Layanan Referensi melalui SMS: studi literatur

Authors

  • Arief Wicaksono Perpustakaan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v24i1.154

Keywords:

layanan perpustakaan, referensi virtual, layanan referensi SMS

Abstract

Layanan referensi virtual menjadi tren dalam dunia perpustakaan. Ada berbagai media yang dapat digunakan perpustakaan dalam menyelenggarakan layanan referensi virtual. SMS merupakan salah satu media yang dapat digunakan. Pemilihan media yang digunakan dalam layanan referensi virtual harus berdasarkan alasan yang kuat  dan tidak hanya sekedar mengikuti tren yang ada supaya terlihat tidak ketinggalan zaman. SMS banyak digunakan perpustakaan untuk layanan referensi di luar negeri termasuk di negara maju seperti Amerika Serikat. Penggunaan SMS ini didasarkan profil masyarakat yang sering menggunakan SMS dan untuk meluaskan pasar layanan referensi. Tulisan ini bertujuan mengetahui dan memahami bagaimana pelaksanaan layanan referensi melalui SMS. Untuk itu dilakukan penelitian kualitatif berupa studi literatur dari tulisan yang ada terkait layanan referensi melalui SMS. Hasilnya SMS disejajarkan dengan media komunikasi virtual lainnya yang digunakan dalam layanan referensi. Berdasarkan literatur yang ada, perpustakaan yang sudah menyelenggarakan layanan referensi melalui SMS mendapati penggunaannya yang terus meningkat walau memang jumlah tidak sebesar media e-mail dan chat. Walau dirasakan sulit untuk melakukan wawancara referensi, namun dalam pelaksanaannya tetap ada pertanyaan referensi yang masuk melalui layanan referensi melalui SMS. Penggunaan teknologi dalam layanan referensi melalui SMS dinilai murah dan mudah dilakukan, mulai dari hanya cukup menggunakan telepon genggam hingga menggunakan software pada komputer. Seperti halnya layanan referensi lainnya, aspek komunikasi memegang peran sendiri untuk menciptakan suasana yang nyaman tanpa merasa direndahkan. Penggunaan SMS menuntut pustakawan untuk mampu menerjemahkan bahasa nonverbal dalam bahasa teks. Berdasarkan studi literatur ini, penulis menilai media SMS mempunyai potensi yang besar untuk meraih pasar yang lebih luas dalam layanan referensi. Kondisi kepemilikan non-smartphone yang lebih besar dibandingkan smartphone, perilaku SMS dari pengguna smartphone, jaringan internet belum merata di seluruh wilayah Indonesia, dan penggunaan internet yang masih kecil merupakan alasan yang sangat kuat untuk penggunaan media SMS dalam layanan referensi.

References

Bielskas, A. & Dreyer, K.M. (2012). IM and SMS reference services for libraries. Chicago: ALA TechSource.

Bopp, R.E. & Smith, L.C. (ed.). (2011). Information and information service: an introduction (4th ed.). California: Libraries Unlimited.

Cassell, K.A. dan Hiremath, U. (2012). Reference and information services: an introduction (3rd ed.). London: Facet Publishing.

Deloitte. (2014). Short messaging services versus instant messaging: value versus volume.

Diakses 18 Agustus 2016. http://www2.deloitte. com/content/dam/Deloitte/au/Documents/ technology-media-telecommunications/deloitte- au-tmt-short-messaging-services-versus-instant- messaging-011014.pdf.

Giles, N. & Grey-Smith, S. (2005). Txting Librarians @ Curtin. Diakses 18 Agustus 2018. http://citeseerx.ist. psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.138.8340&re p=rep1&type=pdf

Hill, J.B., Hill, C.M., dan Sherman, D. (2007). Text messaging in an academic library: integrating SMS into digital reference. The Reference Librarian. 47(1): 17-29.

Inmobi. (2014). Mobile messaging apps study: Indonesia.

Diakses 28 Juni 2016.

Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2015). Rencana Strategis

Kementerian Komunikasi dan Informasi Tahun 2015-2019. 4 Juni 2016. http://web. kominfo.go.id/sites/default/files/users/12/PM%20 Kominfo%20No.22%20Th%202015%20Renstra%20 Kominfo%202015--2019_Final.pdf

Kern, C. (2009). Virtual reference best practice: tailoring services to your library. Chicago: American Library Association.

Kingsbury, M. (2015). How to smile when they can"™t see your face: rhetorical listening strategies for IM and SMS reference. International Journal of Digital Library Systems. 5(1): 31-44.

Kohl, L. & Keating, M. (2009). A Phone of One"™s Own: Texting at the Bryant University Reference Desk. Library Staff Journal Articles. Paper 1. Diakses 18 Agustus 2016. http://digitalcommons.bryant.edu/ libr_jou/1.

Profit, S.K. (2008). Text messaging at reference: a

preliminary survey. The Reference Librarian. 49(2): 129-134.

Pearce, A. (2010). Text message reference at NYU Libraries. The Reference Librarian, 51(4): 256"“263.

Puslitbang Penyelenggaraan Pos dan Informatika. (2015). Buku saku hasil survei indikator TIK 2015 rumah tangga dan individu. Diakses 28 Juni 2016. https://balitbangsdm.kominfo.go.id/ downloads/9/20160218112348-Release%20

infografis%20TIK%202015%20Puslitbang%20PPT.pdf Qomariah, A.N. & Kusuma, R.C.D. (2015). Analisa

Transaksi E-mail dalam Layanan Referensi Virtual.

Record and Library Journal. 1(2): 105-119. Diakses 18

Agustus 2016. e-journal.unair.ac.id/index.php/RLJ/ article/download/1174/959.

Restanti, A.S. (2015). Layanan Referensi Virtual: Sebuah Strategi Jasa Layanan Referensi di Perpustakaan. Visi Pustaka. 17(1): 3-10.

Reference and User Services Association. (2010).

Guidelines for implementing and maintaining virtual reference services. Diakses 20 Agustus 2016. http:// www.ala.org/rusa/sites/ala.org.rusa/files/content/ resources/guidelines/virtual-reference-se.pdf

Reference and User Services Association. (2013).

Guideline for Behavioral Performance of Reference and Information Service Providers. Diakses 18 Agustus 2016. http://www.ala.org/rusa/resources/ guidelines/guidelinesbehavioral.

Stahr, B. (2009). SMS library reference service options.

Library Hi Tech News. 26(3/4): 13-15.

Stahr, B. (2011). Text message reference service: five years later. The Reference Librarian. 52: 9-19.

Sulistyo-Basuki. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Penaku.

Vaderman, K.K. & Barba, I. (2014). Reference in 160 characters or less: the role of text messaging in virtual reference services. Internet Reference Services Quarterly. 19:163-179.

Vecchione, A. & Ruppel, M. (2012). Reference is neither here nor there: a snapshot of SMS reference services. The Reference Librarian. 53: 355-372.

Downloads

Published

2017-03-29

How to Cite

Wicaksono, A. (2017). Layanan Referensi melalui SMS: studi literatur. Media Pustakawan, 24(1), 1–8. https://doi.org/10.37014/medpus.v24i1.154

Issue

Section

Articles