Deskripsi Program Studi dan Kompetensi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia

Authors

  • Wahid Nashihuddin Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
  • Kadek Aryana Dwi Putra Sekolah Pascasarjana Prodi Kajian Budaya dan Media Minat Manajemen Informasi dan Perpustakaan – UGM
  • Fauzan Hidayatullah Sekolah Pascasarjana Prodi Kajian Budaya dan Media Minat Manajemen Informasi dan Perpustakaan – UGM

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v27i2.1011

Keywords:

Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Kompetensi Mahasiswa, Kurikulum Pembelajaran, Profesi, Perguruan Tinggi, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) daftar perguruan tinggi penyelenggara Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi (IP&I); (2) deskripsi kompetensi mahasiswa IP&I di Indonesia; (3) hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan kompetensi mahasiswa IP&I di Indonesia berdasarkan informasi di website lembaga. Data penelitian diolah menggunakan pendekatan kualitatif, dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur dan penelusuran informasi pada Pangkalan Data Kemenristekdikti dan website Prodi IP&I di Indonesia melalui database Google. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada sejumlah 48 perguruan tinggi penyelenggara Prodi IP&I di Indonesia – dari  sejumlah perguruan tinggi tersebut, diketahui ada keragaman nama prodi (11 prodi) dan nama fakultas (23 fakultas) yang menaungi pendidikan IP&I; (2) ada perbedaan deskripsi kompetensi mahasiswa dan lulusannya berdasarkan informasi pada website Prodi IP&I di Indonesia, baik berdasarkan klaster kompetensi (kompetensi utama, kompetensi pendukung, kompetensi lain), kompetensi umum, maupun kompetensi profesi lulusannya; (3) dalam penyusunan kompetensi mahasiswa, perguruan tinggi perlu memperhatikan tiga hal penting, yaitu aspek pembelajaran (berbasis kompetensi, mandiri, kolaboratif); evaluasi berkala terhadap kredit semester dan kurikulum pembelajaran IP&I; dan menyesuaikan kebutuhan pasar atau dunia kerja. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa IP&I merupakan ilmu yang selalu mengikuti perkembangan iptek dan kebutuhan informasi masyarakat.

References

Abrian, B.Y. (2017). Kompetensi Literasi Informasi di Kalangan Mahasiswa Strata Satu Universitas Airlangga. Skripsi. Surabaya: Universitas Airlangga.

Anna, N.E.V. (2012). Peran Lembaga Pendidikan Ilmu Perpustakaan dan Informasi dalam Mempersiapkan Kompetensi Lulusan. Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga, 2 (1), pp. 8-12.

Damayani, N. A. (2005). Pengembangan Program Pendidikan S1 dan S2 Ilmu Informasi & Perpustakaan di Indonesia: Masalah dan Tantangan. Lokakarya Pengembangan Program Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Di Indonesia, Jakarta 11-13 Juli, 1"“10.

Damayani, N. A. (2011). Kompetensi dan Sertifikasi Pustakawan: Ditinjau dari Kesiapan Dunia Pendidikan Ilmu Perpustakaan. Media Pustakawan, 18(3"“4), 19"“22.

Dewiyana, H. (2006). Kompetensi dan Kurikulum Perpustakaan: Paradigma Baru dan Dunia Kerja di Era Globalisasi Informasi. PUSTAHA: Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, 2(1), 22"“31.

Doni, S. (2019). Optimalisasi Kompetensi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Melalui Learning Community. MAKTABATUNA: Jurnal Kajian Kepustakawanan, 1(1), 1"“9.

Elnumeri, F. (2019). Peluang dan Tantangan Profesional Informasi dalam Pengembangan Tata Kelola Informasi di Indonesia. Makalah Visiting Professor and Professional Undergraduate Program of Library Science Faculty of Administrative Science University Brawijaya, "The Development and Strategic Opportunities for Information Professional and Information Governance in Public and Business Sector Organizations", 15 Oktober 2019.

Firdausi, F.A. (2019). Apa Menariknya Kuliah di Prodi Ilmu Perpustakaan?, Editor: Nuran Wibisono. di https://tirto.id/, 23 Juni 2019. https://tirto.id/apa-menariknya-kuliah-di-prodi-ilmu-perpustakaan-ecUz (akses 23 Juni 2020).

