Analisis Gaya Kepemimpinan menggunakan Theory Behavioral Leadership di Perpustakaan ICBC Yogyakarta

Authors

  • Nurrohmah Hidayah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Fitriana Tjiptasari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Jamzanah Wahyu Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v25i4.201

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Theory Behavioral Leadership, Perpustakaan Khusus

Abstract

Abstrak Di sebuah organisasi pasti akan ditemukan seseorang yang dianggap lebih berperan daripada yang lain, yang kemudian ditunjuk sebagai pemimpin. Pemimpin sebuah organisasi diharapkan memiliki kemampuan kepemimpinan, yang menunjukkan keahliannya dalam memimpin organisasi. Seorang pemimpin di perpustakaan membutuhkan keterampilan dalam pengelolaan perpustakaan dan kepemimpinan pada umumnya untuk menciptakan suasana kerja yang baik dan mendorong staf perpustakaan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna. Demikian pula dengan Perpustakaan ICBC. Perpustakaan ini mempunyai seorang kepala Perpustakaan. Sejak tahun 2007 sampai sekarang, telah berganti dari Laila N ke Edward Theodorus. Kajian ini berupaya untuk mengetahui kepemimpinan kepala perpustakaan di ICBC yang berhubungan dengan jalannya organisasi perpustakaan, dari layanan sampai pada pengembangan sumber daya manusia yang ada di perpustakaan. Dalam kajian ini, penulis melakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian lapangan, wawancara dan analisis dokumen. Ditemukan bahwa kepala perpustakaan memiliki gaya kepemimpinan yang demokratis, pemimpin yang melibatkan staf dalam pengambilan keputusan. Dari hasil analisis mengunakan teori behavioral leadership dapat disimpulkan bahwa perpustakaaan LCBC Analisis gaya kepemimpinan dalam Teori Behavioral Leadership ini menggunakan lima dimensi. Kelima dimensi tersebut merupakan karakteristik dari gaya kepemimpinan dalam teori perilaku, yaitu pemenuhan kebutuhan pustakawan, keterlibatan dengan karyawan, komunikasi dengan karyawan, power dalam reward dan pengambilan keputusan.

References

Baharuddin dan Umiarso. (2016). Kepemimpinan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Sulistyo-Basuki. (2014). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Kartono, K. (2016). Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu?. Jakarta: Rajawali Press.

Levine & Crom. (1993). The Leadership in Yow. New York: Pocket Books.

Nurrohim, H. (2009). Efektivitas Komunikasi dalam Organisasi. Jurnal Manajemen Maranatha, Vol. 7 No. 4, Mei 2009, p. 1-9., diakses melalui http://journal. maranatha.edu/index.php/jmm/article/view/188, pada 5 Desember 2017.

Downloads

Published

2019-08-05

How to Cite

Hidayah, N., Tjiptasari, F., & Wahyu, J. (2019). Analisis Gaya Kepemimpinan menggunakan Theory Behavioral Leadership di Perpustakaan ICBC Yogyakarta. Media Pustakawan, 25(4), 66–70. https://doi.org/10.37014/medpus.v25i4.201

Issue

Section

Articles