Ekspektasi Pemustaka Terhadap Produk dan Layanan Unit Referensi dan Terbitan Berkala Perpustakaan Universitas Gadjah Mada

Aprilia Mardiastuti, Uminurida Suciati

Abstract


Abstrak

 

Layanan perpustakaan akan selalu berhubungan dengan espektasi pemustaka terhadap produk dan pelayanan. Tolok ukur keberhasilan sebuah perpustakaan sangat bergantung kepada sejauh mana harapan pemustaka tersebut terpenuhi atau puas terhadap penyelenggaraan perpustakaan yang diberikan. Perpustakaan UGM khususnya layanan Unit Referensi dan Terbitan Berkala berupaya menyediakan produk dan jasa layanan, guna memenuhi kebutuhan informasi bagi pemustaka. Ketika telah berkomitmen atau berfokus kepada pemustaka (user oriented), maka mengetahui ekspektasi mereka terhadap pelayanan yang telah diberikan menjadi masalah penting yang sangat menarik untuk untuk dikaji lebih lanjut. Untuk itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui ekspektasi pemustaka terhadap produk dan layanan yang diberikan oleh Unit Referensi dan Terbitan Berkala. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara kepada 8 pemustaka pada Unit Referensi dan Terbitan Berkala sebagai informannya. Uji trianggulasi sumber dilakukan untuk menentukan keabsahan data, melalui wawancara yang dilakukan kepada narasumber penelitian yang dianggap paling mengetahui terkait unit yang diteliti, dokumentasi, dan observasi yang dilakukan di lokasi penelitian. Sedangkan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspektasi pemustaka lebih tinggi daripada produk dan layanan yang telah disediakan Unit Referensi dan Terbitan Berkala Perpustakaan UGM. Demikian juga terhadap jasa layanan secara keseluruhan memerlukan pengelolaan koleksi yang lebih baik, sehingga koleksi yang tersedia mudah diakses dan ditemu kembali. Dapat disimpulkan bahwa pemustaka mempunyai ekspektasi yang tinggi atas produk dan layanan yang diberikan oleh Unit Referensi dan Terbitan Berkala Perpustakaan UGM.

Keywords


Kepuasan Pemustaka; ekspektasi pemustaka; layanan referensi dan terbitan berkala

Full Text:

PDF

References


Aghamolaei, T., et.al., (2004). “Health students’ expectations of the ideal educational environment: a qualitative research” Journal of Advances in Medical Education and Professionalism, 2(4), 151-157.

Cahyono, Teguh Yudi, (2018). Peranan User Education dalam Memahami Kepuasan dan Kebutuhan Pemustaka. Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Diakses tanggal 27 Maret 2018 dari http://library.um.ac.id/images/stories/pustakawan/ pdfteguh/user%20education.pdf

Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, (2004). Perpustakaan Perguruan Tinggi: Buku Pedoman, Ed. Ke-3, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Husada, Wildana, (2016). Teknik Sampling pada Penelitian Kualitatif. Diakses tanggal 25 April 2018 dari https://www.ilmubahasa.net/2016/12/teknik-sampling-penelitian-kualitatif.html#

Kaushik, Anupama, (2013). “Emerging Library User Characteristics, Behaviors and Expectations Convergence in Collection Management and Technical Services: A Case Study of C.C.S. University, Meerut” dalam International Journal of Pharmaceutical Science Invention, www.ijpsi.org, 2(6), June 2013, pp. 55. Diakses tanggal 26 Maret 2018 dari http://www. ijpsi.org/Papers/Vol2(6)/Version-1/K0261055067.pdf

Kaushik, Anupama, (2013). “Emerging Library User Characteristics, Behaviors and Expectations Convergence in Collection Management and Technical Services: A Case Study of C.C.S. University, Meerut” dalam International Journal of Pharmaceutical Science Invention, 2(6), Juni 2013, 55-67.

Kumar, B. Ravi dan Phil, M., (2009). “User Education in Libraries” dalam International Journal of Library and Information Science, 1(1) pp. 001-005 June, 2009, Diaksestanggal 27 Maret 2018 dari http://www. academicjournals.org/article/article1380016674_ Kumar%20and%20Phil.pdf.

Lasa Hs, (1994). Pengelolaan Terbitan Berkala, Yogyakarta: Kanisius.

Lee, Seongsin, (2007). “Vroom’s expectancy theory and the public library customer motivation model” dalam Library Review, 56(9), 788-796.

Mardiastuti, Aprilia, (2011). Evaluasi Terhadap Kualitas

Pelayanan Publik Melalui Kajian Indeks Kepuasan

Masyarakat (IKM) Pada Unit Referensi Perpustakaan

Universitas Gadjah Mada, Skripsi. Yogyakarta: UIN

Sunan Kalijaga.

Moleong, Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif.

Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Perpustakaan Universitas Gadjah Mada, (2018). Database, Jurnal, dan Buku Elektronik Online melalui http://lib. ugm.ac.id/ind/?page_id=194, tanggal 25 April 2018.

Pusat Bahasa Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional, (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia.

Ram, Shri, J.P. Anbu K., and Sanjay Kataria, (2011). “Responding to user’s expectation in the library: innovative Web 2.0 applications at JUIT Library: A case study” dalam Program: electronic library and information systems, 45(4), pp. 452-469.

Ranganathan, S.R., (2006), Five Laws of Library Science, Delhi: Ess Ess Publications, melalui https://books. google.co.id/ tanggal 25 April 2018.

Subarsono, A.G., (2006). “Pelayanan Publik yang Efisien, Responsif, dan Non-Partisan” dalam Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sujarweni,V.Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah. Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Trimo, Soejono, (1997). Reference Work Dan Bibliography: Buku Panduan Dengan Sistem Modular.Jakarta: Bumi Aksara.

Ugah, Akobundu dan Arua, Uche, (2011). “Expectancy Theory, Maslow’s Hierarchy of Needs, and Cataloguing Departments” dalam Library Philosophy and Practice. Diaksestanggal 25 April 2018 dari http://unllib.unl. edu/LPP/

Wulandari, Dian, (2007). Layanan Referensi Perpustakaan Pada Era Informasi: Menjalankan Pungsi Pendidik Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Visi Pustaka, 9(1), 25.




DOI: https://doi.org/10.37014/medpus.v25i4.197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Media Pustakawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright Jurnal Media Pustakawan (e-ISSN:2685-3396), p-ISSN:0852-9248).