Model Pengembangan Desain Instruksional Dalam Penyusunan Modul Pendidikan Pemustaka (Library Instruction)

Authors

  • Jurianto Jurianto Institut Agama Islam Negeri Curup

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v24i3.461

Keywords:

model pengembangan, desain instruksional, library instruction

Abstract

Abstrak Pendidikan pemustaka adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengajarkan kepada pemustaka tentang organisasi perpustakaan, bagaimana mengidentifikasi, menemukan dan menggunakan sumber-sumber informasi yang mereka butuhkan secara efisien, efektif dan etis. Dengan makin berkembangnya sumber-sumber informasi dibutuhkan banyak kemampuan bagi pemustaka untuk dapat memanfaatkan sumber-sumber yang ada di perpustakaan. Oleh karenanya dibutuhkan pengembangan model pengajaran pendidikan pemustaka yang baik. Dengan model pengembangan model pendidikan pemustaka dan kreatifitas pustakawan, diharapkan perpustakaanmemiliki sistem pembelajaran yang baik yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka. Ada banyak model pengembangan pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan paket pembelajaran pemustaka yang di dalamnya ada proses pengembangan, implementasi dan juga evaluasi.

References

Badan Standarisasi Nasional. (2009). Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: BNSP.

Crawford, J. (2005). Evaluating Library and Information Service. London: Aslib.

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Perpustakaan Perguruan Tinggi: Buku Pedoman. Jakarta: Diknas.

Dick, W. Carey, L. & Carey, J. O. (2009).Systematic Design of Instructional. Ohio: Pearson.

Gagne, R. M. (2005). Pinciples of Instructional Design. Fifth Edition. New York: Thomson Wadsworth.

Gagne, R. M. (2005). The Condition of Learning and Theory of Instruction. New York: Holt Rinehart and Winston Inc.

Reiser, R. A. (2007). Trend and Issue in Instructional Design and Technology. New Jersey: Pearson Education.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L. dan Russel, J. D. (2008). Instructional Technology & Media For Learning,Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. New Jersey: Pearson Prentice Hall,

Stueart, R. D. dan Moran, B. B. (2007). Library and Information Center Management. Colorado: Library Unlimited.

Suparman, A. (2011). Desain Instruksional. Jakarta: Erlangga.

Indonesia. (2007) Undang-undang No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional

Downloads

Published

2019-08-12

How to Cite

Jurianto, J. (2019). Model Pengembangan Desain Instruksional Dalam Penyusunan Modul Pendidikan Pemustaka (Library Instruction). Media Pustakawan, 24(3), 32–39. https://doi.org/10.37014/medpus.v24i3.461

Issue

Section

Articles