Hubungan Kompetensi Pustakawan dengan Layanan Prima

Authors

  • Siti Aliyah Pustakawan Madya Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Selatan

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v22i4.225

Keywords:

Kompetensi pustakawan, layanan prima.

Abstract

AbstrakPada hakekatnya perpustakaan adalah lembaga yang mengumpul, mengolah, menyimpan dan menyebarkan informasi dalam berbagai media dan bentuk. Mendapatkan informasi dalam berbagai media dan bentuk merupakan bagian Hak Azasi Manusia (HAM) agar manusia memiliki pengetahuan (knowledge) dalam hidup dan kehidupan. Karena itu, tujuan utama perpustakaan adalah mewujudkan masyarakat yang berbasis informasi dan pengetahuan. Salah satu keberhasilan perpustakaan sangat ditentukan oleh tersedianya tenaga pustakawan yang berdedikasi tinggi, mempunyai kompetensi, dan bekerja secara profesional. Dengan demikian pustakawan dituntut untuk memberikan layanan prima dan berorientasi kepada pemustaka.

References

Achmad dkk.(2012). Layanan Cinta: Perwujudan layanan prima "Perpustakaan". Jakarta: Sagung Seto.

Kasmir. (2005). Etika Customer Service. Jakarta: Raja Grafindo persada.

Peraturan Pemerintah RI No. 24 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Suherman (2011). Pustakawan Inspiratif: Untuk para Pengelola Perpustakaan dan Taman Bacaan. Bandung: MQS Publishing

Sulistyo Basuki. (2010). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka

Undang-Undang RI No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Wibowo. (2006). Manajemen Perubahan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Published

2019-08-06

How to Cite

Aliyah, S. (2019). Hubungan Kompetensi Pustakawan dengan Layanan Prima. Media Pustakawan, 22(4), 43–50. https://doi.org/10.37014/medpus.v22i4.225

Issue

Section

Articles