Geraei, E., & Heidari, G. (2015). Measurement of Generic Core Competencies Among Students of Library and Information Science in Iran. The Electronic Library, 33(6), 1016"“1030. https://doi.org/10.1108/EL-08-2013-0153.

Hak, A. A. (2013). Penerapan Kompetensi TI pada Perpustakaan Praktek Kerja Lapangan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan. Al-Maktabah, 12(1), 1"“7.

Hazeri, A., Sarrafzadeh, M., & Martin, B. (2007). Reflections of Information Professionals on Knowledge Management Competencies in the LIS Curriculum. Journal of Education for Library and Information Science, 48(3), 168"“186.

Ikolo, V. E., & Ogbomo, E. F. (2019). A Survey of Career Intentions and Entrepreneurial Competencies Needs of Library and Information Science (LIS) Students in Delta and Edo States, Nigeria. African Journal of Library Archives and Information Science, 29(2), 157"“166.

Kemenristekdikti, D. (2014). Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan - Kemenristekdikti.

Kemenristekdikti, D. (2016). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan - Kemenristekdikti.

Kepmenaker. (2019). Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 236 Tahun 2019 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Kesenian, Hiburan dan Rekreasi Golongan Pokok Perpustakaan, Arsip, Museum, dan Kegiatan Kebudayaan Lainnya Bidang Perpustakaan. Jakarta.

Lankes, R. D. (2011). The Atlas of New Librarianship. In The Atlas of New Librarianship. https://doi.org/10.7551/mitpress/8755.001.0001.

Laskowski, C. (2018). Reaching the Baseline: A Professional"™s Perspective on Technological Competencies for Library Students. The Journal of Academic Librarianship, 44(1), 541"“543. Retrieved from doi:10.1016/j.acalib.2018.05.007.

Lo, P., Cho, A., Leung, M., Chiu, D. K. W., & Ko, E. H. T. (2016). Use of Smartphones by Art and Design Students for Accessing Library Services and Learning. Library Hi Tech, 34(2), 224"“238. https://doi.org/10.1108/LHT-02-2016-0015.

Makori, E. O., Odini, C., & Ojiambo, J. B. (2013). Use of Information Communication Technologies in Education and Training of Undergraduate Library and Information Science Students in Two Selected Kenyan Universities. Library Review, 62(8"“9), 585"“601. https://doi.org/10.1108/LR-08-2012-0083.

Mannan, E. F. (2011). Analisis Peluang dan Tantangan Pendidikan Ilmu Perpustakaan dan Informasi (Sebuah studi pada Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Airlangga). Jurnal Palimpsest, 3(1), 1"“17.

Moleong, L.J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Muntashir. (2016). Standar Kompetensi Literasi Informasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Pada Perguruan Tinggi Agama Islam. JIPI: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 1(1), 102"“124.

Nashihuddin, W. (2014). Perkembangan Pendidikan Ilmu Perpustakaan Indonesia: Dari Masa ke Masa. Jurnal Pustakawan Indonesia, 13(1), 41"“52.

Pendit, P. L. (2012). Penggunaan Teori dalam Penelitian Ilmu Perpustakaan dan Informasi. ISIPII (Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia) dan Perpustakaan Hukum DanS. Lev, PSHK, Jakarta.

Pinto, M., & Pascual, R. F. (2016). Exploring LIS Students "™ Beliefs in Importance and Self-Efficacy of Core Information Literacy Competencies. College & Research Libraries, 77(6), 703"“726. https://doi.org/10.5860/crl.77.6.703.

Priyanto, I. F. (2013). Apa dan Mengapa Ilmu Informasi? Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, 1(1), 55"“59. https://doi.org/10.24198/jkip.v1i1.9611.

Priyanto, I.F. (2015). Perkembangan Baru dalam Dunia Perpustakaan. Makalah Presentasi Seminar Universitas Brawijaya, Malang, 29 September 2015. http://digilib.undip.ac.id/v2/2016/04/21/perkembangan-baru-dalam-dunia-perpustakaan/ (akses 28 Juni 2020).

