Transformasi Perpustakaan dari Pusat Informasi ke Pusat Aktivitas (Makerspace)

Authors

  • Irhamni Ali Perpustakaan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v25i2.270

Keywords:

Transformasi perpustakaan, pusat informasi, pusat aktivitas, makerspace

Abstract

Abstrak Selama dua dekade ini teknologi terus berkembang dan telah menjadi sebuah kebutuhan hidup dan merubah semua aspek kehidupan manusia. Kehidupan manusia yang banyak mengalami perubahan terutama di bidang perpustakaan adalah hubungan pemustaka dengan perpustakaan dan pustakawan di dalamnya yang mengalami transformasi menjadi suatu ruang publik yang bersifat kompleks. Tulisan ini akan membahas mengenai peluang perpustakaan bertransformasi dari pusat informasi menjadi pusat aktivitas (makerspace). Ada banyak cara untuk bertransformasi antara lain dengan menambahkan layanan Tech Hub, Co-Working Space, Mini Lab, Research Pod. Namun terdapat dua masalah yaitu masalah eksternal yaitu infrastruktur TIK yang belum merata, sementara itu untuk masalah internal yaitu mindset dan culture set perpustakaan yang masih belum bisa mengadopsi konsep makerspace. Peluang perpustakaan untuk bertransformasi menjadi makerspace atau pusat aktivitas masyarakat sangat besar namun, dibutuhkan usaha yang keras agar bisa meyakinkan para stakeholders.

References

Bekmezci, M. (2012). The Elements That Determine The Success Of The Strategic Allies In. Diakses Maret 16, 2018 dari http://doi.org/10.1016/j. sbspro.2012.09.1149

Bennet, Nathan,, Lemoine, James G.(2014). What VUCA Really Means for You. Harvard Business Review, January-February.

British Department for Digital, Culture, Media & Sport. (2017). Guidance Libraries and makerspaces. Diakses April 16, 2018 dari https://www.gov.uk/government/ publications/libraries-and-makerspaces/libraries-and-makerspaces#what-are-makerspaces.

Curous, George. (2014). 8 Characteristics of the "Innovator"™s Mindset. Principles of change: The stories of learning and leading. Diakses April 5, 2018 dari https://georgecouros.ca/blog/archives/4783

Goodman, A. (2004). The Library Context for Digital Media Labs. Diakses April, 21 2018 dari https:// journals.ala.org/index.php/ltr/article/view/4311

Gupta, A.K. and Govindarajan, V., (2002). Cultivating a Global Mindset, Academy of Management Executive, Vol. 16, No. 1, pp. 116-126

HBR. (s.n). A Report By Harvard Business Review Analytic Services: Business Transformation and the CIO Role. Diakses April 5, 2018 https://enterprisersproject.com/ sites/default/files/Business%20Transformation%20 and%20the%20CIO%20Role.pdf

Junaedi, Dedi. (2018). Tantangan Kepustakawanan di Era Disrupsi. Pidato Pengukuhan Pustakawan Utama Perpustakaan Nasional. 18 April 2018

Kasali, R. (2016). Disruption: Tak ada yang tak bisa diubah sebelum dihadapi motivasi saja tidak cukup. Jakarta. Rumah Perubahan.

Narendra, Alberto. (2014). Layanan Perpustakaan Prima Di Era Generasi Digital (Digital Native): Inspirasi, Transformasi Dan Inovasi. Junal FPPTI 13(15), 81-92.

Nasution, R. A. 2012. Excellence in practice in interactive knowledge sharing system. Diakses pada April 5, 2018 dari http://www.sbm.itb.ac.id/id/menciptakan-innovation-mindset

Priyanto, Ida Fajar. 2018. Menghadapi era normal baru. Diakses 4 April 2018 dari https://kompas.id/baca/ opini/2018/02/03/menghadapi-era-normal-baru/

Svetlik, Joe. (2017). What is a tech hub? Areas fostering tech innovation explained. Diakses pada Diakses Juni 4, 2018 darihttp://home.bt.com/tech-gadgets/internet/what-is-a-tech-hub-company-london-11364204843820

The James Reckitt Library Trust. (2017). Rethinking public library services in Hull: a framework for transformation and growth. Diakses Mei 18, 2018 http://jreckittlibrarytrust.co.uk/uploads/files/ RethinkingPublicLibrary_Services_JRLT_JULY17.pdf

Toronto Public Library. (2012). Toronto Library Implements Quiet Study Pods For Crammers.Diakses Mei 28, 2018 http://humberetc.com/toronto-library-implements-quiet-study-pods-for-crammers

Downloads

Published

2019-08-08

How to Cite

Ali, I. (2019). Transformasi Perpustakaan dari Pusat Informasi ke Pusat Aktivitas (Makerspace). Media Pustakawan, 25(2), 1–7. https://doi.org/10.37014/medpus.v25i2.270

Issue

Section

Articles