Pengembangan Instrument Pengukuran Respon Mahasiswa Terhadap Layanan Perpustakaan Berdasarkan ARCS Selama Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.37014/medpus.v28i2.1413Abstract
Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan minat mahasiswa untuk mendapatkan layanan dari perpustakaan. Tujuan penelitian adalah mengembangkan dan mendeskripsikan kelayakan instrument pengukuran respon mahasiswa berdasarkan ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhadap layanan perpustakaan selama masa pandemi covid-19. Penelitian pengembangan dilaksanakan di UPT Perpustakaan Universitas Lambung Mangkurat Tahun Akademik 2019/2020. Tahapan penelitian model 4D dikembangkan oleh Thiagarajan. Four-D model ini terdiri dari pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap ujicoba (disseminate). Kelayakan instrument yang digunakan dilihat dari data validitas. Validitas instrumen diukur dengan menggunakan lembar validasi kemudian ditentukan berdasarkan validasi oleh pakar yang dinyatakan dengan Valid atau tidak valid. Jika valid, akan dikategorikan kembali menjadi sangat baik, baik, cukup, kurang, dan sangat kurang baik. Proses validasi dilaksanakan oleh tiga orang validator. Kesimpulan dari artikel ini adalah instrument pengukuran respon mahasiswa berdasarkan ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhadap layanan perpustakaan selama masa pandemi covid-19 layak digunakan dalam penelitian. Dengan demikian instrumen ini dapat di implementasikan untuk diuji coba lebih lanjut pada tahap diseminasi.References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ikhsan, R. (2020). Analisis kinerja sahabat perpustakaan dalam semua bagian di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Jurnal Pustaka Budaya, 7(1), 18"“25.
Mawaddah, M. (2015). Pengembangan LKS dengan strategi motivasi arcs di sma (materi sistem koordinasi). BioEdu, 4(2).
Nieveen, N. (2013). Educational Design Research. Enschede: Netherlands Institute for curriculum development.
Rinaldi, R., Mubarok, A., Handika, R., & Pamandu, R. (2020). Penggunaan metode pembelajaran active learning dalam meningkatkan hasil belajar motivasi model arcs. Sosioedukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 61"“71.
Saputra, S. Y. (2017). Perkuliahan bermodel attention, relevance, confidence, and satisfaction (arcs) menumbuhkan motivasi belajar calon guru SD. Elementary School Education Journal), 1(1), 1"“7.
Susanti, L., & Imbiri, C. (2020). Implementasi motivasi model arcs (attention, relevance, confidence, and satisfaction) dalam pembelajaran pendidikan agama kristen. Dunamis: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 4(2), 254"“263. https://doi.org/10.30648/dun.v4i2.284
Widoyoko, E. P. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran. Cirebon: Pustaka Pelajar.