Peran Pustakawan dalam Mewujudkan Transformasi Perpustakaan yang Berkontribusi pada Pengembangan Sumber Daya Manusia

Authors

  • Kusairi Kusairi Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v24i3.459

Keywords:

pelibatan masyarakat, pengembangan sumberdaya manusia, peningkatan layanan perpustakaan

Abstract

Abstrak Perpustakaan umum adalah perpustakaan yang diperuntukkan bagi masyarakat luas sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat tanpa membedakan umur, jenis kelamin, suku, ras, agama, dan status sosial-ekonomi. Kini keberadaan perpustakaan telah bertransformasi dari hanya sebagai tempat untuk membaca dan meminjam buku, ada hal lain yang menunjang pengembangan perpustakaan agar lebih bermanfaat bagi masyarakat yaitu peningkatan kualitas layanan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) seperti komputer dan internet, kegiatan-kegiatan pelibatan masyarakat, serta peningkatan fasilitas, sarana dan prasarana. Hal tersebut terbukti berdampak positif bagi perpustakaan diantaranya adalah mampu meningkatkan citra perpustakaan, peningkatan anggaran, dukungan dari berbagai pihak baik dari pemerintah maupun swasta. Sedangkan dampak positif yang dirasakan langsung oleh masyarakat adalah adanya peningkatan dibidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, pertanian, dan sektor lainnya seperti peningkatan minat baca masyarakat. Dengan demikian transformasi perpustakaan turut berkontribusi nyata pada pengembangan sumberdaya manusia (human capital development). Hal ini tidak lepas dari peran pustakawan yang terlibat langsung dalam berbagai kegiatan di perpustakaan seperti peningkatan kualitas layanan, pelibatan masyarakat, penyediaan sumber- sumber informasi terkini, promosi, kemitraan, layanan internet gratis 24 jam, Kunang-Kunang Manajemen Internet dan Survey, dll.

References

Qolyubi, S,. dkk. (2003). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan informasi Fakultas Adab IAIN Sunan Kalijaga.

Indonesia. (2007). Undang-Undang Nomor 43 Tahun

(2007) tentang Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan

Nasional.

Coca-cola Foundation Indonesia, Program Perpuseru.

(2014). Positive Deviance: Sebuah Pendekatan untuk

mengidentifikasi strategi sukses pengembangan

perpustakaan. Jakarta: Coca-Cola Foundation

Indonesia, Program Perpuseru.

Coca-Cola Foundation Indonesia, Program Perpuseru,

(2014). Panduan fasilitasi: Strategi Pengembangan

Perpustakaan. Jakarta: Coca-Cola Foundation

Indonesia, Program Perpuseru.

Coca-Cola Foundation Indonesia, Program Perpuseru,

(2014). Panduan fasilitasi: Pelatihan komputer

dan internet dasar. Jakarta: Coca-Cola Foundation

Indonesia, Program Perpuseru.

Coca-Cola Foundation Indonesia, Program Perpuseru, (2014). Panduan fasilitasi: Pelatihan komputer dan internet dasar. Jakarta: Coca-Cola Foundation Indonesia, Program Perpuseru.

Coca-Cola Foundation Indonesia, Program Perpuseru, (2015). Panduan mentoring formal perpustakaan desa. Jakarta: Coca-Cola Foundation Indonesia, Program Perpuseru.

Coca-Cola Foundation Indonesia, Program Perpuseru, (2016). Panduan penggunaan Kunang-Kunang. Jakarta: Coca-Cola Foundation Indonesia, Program Perpuseru.

Facebook resmi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pamekasan. http://www.facebook.com/ perpustakaan.umum.pamekasan

Website resmi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pamekasan. http://www.perpustakaan. pamekasankab.go.id

Downloads

Published

2019-08-12

How to Cite

Kusairi, K. (2019). Peran Pustakawan dalam Mewujudkan Transformasi Perpustakaan yang Berkontribusi pada Pengembangan Sumber Daya Manusia. Media Pustakawan, 24(3), 9–19. https://doi.org/10.37014/medpus.v24i3.459

Issue

Section

Articles