Frequently Asked Questions pada Halaman e-Resources Perpustakaan Nasional: Suatu usulan

Authors

  • Juli Odor Nainggolan Perpustakaan Nasional
  • Arief Wicaksono Perpustakaan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v24i3.463

Keywords:

Frequently Asked Question, Website Perpustakaan Nasional

Abstract

Abstrak Perpustakaan Nasional mempunyai alamat e-mail khusus untuk menangani pertanyaan terkait layanan e-resources. Alamat e-mail ini menerima banyak pertanyaan dengan pola tertentu. Banyak pertanyaan yang mempunyai tema yang sama. Perpustakaan Nasional dapat membuat Frequently Asked Questions (FAQ) untuk pertanyaan yang memang berulang atau mempunyai tema yang sama. Pertanyaan berulang yang dibuatkan FAQ dapat menjadi solusi yang dapat dilakukan secara mandiri oleh pemustaka. Penelitian ini menggunakan analisis isi kuantitatif pada transkrip e-mail yang diterima dari bulan April dan Mei 2016. Sebagian besar pertanyaan yang masuk adalah pertanyaan seputar lupa nomor anggota dan lupa password. Masalah lupa nomor anggota dan lupa password ada yang dapat diselesaikan secara mandiri oleh pemustaka. Pembuatan Frequently Asked Questions dinilai menjadi salah satu cara mengurangi pertanyaan teknis lupa nomor anggota dan password pada e-mail khusus layanan e-resources.

References

Beck, S.E. & Manuel, K. (2008). Practical research methods for librarians and information professionals. New York: Neal-Schuman Publishers.

Eriyanto. (2011). Analisis isi: pengantar metodologi untuk penelitian ilmu komunikasi dan ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana.

Krippendorff, K. (2004).Content analysis: an introduction to its methodology. 2nd ed. Thousand Oaks: Sage.

Mortimer, M. (2007). Libraryspeak. Friendswood: TotalRecall Publications. Retrieved from http://www. ebrary.com

Qomariah, A.N. & Kusuma, R.C.D. (2015). Analisis transaksi e-mail dalam layanan referensi virtual. Record and Library Journal, 1(2): 105-119

McClure, C.R., et al. (2002). Statistics, measures and quality standards for accessing digital library services: guidelines and procedurs. New York: Informastion Institute of Syracuse School dan School of Information Studies. Diakses pada http://quartz.syr.edu/rdlankes/ Publications/Books/Quality.pdf tanggal 23 Januari 2017.

Satibi, I.F. (2014). Evaluasi layanan referensi e-mail Perpustakaan Universitas Indoensia. Skripsi, Universitas Indonesia.

Shachaf, P., Meho, L.I. & Hara, N. (2007). Cross-cultural Analysis of E-mail Reference. The Journal of Academic Librarianship, 33(2): 243"“253.

Wicaksono, A. (2016). SMS Reference di Perpustakaan Nasional Indonesia: Proyek Penelitian Pilot. Record and Library Journal, 2(2): 140-151.

Downloads

Published

2019-08-12

How to Cite

Nainggolan, J. O., & Wicaksono, A. (2019). Frequently Asked Questions pada Halaman e-Resources Perpustakaan Nasional: Suatu usulan. Media Pustakawan, 24(3), 50–56. https://doi.org/10.37014/medpus.v24i3.463

Issue

Section

Articles