Peran Iklan melalui Radio terhadap Kunjungan dan Kegemaran Membaca di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota

Authors

  • Rahmah Fajria Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v24i1.169

Keywords:

promosi perpustakaan, perpustakaan umum, media radio

Abstract

Iklan yang efektif harus didukung oleh pesan yang disampaikan, agar maksud dan tujuannya sebagai penyampaian informasi kepada khalayak dapat tercapai. Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota melakukan promosi untuk meningkatkan kunjungan pemustaka ke perpustakaan serta meningkatkan kegemaran membaca di Kabupaten Lima Puluh Kota. Metode penulisan yang dilakukan berdasarkan observasi lapangan dan pengumpulan data sesuai dengan tugas yang penulis laksanakan. Hasilnya dapat disimpulkan, media yang dipilih dalam mempromosikan perpustakaan sangat berpengaruh terhadap hasil yang dicapai, promosi yang dilaksanakan harus sesuai dengan sasaran, dan yang terpenting harus memiliki dukungan dana. Sehingga tujuan dapat tercapai, gemar membaca semakin meningkat, begitu juga dengan kunjungan ke perpustakaan semakin meningkat.Iklan yang efektif harus didukung oleh pesan yang disampaikan, agar maksud dan tujuannya sebagai penyampaian informasi kepada khalayak dapat tercapai. Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota melakukan promosi untuk meningkatkan kunjungan pemustaka ke perpustakaan serta meningkatkan kegemaran membaca di Kabupaten Lima Puluh Kota. Metode penulisan yang dilakukan berdasarkan observasi lapangan dan pengumpulan data sesuai dengan tugas yang penulis laksanakan. Hasilnya dapat disimpulkan, media yang dipilih dalam mempromosikan perpustakaan sangat berpengaruh terhadap hasil yang dicapai, promosi yang dilaksanakan harus sesuai dengan sasaran, dan yang terpenting harus memiliki dukungan dana. Sehingga tujuan dapat tercapai, gemar membaca semakin meningkat, begitu juga dengan kunjungan ke perpustakaan semakin meningkat.

References

Badan Pusat Statistik. (2015). Kabupaten Lima Puluh Kota dalam Angka.

Kasali, Rhenald. (1993). Manajemen Periklanan, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT Pustaka Utama Graffiti.

Standar Nasional Perpustakaan Kabupaten/Kota. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Sulistyo-Basuki. (1993). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yusuf, Pawit M. (2007). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2017-03-29

How to Cite

Fajria, R. (2017). Peran Iklan melalui Radio terhadap Kunjungan dan Kegemaran Membaca di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota. Media Pustakawan, 24(1), 60–65. https://doi.org/10.37014/medpus.v24i1.169

Issue

Section

Articles