Literasi Informasi Pemanfaatan e-Journal dan e-Book Universitas Diponegoro (Undip)

Authors

  • Sri Endah Pertiwi Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v25i2.272

Keywords:

e-book, Ebscho, e-journal, interface database, literasi informasi

Abstract

Abstrak Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana literasi informasi pemanfaatan e-journal dan e-book Universitas Diponegoro dengan tujuan mengetahui literasi informasi pemanfaatan e-journal dan e-book Undip tahun 2016. Penelitian memakai standar literasi informasi ACRL dan perilaku pencarian informasi David Ellis. Metode penelitian deskriptif dan tipe penelitian kuantitatif dengan populasi peserta “Sosialisasi dan training database Ebscho†tanggal 17 sampai dengan 21 Oktober 2016 di perpustakaan Universitas Diponegoro sebanyak 501 orang. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahun 2016 sebagian besar mahasiswa memanfaatkan e-journal dan buku cetak. Interface database e-journal yang paling banyak dimanfaatkan adalah Sciencedirect disusul Ebscho. Acara sosialisasi dan training database Ebscho bermanfaat untuk pembelajaran dan pengetahuan cara pemanfaatan secara cepat dan efisien.

References

ACRL (Association of College & Research Libraries). (2000). Information Literacy Competency Standards for Higher Education. Chicago: Association of College and Research Libraries "“ ALA (American Library Association). Diakses tanggal 24 Oktober 2016 dari ala. org/acrl/standards/informationliteracycompetency.

Bruce, Christine Susan. (1994). Blueprint Griffith University Literacy Information Juni "“ Agust 1994 pages 158-170. Published online 28 Oct 2013. Diakses tanggal 24 Oktober 2016 dari http://dx.doi.org/10.10 80/00049670.1995.10755718.

Ellis, David. (1993). Modelling the Information-Seeking pattern of Academy Research: A grounded theory approach (The library Quarterly vol.63 no. 4, Symposium an Qualitative Research: Theory, Methods and Application., Oct., (1993) p.469-486.

Hornby, A.S. (2010). Oxford Advanced Learner"™s Dictionary of Current English eighth edition. New York : Oxford University Press.

Marseno, Ronal., Wisnu Ananta Kusuma., Abdul Rahman Saleh. (2012). Identifikasi literasi informasi dalam rangka pengembangan kurikulum di Sekolah dasar. Jurnal Pustakawan Indonesia vol. 13 no. 1 hal. 9-17. Diakses tanggal 24 Oktober 2016 dari j o u r n a l . ipb.ac.id/index.php/jpi/article/viewFile/8768/6848.

Ngatno. (2015). Buku ajar metodologi bisnis: Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik. Semarang: Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Undip,

Prasetiawan, Imam Budi. (2011). Keberaksaraan (Information literacy) bagi SDM pengelola perpustakaan di era keterbukaan informasi. Makalah disampaikan pada pelatihan pengelola perpustakaan di lingkungan Kementerian Perindustrian, 26-26 Mei 2011. Diakses tanggal 24 Oktober 2016 dari eprints. rclis.org/17553/1/Keberaksaraan_Informasi_Literacy_ bagi_SDM_ pengelola_Perpustakaan_Mei_2011.pdf.

Wardhani S, Eka., Drs. Purwono, M.Si. (2007). Evaluasi pemanfaatan jurnal dalam Database " Ebscho Biomedical Reference Collection" di Unit Perpustakaan dan Informatika Kedokteran (UPIK) Fakultas Kedokteran UGM. Berkala Ilmu Pengetahuan dan Informasi Vol. III No. 6, 2007 hal. 14-30.

Wirartha, I Made.( 2006). Metodologi penelitian sosial ekonomi. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2019-08-08

How to Cite

Pertiwi, S. E. (2019). Literasi Informasi Pemanfaatan e-Journal dan e-Book Universitas Diponegoro (Undip). Media Pustakawan, 25(2), 14–21. https://doi.org/10.37014/medpus.v25i2.272

Issue

Section

Articles