Kualitas Layanan Perpustakaan Tantangan Peningkatan Kompetensi Pustakawan

Authors

  • Tisyo Haryono Masyarakat Standar Indonesia
  • Widiyati Kania Perpustakaan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v24i2.11

Keywords:

layanan perpustakaan, kriteria layanan berkualitas, kompetensi pustakawan

Abstract

Perpustakaan diselenggarakan dengan tujuan utamanya menyajikan layanan yang berkualitas kepada pemustaka. Kebutuhan informasi menjadi basis acuan dalam layanan perpustakaan sehingga kepuasan pemustaka sebagai pelanggan harus menjadi perhatian khusus. Layanan berkualitas memiliki kriteria khusus diantaranya kenyamanan, keleluasaan berjejaring, dan konvergensi layanan sehingga ketika berada dalam suatu wilayah, pemustaka bisa mendapat fasilitas "one-stop shopping" di bidang layanan informasi. Kondisi ini dapat dinilai dengan cara menunjukkan kinerja layanan yang terbaik yang dapat diukur melalui perolehan penghargaan dari internal dan eksternal (compliment), mendapat pengakuan formal sebagai lembaga publik yang kompeten (recognition), dan selalu melakukan upaya perbaikan berkelanjutan (contribution for improvement). Layanan berkualitas hanya dapat disajikan oleh pustakawan yang kompeten, yaitu pustakawan yang memiliki kompetensi profesional maupun kompetensi personal. Dalam keadaan kualitas pustakawan saat ini, yang masih jauh dari harapan, maka peningkatan kompetensi pustakawan menjadi tantangan utama pengembangan perpustakaan saat ini dan masa depan.  

References

Badan Standardisasi Nasional. (2015). SNI ISO 9001- Sistem manajemen mutu "“ Persyaratan. Jakarta: BSN.

Case, Donald O. (2012). Looking for Information: A Survey of Research on Information Seeking, Needs, and Behaviour, 3rd ed. Bingley, Eng.: Emerald Group. San Diego: academic Press dalam Rubin, Richard E. 2016. Foundations of library and Information Science. Fourth edition. Chicago: Neal-Schuman.

ISO 9001: (2015). Quality management systems "“ Requirements.

Krikelas, James. (1983). Information Seeking Behaviour: Paterns and Concepts. Drexel Library Quarterly 19 (Spring): 5-20, dalam Rubin, Richard E. (2016). Foundations of library and Information Science. Fourth edition. Chicago: Neal-Schuman.

Morville, Peter. (2005) Ambient Firdability: What We Find Changes Who We Become. dalam Rubin, Richard E. 2016. Foundations of Llibrary and Information Science. Fourth edition. Chicago: Neal-Schuman.

Perpustakaan Nasional. (2014). Petunjuk Pelaksanaan Akreditasi perpustakaan. Jakarta, Perpusnas.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang- undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2013). Petunjuk Pelaksanaan Akreditasi Perpustakaan. Jakarta : Perpusnas.

Tridiana, N. 2016. Masa Depan Perpustakaan vs Perpustakaan Masa Depan.Written by Mikhael Tardas, http://sudinpusarjakpus.jakarta.go.id/?p=2636 viewed: Tuesday, 24 May 2016 09:44

The Spring Singapore. 2012. Excellent Service Award (EXSA).

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Downloads

Published

2017-06-26

How to Cite

Haryono, T., & Kania, W. (2017). Kualitas Layanan Perpustakaan Tantangan Peningkatan Kompetensi Pustakawan. Media Pustakawan, 24(2), 31–36. https://doi.org/10.37014/medpus.v24i2.11

Issue

Section

Articles