Upaya Meningkatkan Kompetensi Pustakawan Fungsional: Studi Kasus Pada Perpustakaan Universitas X

Authors

  • Kamilah Kinanti Perpustakaan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v26i2.185

Keywords:

Kompetensi pustakawan, pustakawan akademis, pustakawan fungsional, perpustakaan universitas

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kompetensi pustakawan fungsional di Perpustakaan Universitas X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada sejumlah upaya yang telah dilakukan oleh pustakawan fungsional dan pihak manajemen perpustakaan dalam meningkatkan kompetensi pustakawan. Meski demikian, ditemukan bahwa tidak ada kesadaran maupun hal yang diupayakan baik dari pihak pustakawan maupun manajemen perpustakaan terkait etika sebagai salah satu bagian dari kompetensi. Abstract This research aims to describe the efforts of increasing functional librarian competencies in University X Library. This research uses qualitative approach with case study method. The result shows there were sort of activities did by the functional librarian and the library managers to increased the librarian competencies. However, the research found both the functional librarian and the managers didn’t noticed that the attitude term is a part of competencies.

References

Association of College and Research Libraries. (2011). Standards for Libraries in Higher Education. Chicago: American Library Association.

Bartol, Kathryn, et al. (2001). Management: a Pacific Rim Focus Enhanched Edition. Australia: McGraw Hill. Creswell, John W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. USA: Sage Publications.

Daymon, Christine, & Holloway, Immy. (2007). Metode- Metode Riset Kualitatif dalam Public Relations dan Marketing Communications. Jakarta: Bentang Pustaka.

Griffiths, Jose-Marie, & King, Donald W. (1985). New Directions in Library and Information Science Education. Final Report. Rockville: King Research.

Hermawan, Rachman, & Zen, Zulfikar. (2006). Etika Kepustakawanan: Suatu Pendekatan terhadap Kode Etik Pustakawan Indonesia. Jakara: Sagung Seto.

Indonesia, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 9 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya.

Indonesia, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 04 Tahun 2013 tentang Pemberian Tugas Belajar dan Izin Belajar.

Indonesia, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 07 Tahun 2009 tentang Pemberian Izin Belajar dan Tugas Belajar Bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

Indonesia, Kementerian Pendidikan Nasional. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 25 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/ Madrasah.

Indonesia, Presiden Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah RI Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan Dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil.

Indonesia. Undang-Undang No. 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Lasa, Hs. (2007). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Majid, Suharto Abdul. (2009). Customer Service dalam Bisnis Jasa Transportasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2011). Standar Nasional Indonesia 7330:2009 Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Rugg, Gordon, & Petre, Marian. (2007). A Gentle Guide to Research Method. New York: Open University Press.

Schreurs, B., Guenter, H., Hülsheger, U., & van Emmerik, H. (2014). The Role of Punishment And Reward Sensitivity in the Emotional Labor Process: A Within- Person Perspective. Journal of Occupational Health Psychology, 19(1), 108- 121. doi:http://dx.doi. org/10.1037/a0035067

Sjahrial-Pamuntjak, Rusina. (2000). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan. Jakarta: Djambatan.

Stueart, Robert D., & Moran, Barbara B. (2007). Library and Information Center Management 7th ed. Westport: Library Unlimited.

Sudarsono, Blasius. (2011). Pustakawan Dan Perpustakaan Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Global. Media Pustakawan, 18 (3 & 4). http:// pustakawan.Perpustakaan Nasional RI.go.id/content/ media-pustakawan-vol-18-no3-4-tahun- 2011. 23 April 2016, 08.26 WIB.

Sulistyo-Basuki. (2006). Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra. Supriyanto. (2012). Karakteristik Pustakawan Profesional Di Tengah Isu Sertifikasi. Majalah Media Pustakawan, 19(02).

The Special Libraries Association. (2003). Competencies for Information Professionals of the 21st Century Revised Edition. Sumber: https://www.sla.org/about-sla/competencies/#sthash.YVnMkqCB.dpuf. 20 Februari 2016, 18.21 WIB

Zen, Zulfikar. (2007). Prosiding: Peran Pustakawan. Makalah disampaikan pada Pendidikan dan Pelatihan Pustakawan, Pusdiklat Depag RI, Jakarta, 6 Juli 2007.

Downloads

Published

2019-08-03

How to Cite

Kinanti, K. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Pustakawan Fungsional: Studi Kasus Pada Perpustakaan Universitas X. Media Pustakawan, 26(2), 140–150. https://doi.org/10.37014/medpus.v26i2.185

Issue

Section

Articles