Membangun Citra Positif Profesi Pustakawan Melalui Pemberdayaan Masyarakat

Authors

  • Sri Indarwati

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v22i3.204

Keywords:

Citra, profesi, pustakawan, pemberdayaan masyarakat

Abstract

AbstrakPeran pustakawan sangat besar untuk menumbuhkan citra perpustakaan di masyarakat. Setiap perpustakaan dan pustakawan diharapkan mampu memberikan citra yang positif agar selalu sukses dalam berinteraksi dengan masyarakat lingkungannya. Untuk mengatasi permasalahan dan tantangan yang semakin berat dan kompleks, pustakawan harus memiliki kompetensi profesional dan kompetensi individu (pribadi) karena keberhasilan suatu perpustakaan sangat bergantung pada kemampuan pustakawan dalam mengelola dan mendayagunakan informasi yang dimilikinya. Profesi dan profesionalisme pustakawan belum menampakkan eksistensinya di masyarakat karena ada dua faktor yang menyebabkan rendahnya penghargaan masyarakat pada profesi ini yaitu faktor eksternal dan internal. Pemberdayaan masyarakat melalui perpustakaan merupakan salah satu upaya nyata yang dapat dilakukan untuk menunjukkan keberadaan dan peran penting pustakawan bagi masyarakat.

References

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional.

Purwono. (2014). Profesi Pustakawan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2019-08-06

How to Cite

Indarwati, S. (2019). Membangun Citra Positif Profesi Pustakawan Melalui Pemberdayaan Masyarakat. Media Pustakawan, 22(3), 1–8. https://doi.org/10.37014/medpus.v22i3.204

Issue

Section

Articles