Pengaruh Teknologi Informasi terhadap Kualitas Layanan di UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin

Authors

  • Jamaluddin Jamaluddin Universitas Hassanudin
  • La Tommeng Universitas Hassanudin

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v25i4.195

Keywords:

Teknologi informasi, kualitas layanan, layanan perpustakaan

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel teknologi informasi terhadap kualitas layanan di UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin. Sumber data dalam penelitian ini adalah Data Primer dan Data Sekunder, teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket/daftar pertanyaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemustaka yang mengunjungi UPT Perpustakaan Unhas dan aktif memanfaatkan perpustakaan pada tahun 2018. Sesuai data statistik bagian layanan umum rata-rata jumlah pemustaka per hari sebesar 506. Jumlah sampel 83 dihitung dengan menggunakan rumus Slovin. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menjelaskan frekuensi dari masing-masing variabel serta uji statistik untuk membuktikan adanya pengaruh antara variabel teknologi informasi terhadap kualitas layanan UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan antara aplikasi teknologi informasi terhadap kualitas layanan Perpustakaan Univ. Hasanuddin. Hal ini bisa dilihat dari hasil Uji t, dimana thitung 13,263 > ttabel 1,990, signifikansi (0,000) < α (0,05), dan uji F hitung 175,912 > F tabel 3,958. Dari data tersebut Hipotesis (Ha) diterima, berarti ada pengaruh yang signifikan antara variabel aplikasi teknologi informasi terhadap kualitas layanan perpustakaan. Hasil regresi linier menggunakan tabel model summary menegaskan kontribusi teknologi informasi terhadap kualitas layanan perpustakaan sebesar 68,5% dan sisanya 31,5% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain di luar variabel yang diteliti. 

References

Ariawan, Putu Rusdi. (2010). Teknologi Informasi dalam Sistem Jaringan Perpustakaan Perguruan Tinggi: Perpustakaan Elektronik. Skripsi Sarjana, Fakultas Teknik Universitas Udayana, Bali.

Khan, Javed. (2016). Impact Of Information Communication Technology On Library And Its Services. International Journal of Research Granthaalayah. Diambil 20 September 2018 from http://granthaalayah.com/Articles/Vol4Iss9/11_ IJRG16_C09_114.pdf

Saleh, Abdul Rahman. (2005). Pendayagunaan Layanan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi. Diambil 12 Juni 2018 dari https://www.researchgate.net/

Sudarsono, Blasius. (Oktober 2012). Aplikasi Teknologi Informasi di Perpustakaan Dan Dokumentasi: Sebuah Apologi. Makalah dipresentasikan pada pengantar diskusi awal Kursus SLIMS dan ICA "“ AtoM. IMASIP, Jakarta.

Sugiyono. (2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R dan D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo-Basuki. (2010). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Supriyanto, Wahyu. (2008). Teknologi Informasi Perpustakaan; strategi perancangan Perpustakaan digital. Yogyakarta: Kanisius.

Tiara Suri Handayani. (2018). Pentingnya Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Pelayanan di Perpustakaan. diakses 7 April 2018 dari http:// binasriwijaya.ac.id/

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2016). Service, Quality, & Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Umar, Hussein. (2008). Metode Riset Ilmu Administrasi Negara, Pembangunan, dan Niaga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Oxford University Press. (2018). Oxford Learners Dictionaries. Diakses 4 April 2018 dari https://www. oxfordlearnersdictionaries.com/

Downloads

Published

2019-08-05

How to Cite

Jamaluddin, J., & Tommeng, L. (2019). Pengaruh Teknologi Informasi terhadap Kualitas Layanan di UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin. Media Pustakawan, 25(4), 8–20. https://doi.org/10.37014/medpus.v25i4.195

Issue

Section

Articles