Priyanto, I.F. (2018). Perpustakaan dan Sains Informasi. Makalah Diskusi ISIPII dan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. http://digilib.uin-suka.ac.id/29640/1/Ida%20F%20Priyanto%20-%20perpustakaan%20dan%20informasi.pdf (akses 28 Juni 2020).

Prodjo, W.A. (2019). Mengenal Jurusan Ilmu Perpustakaan, Penjelasan hingga Prospek Kerjanya, Editor: Yohanes Enggar Harususilo. Kompas.com. https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/04/19173391/mengenal-jurusan-ilmu-perpustakaan-penjelasan-hingga-prospek-kerjanya?page=all (akses 23 Juni 2020).

Rustandi, L.R. (2018). Kontribusi Sulistyo-Basuki dalam Perkembangan Pendidikan Ilmu Perpustakaan di Indonesia. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga.

Saiful-Haq, R., Rasyid, S. A., & Rifa"™i, A. (2007). Perpustakaan dan Pendidikan: Pemetaan Peran serta Perpustakaan dalam Proses Belajar Mengajar (S. A. Hakim, Ed.). https://basipda.bekasikab.go.id/berita-perpustakaan-dan-pengkatalogan.html (akses 24 Juni 2020).

Snyder, H. (2019). Literature Review as a Research Methodology: An Overview and Guidelines. Journal of Business Research, 104, 333-339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039.

Sulistyo-Basuki. (1993). Library Education and Training in Indonesia. Asian Libraries, December, 41-48.

Sulistyo-Basuki. (2006). Kemampuan Lulusan Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Era Globalisasi Informasi. PUSTAHA: Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, 2(2), 52"“64.

Sulistyo-Basuki. (2013). Ilmu Perpustakaan dan Informasi: Perkembangan dan Tantangannya di Indonesia. https://sulistyobasuki.wordpress.com/2013/03/25/ilmu-perpustakaan-dan-informasi-perkembangan-dan-tantangannya-di-indonesia/ (akses 27 Juni 2020).

Tranfield, D., Denyer, D., & Smart, P. (2003). Towards a Methodology for Developing Evidence-Informed Management Knowledge by Means of Systematic Review. British Journal of Management, 14, 207-222, 10.1111/1467-8551.00375.

UPI. (2018). Workshop Review Kurikulum Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi. Januari 29. http://pspi.upi.edu/workshop-review-kurikulum-program-studi-perpustakaan-dan-ilmu-informasi/ (akses 23 Juni 2020).

Usiono, U. & Sayekti, Retno. (2018). Faktor-Faktor Pendorong Mahasiswa Memilih Program Studi Ilmu Perpustakaan di UIN Sumatera Utara Medan. Laporan Penelitian. Medan: UIN Sumatera Utara.

Varlejs, J. (2003). Professional Competencies for the Digital Age: What Library Schools Are Doing to Prepare Special Librarians. Education Libraries, 26(1), 16"“18.

Winoto, Y. & Komariah, N. (2012). Meninjau Relevansi Kurikulum Pendidikan Ilmu Perpustakaan dengan Kompetensi dan Sertifikasi Pustakawan. Media Pustakawan, (19)1, Maret.

Winston, M., & Hazlin, G. E. (2003). Leadership Competencies in Library and Information Science: Marketing as a Component of LIS Curricula. Journal of Education for Library and Information Science, 44(2). https://doi.org/10.2307/40323930.

Wong, M.A. & Barbara, S. (2019). Instructional Design for LIS Professionals: A Guide for Teaching Librarians and Information Professionals. By, CA: ABC-Clio

Zain, L. & Leide, J.E. (2001). Pendidikan Perpustakaan dan Kajian Informasi di Indonesia = Library Education And Information Studies on Indonesia. http://eprints.rclis.org/9419/ (akses 27 Juni 2020).

Downloads

Published

2020-10-11

How to Cite

Nashihuddin, W., Putra, K. A. D., & Hidayatullah, F. (2020). Deskripsi Program Studi dan Kompetensi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia. Media Pustakawan, 27(2), 111–125. https://doi.org/10.37014/medpus.v27i2.1011

Issue

Section

Articles