Peningkatan Status dan Eksistensi Profesi Pustakawan Indonesia melalui Publikasi Bidang Kepustakawanan

Authors

  • Wahid Nashihuddin Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v24i1.166

Keywords:

Pustakawan, Profesi, Eksistensi, Publikasi, Literasi informasi

Abstract

Menulis merupakan kegiatan intelektual pustakawan yang banyak memberikan manfaat bagi pustakawan. Pustakawan adalah tenaga profesional perpustakaan yang dituntut untuk senantiasa mengembangkan protensi diri dan profesinya secara berkelanjutan. Melalui publikasi/karya tulis, nama pustakawan akan selalu dikenal dan dikenang oleh masyarakat. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) konsep teori yang terkait dengan status dan eksistensi profesi pustakawan Indonesia melalui publikasi bidang kepustakawanan; 2) kondisi publikasi/karya tulis pustakawan Indonesia; (3) upaya memotivasi pustakawan untuk menulis dan menghasilkan karya tulis; dan (4) literasi informasi pustakawan dan masyarakat Indonesia. Tulisan ini bersifat diskriptif, yang bersumber dari studi literatur dan hasil pemikiran, pengalaman, pengamatan penulis sebagai pustakawan. Tulisan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi pustakawan untuk rajin dan gemar menulis, serta memberikan pengetahuan kepada pustakawan bahwa karya tulis dapat meningkatkan status dan eksistensi profesi pustakawan Indonesia.

References

Al-Ghifari, Abu. (2003). Kiat Menjadi Penulis Sukses: Panduan untuk Generasi Muda Islam. Bandung: Mujahid Press.

Dagun, Save M. (2000). Kamus Besar Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Lembaga Pengkajian Kebudayaan Nusantara (LPKN).

Dwiyanto, Arif Rifai. (2007). Peran Perpustakaan Nasional RI dalam Pengembangan Literasi Informasi Sebagai Amanat Konstitusi. Visi Pustaka, Vol. 9 No.3 - Desember 2007.

Hermawan, Rachman dan Zen, Zulfikar. (2006). Etika Kepustakawanan: Suatu Pendekatan terhadap Kode Etik Pustakawan Indonesia. Jakarta: Sagung Seto.

Kamus Besar Bahasa Indonesia/KBBI. (2008). Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. diakses, 28 Juli 2016 dari http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/ kbbi/index.php.

Kemenpan-RB. (2014). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pustakawan Dan Angka Kreditnya. Jakarta.

Khun, Deanna. (2010). What is Scientific Thinking and How Does it Develop?. New York: Columbia University.

LIPI. (2012). Pedoman Karya Tulis Ilmiah: Peraturan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor 04/E/2012. Jakarta.

Naibaho, Kalarensi. (2007). Menciptakan Generasi Literat Melalui Perpustakaan. Makalah Lomba Penulisan Artikel Tentang Perpustakaan Nasional RI Tahun 2007. Jakarta.

Nashihuddin, Wahid. (2015). Analisis Terbitan Berkala Bidang Ilmu Perpustakaan yang Terbit Di Indonesia. Majalah WIPA: Wahana Informasi Perpustakaan UAJY, Vol.19, Ed.1, Juli. Yogyakarta: Perpustakaan Atma Jaya.

Pendit, Putu Laxman. (2008). Perpustakaan Digital dari A sampai Z. Jakarta: Cita Karyakarsa Mandiri.

Pendit, Putu Laxman. (2012). Penggunaan Teori dalam Penelitian Ilmu Perpustakaan dan Informasi = The Use of Theory In Library And Information Science Research. Conference paper in International Lecture: Managing Research for Knowledge Center Manager, Dan S. Lev Library/ PSHK, Jakarta, 11 September, Unpublished.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (2007). Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta.

Rifai, Mien A. (1995). Pegangan Gaya Penulisan, Penyuntingan, dan Penerbitan Karya Ilmiah Indonesia. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Salam, Buhanuddin. (1997). Logika Materiil Filsafat Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Rineka Cipta.

Septiyantono, Tri. (2014). Literasi Informasi. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sumarto. (2006). Kosep Dasar Berpikir: Pengantar ke Arah Berpikir Ilmiah. Makalah Seminar Akademik HUT Ke-40 Fakultas Ekonomi UPN "Veteran" JawaTimur.

Susilowati, Erni. (2007). Motivasi Pustakawan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam Penulisan Artikel yang Dipublikasikan Media Cetak. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi - Volume III. Nomor 6.

Zaenal, Abidin. (2007). Analisis Eksistensial. Jakarta:

PT.Raja Grafindo Persada.

Zaini, Subarto. (2010). Global Literacies. Dalam Leadership in Action: Pembelajaran dari Para Maestro. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2017-03-29

How to Cite

Nashihuddin, W. (2017). Peningkatan Status dan Eksistensi Profesi Pustakawan Indonesia melalui Publikasi Bidang Kepustakawanan. Media Pustakawan, 24(1), 34–45. https://doi.org/10.37014/medpus.v24i1.166

Issue

Section

Articles