All Librarians are Public Relations: Public Relations as a Personal Competencies towards Professional Librarian in 21st Century

Authors

  • Jeng Ayu Ning Tyas Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v24i3.228

Keywords:

Perpustakaan, Pustakawan, Pustakawan Profesional, Public Relations in Library

Abstract

AbstrakPustakawan adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan/atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan. Yang menjadikan profesi pustakawan berbeda adalah adanya Information Literacy Skill, di mana Pustakawan memastikan pemustaka mengetahui di mana mencari, mengevaluasi dan menggunakan informasi tersebut. Namun ada kolaborasi dari kompetensi profesi lain yang dapat membuat pustakawan menjadi lebih luas, tidak hanya fokus pada kompetensi profesional, namun juga kompetensi personal, pendekatan kompetensi profesi Public Relations menjadi penting ketika pustakawan menggunakan kompetensi ini untuk diaplikasikan di perpustakaan dalam menjalin komunikasi positif, penyebaran informasi layanan dan fasilitas di Perpustakaan. Pustakawan pula sebagai Public Relations di Perpustakaan yang akan membuat citra, strategi komunikasi dan publikasi, kerjasama, dan program literasi bagi pemustaka maupun masyarakat luas. Oleh karena itu, Public Relations menjadi salah satu personal competencies yang harus dimiliki pustakawan profesional di abad 21.

References

Akinade, O.J. (2002). "˜Nigerian medical libraries: Challenge for the 21st Century"™ . Nigerian Libraries, 34 (1).

Dillon, A. (2014). Accelerating Learning and Discovery : Refining the Role of Academic Librarians"™ https:// www.clir.org/pubs/reports/pub142/dillon.html. Diakses pada tanggal 30 April 2017 17.51

Dodsworth, E.M. (1998). "˜Marketing academic libraries: A necessary plan"™, The Journal of Academic Librarianship, 24 (4), 320-342.

Eileen, A., Rebecca, J., Latham, et. All. (2003) Competencies for Information Professionals of the 21 st Century www. sla.org Diakses pada 25 April 2017 14.11

Garvey, M. (1980). Library public relations: A Practical Handbook. New York, NY: H.W. Wilson.

Israel, O. (2012). "˜Public Relations Practices in Academic Libraries"™, International Research : Journal of Library and Information Science"™, Vol.2 (2)

KBBI online http://kbbi.web.id/profesional. Diakses pada tanggal 1 mei 2017 14.25

Perpusnas (2007). Undang-undang RI Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional

Sidoko, P.T., Yang, T.T. (2011). "˜Knowledge Exchange and Community Engagement : an Academic Library Perspetive"™ Library Management, Vol. 32 Issue: 6/7, pp.385-397, doi: 10.1108/01435121111158538 Permanent link to this document: http://dx.doi. org/10.1108/01435121111158538

Sudarsono, B. (2012). Pustakawan sebagai tenaga profesional dan Jabatan Fungsional Pustakawan, Baca, Vol 15 (3).

Zia, L.L. (2014). "˜Leveraging Digital Technologies in Services to Culture and Society : The Role of Libraries as Collaborators"™https://www.clir.org/pubs/reports/ pub142/ zia.html Diakses pada 25 April 2017 16.06

Downloads

Published

2019-08-12

How to Cite

Tyas, J. A. N. (2019). All Librarians are Public Relations: Public Relations as a Personal Competencies towards Professional Librarian in 21st Century. Media Pustakawan, 24(3), 20–27. https://doi.org/10.37014/medpus.v24i3.228

Issue

Section

Articles