunakan metode ServQual: Studi kasus di Perpustakaan Unesa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(3), 233–245. https://doi.org/10.26740/jpap.v10n3.p233-245
Hapsari, R. D., Seftiawan, A. B., & Umanah, U. (2021). ServQual analysis on Merangin Public Library services, Jambi Province. Indonesian Journal of Librarianship, 1(2), 95–105. https://doi.org/10.33701/ijolib.v1i2.1119
Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas pelayanan publik: Konsep, dimensi, indikator dan implementasinya. Gava Media.
Harisanty, D., & Khodijah, S. (2016). User perception to service quality (LibQual) in State University Library at Surabaya. Jurnal Edulib, 6(1), 1–16. https://doi.org/10.17509/edulib.v6i1.4998
Hidayat, W., & Sulistyani, L. (2022). Effek kualitas produk, kualitas pelayanan terhadap kepercayaan dan kepuasan pelanggan sebagai variable intervening pada perusahaan jasa konstruksi CV Muna Sariy Jaya. Jurnal Excellent, 9(1), 7–18. https://doi.org/10.36587/exc.v9i1.1233
Huda, M., Santoso, H., & Rahayuningsih, S. (2017). Analisis kualitas layanan perpustakaan menggunakan metode Kano di Perpustakaan Universitas Kadiri. JATI UNIK: Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(1), 32-41. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i1.67
Lakshmi, A. S. E., & Sudaryanto, E. (2023). Analisis dampak tayangan kartun televisi pada perkembangan bahasa anak di masa pandemi: (Studi deskriptif komparatif pada TK Srikandi Surabaya). RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi (e-ISSN: 2807-6818), 3(02), 82-94. https://doi.org/10.69957/relasi.v3i02.459
Lestari, D., Ilhamsyah, I., & Rusi, I. (2022). Pengukuran kualitas layanan sistem informasi Perpustakaan Universitas Tanjungpura menggunakan metode LibQual, WebQual 4.0, dan importance performance analysis (IPA). Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi, 10(1), 34–45. https://doi.org/10.26418/coding.v10i01.52134
Lubis, A. S., & Andayani, N. R. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan (service quality) terhadap kepuasan pelanggan PT. Sucofindo Batam. Journal of Applied Business Administration, 1(2), 232–243. https://doi.org/10.30871/jaba.v1i2.619
Maria, D. (2023). Analisis kualitas layanan sistem informasi perpustakaan STIKes Payung Negeri terhadap kepuasan pengguna menggunakan LibQual+™ [Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau].
Masruroh, N., & Rahmaningtyas, W. (2020). Penggunaan ServQual model untuk menyelisik kualitas pelayanan. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 666-678.
Maulana, A., Nur’aini, I., Oktapianingsi, R., Erfiani, & Lubis, M. A. P. (2024). Analisis kualitas layanan perpustakaan dengan ServQual model dalam meningkatkan kunjungan perpustakaan. Deflasi Jurnal Ekonomi, 2(1), 203–212. https://jurnal.asrypersadaquality.com/index.php/deflasi/article/view/261
Nadhifah, K. (2020). Pengaruh kompetensi pustakawan terhadap kualitas layanan Perpustakaan Universitas Jember. Jurnal Pustaka Ilmiah, 6(1), 1003-1013.
Novita, R., & Egusti, W. M. (2019). Penerapan metode ServQual terhadap kualitas layanan sistem informasi pengarsipan. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI), 12, 240–246. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SNTIKI/article/view/7921/
Nurvia, E., & Angraini. (2016). Pengukuran kualitas layanan digital library: Studi kasus perpustakaan Badan Pusat Statistik Provinsi Riau. Jurnal Rekayasa Manajemen Sistem Informasi, 2(2), 36–37. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/RMSI/article/view/2606/1634
Oktaviani, H. R., Saifudin, S., & Puspita, R. E. (2019). Kualitas layanan sebagai strategi peningkatan kepuasan pengunjung perpustakaan. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 3(2), 159-174. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v3i2.159-174
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan dan Penilaian Laporan Kinerja Instansi Pemerintah. https://peraturan.bpk.go.id/Details/132600/permen-pan-rb-no-14-tahun-2017
Prasetyo, D.N. (2016). Evaluasi kepuasan pemustaka terhadap kualitas layanan di Perpustakaan Perguruan Tinggi Alma Ata Yogyakarta dengan Metode LibQual+™. UIN Sunan Kalijaga [Master’s thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta]. Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Prihastanti, T., & Husna, J. (2017). Kepuasan pemustaka terhadap mahasiswa magang pada layanan sirkulasi di Perpustakaan Universitas Muria Kudus berdasarkan dimensi affect of service pada metode LibQual +™. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 51–60. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23024/0
Ramadhan, N., Qisty, J., Adinda, & Widianingsih, I. (2024). Library services quality evaluation at the Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY with integration analysis using the LibQual model and importance performance analysis (IPA) method. DIJEMSS: Dinasti International Journal of Educatiion Management and Social Science, 6(1), 329–349. https://dinastipub.org/DIJEMSS/article/download/3381/2273/15745
Undang-Undang (UU) Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. https://dpk.kalbarprov.go.id/download/undang-undang-43-tahun-2007-tentang-perpustakaan/
Sarwono, S., Isbandini, I., & Rahayu, D. (2018). Analisis tingkat kepuasan pemustaka terhadap layanan electronic theses and dissertations (ETD) Perpustakaan UGM dengan menggunakan metode LibQual +™. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 6(2), 299–330. https://doi.org/10.21043/libraria.v6i2.4153
Sembiring, J., & Sinaga, B. (2021). Penerapan metode ServQual dalam menentukan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pengurusan surat izin usaha mikro dan kecil pada Kantor Camat Dolat Rayat Kabupaten Karo. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI), 4(2), 165–170. https://doi.org/10.32672/jnkti.v4i2.2933
Sentia, T., Mustafia, M., & Zuraidah, E. (2022). Analisa kualitas layanan pada e-learning di sekolah menggunakan metode Servqual. Journal of Informatics Management and Information Technology, 2(3), 100-108. https://doi.org/10.47065/jimat.v2i3.167
Srirezeki, N. I., Sukaesih, S., & Saepudin, E. (2024). Pengaruh kualitas layanan perpustakaan terhadap minat baca masyarakat (Studi korelasi tentang kualitas layanan Perpustakaan Kota Bogor terhadap minat baca masyarakat Bogor LibQual Model+™). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 13150-13157.
Sukwadi, R., Josua, P. P., & Tannady, H. (2021). Penerapan model integrasi fuzzy ServQual-IPA-QFD dalam analisis kualitas layanan Stasiun Gambir. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 5(1), 181-190. https://doi.org/10.24912/jmstkik.v5i1.9628
Sulistyawati, N. M., & Seminari, N. K. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar. E- Jurnal Manajemen Unud, 4(8), 2318–2332. https://www.neliti.com/id/publications/250437/pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-kepuasan-pelanggan-restoran-indus-ubud-gian
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (mixed method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6187
Yuniar, S. S., Arijanto, S., & Liansari, G. P. (2014). Usulan perbaikan kualitas pelayanan jasa pengiriman paket berdasarkan hasil pengukuran menggunakan metode service quality (ServQual) di PT.X. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 2(2), 98–109. https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/rekaintegra/article/view/413
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.