Layanan Referensi Virtual: Studi Kualitatif atas Enam Website Perpustakaan Umum Provinsi di Pulau Jawa

Authors

  • ARIEF WICAKSONO Pustakawan Ahli Madya Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah LIPI

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v25i3.222

Keywords:

Layanan Referensi Virtual, Perpustakaan Umum Provinsi, Website Perpustakaan

Abstract

Layanan referensi virtual menjadi kebutuhan untuk masyarakat di era digital. Perpustakaan harus menangkap perubahan yang terjadi di masyarakat ini. Melalui layanan referensi virtual, masyarakat tetap dapat berinteraksi denganpustakawan referens melalui media komunikasi virtual. Informasi penyediaan layanan referensi virtual seharusnya dapat dengan mudah ditemukan di website perpustakaan. Penelitian ini melakukan analisis isi kualitatif atas enam website perpustakaan umum tingkat Provinsi di Pulau Jawa. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana informasi layanan referensi virtual pada enam website perpustakaan tersebut berdasarkan aspek penamaan, aksesibilitas, dan ruanglingkup. Media e-mail ditemukan digunakan di seluruh perpustakaan umum tingkat Provinsi di Pulau Jawa, media formulir online ditemukan di lima perpustakaan, dan livechat digunakan oleh satu perpustakaan saja. Informasi media virtual ini dapat ditemukan dengan mudah di halaman utama website. Penamaannya belum mencerminkan secara langsung media virtual yang ada khusus untuk layanan referensi. Peruntukkan media yang terlihat tidak khusus untuk layanan referensi virtual juga ditambahkan dengan tidak adanya ruang lingkup penggunaan media virtual tersebut.

Author Biography

ARIEF WICAKSONO, Pustakawan Ahli Madya Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah LIPI

Pustakawan Ahli Madya Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah LIPI 

References

Arms, W.Y. (2001). Digital libraries. Cambridge: MITPress.

Bopp, R.E. & Smith, L.C. (ed.). (2011). Reference and information service: an introduction (4th ed.). California: Libraries Unlimited.

Cassell, K.A. & Hiremath, U. (2013). Reference and information services: an introduction (3rd ed.). Chicago: Neal Schuman.

Connoway, L. S., & Radford, M. L. (2011). Seeking synchronicity: revelations and recommendations for virtual reference. Dublin, OH: OCLC Research. Diakses dari http://www.oclc.org/content/dam/oclc/reports/ synchronicity/full.pdf.

Fan, S.H., Fought R.L., & Gahn, P.C. (2017). Adding a feature: can a pop-up chat box enhance virtual reference? Medical Reference Service Quarterly. 36(3): 220-228.

Fan, S.H. & Welch, J. (2016). Content analysis of virtual reference data: reshaping library website design. Medical Reference Service Quarterly. 35(3): 294-304.

Hirko, B. (2006). VET: the virtual evaluation toolkit. The Reference Librarian, 46: 125-148.

Knoer, S. (2011). The reference interview today. California: Libraries Unlimited.

Powers, A.C., Shedd, J., & Hill, C. (2011). The role of virtual reference in library web site design: a qualitatif source for usage data. Journal of Web Librarianship. 5(2): 96-113.

Vaderman, K.K. & Barba, I. (2014). Reference in 160 characters or less: the role of text messaging in virtual reference services. Internet Reference Services Quarterly. 19:163-179.

Yang, S. & Dalal, H. (2014). Delivering virtual reference services on the web: an investigation into the current practice by academic libraries. The Journal of Academic Librarianship. 41: 68-86.

Wicaksono, A. (2017). Dimensi relasi dalam transaksi referensi di SMS Center Perpustakaan Nasional RI. Tesis. Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2018-09-21

How to Cite

WICAKSONO, A. (2018). Layanan Referensi Virtual: Studi Kualitatif atas Enam Website Perpustakaan Umum Provinsi di Pulau Jawa. Media Pustakawan, 25(3), 54–64. https://doi.org/10.37014/medpus.v25i3.222

Issue

Section

Articles