FAKTOR-FAKTOR YANG BERKORELASI DENGAN LITERASI INFORMASI DAN KEBERHASILAN MENDAPAT INFORMASI: STUDI KASUS PADA MAHASISWA INSTITUT PERTANIAN BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.37014/visipustaka.v21i2.532Keywords:
Alat penelusuran informasi, keberhasilan mendapat informasi, kerelevanan hasil penelusuran, literasi informasi, potensi afektif, potensi kognitifAbstract
Di era digital ini informasi sangat berlimpah, menyebabkan orang harus mempunyai kemampuan literasi informasi. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui faktor-faktor yang mempunyai korelasi dengan literasi informasi, dan seberapa kuat korelasinya. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa Program Sarjana, Program Magister dan Program Doktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi kognitif mempunyai hubungan pada tingkat cukup dengan empat indikator literasi informasi, kecuali pada kemampuan mengerti isu etika dan legalitas mengakses dan menggunakan informasi tingkat hubungannya rendah. Potensi afektif mempunyai tingkat hubungan rendah dengan empat indikator literasi informasi, kecuali pada kemampuan menggunakan informasi untuk mencapai tujuan tingkat hubungannya cukup. Variabel keberhasilan mendapat informasi mempunyai hubungan paling rendah dengan indikator kemampuan mengevaluasi informasi dan sumber-sumbernya. Sedangkan indikator kecepatan dan kemudahan mendapat informasi mempunyai hubungan yang paling kuat dengan kemampuan menelusur informasi. Pada ketepatan mendapat informasi hubungan yang paling kuat terjadi dengan kemampuan menggunakan informasi untuk mencapai tujuan. Kemampuan menggunakan alat penelusuran informasi mempunyai hubungan pada tingkatan cukup dengan kerelevanan hasil penelusuran.References
[ACRL] Association of College and Research Libraries. (2000). Information literacy competency standards for higher education. Chicago: ACRL. Diunduh dari: http://www.ala.org/acrl/sites/ala.org.acrl/files/content/standards/standards.pdf.
Irianto, A. (2008). Statistik: Konsep dasar & aplikasinya. Jakarta: Kencana.
Jonner, H. (2008). Urgensi literasi informasi dalam kurikulum berbasis kompetensi di perguruan tinggi. Pustaha: Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, 4(2), 34-44.
Kim, J-A. (2017). User perception and use of the academic library: a correlation analysis. The Journal of Academic Librarianship, 43, 209-215. http://dx.doi.org/10.1016/j. acalib.2017.03.002
Kim, S. U. & Shumaker, D. (2015). Student, librarian, and instructor perceptions of information literacy instruction and skills in a first year experience program: a case study. The Journal of Academic Librarianship, 41, 449-456. http://dx.doi.org/10.1016/j.acalib.2015.04.005.
Lau, J. (2006). IFLA guidelines on information literacy for lifelong learning. Diunduh dari:
https://www.ifla.org/files/assets/information-literacy/publications/ifla-guidelines-en.pdf.
Newby, J. (2011). Entering unfamiliar territory: building an information literacy course for graduate students in interdisciplinary areas. Reference & User Services Quarterly, 50(3), 224-229.
Petermanec, Z. & Å ebjan, U. (2017). Evaluation components of information literacy in undergraduate students in Slovenia: An experimental study. Library & Information Science Research, 39, 69-75. http://dx.doi.org/10. 1016/j.lisr.2017.01.009.
Riduwan. (2009). Pengantar statistika sosial. Bandung: Alfabeta.
Saunders, L., Severyn, J., Freundlich, S., Piroli, V., & Shaw-Munderback, J. (2016). Assessing graduate level information literacy instruction with critical incident questionnaires. The Journal of Academic Librarianship, 42, 655-663. http://dx.doi.org/10.1016/j.acalib.2016.08.008.
Shao, X. & Purpur, G. (2016). Effects of information literacy skills on student writing and course performance. The Journal of Academic Librarianship, 42, 670-678. http://dx.doi.org/10.1016/j.acalib.2016.08.006.
Wegener, D. R. (2018). We may be teaching information literacy, but are the design first year students actually getting it? The Journal of Academic Librarianship, 44, 633-641. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2018.07.009.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- This statement is the author's commitment to respect copyright, both in terms of citing other people's work and the utilization of journal content. Where necessary, author may send the Manuscript Authenticity Statement and/or the Transfer Copyright Statement that "the work is the original idea of author and has never been sent to another publisher and published in other publication".
- The publication right of the journal is the journal manager property within author's knowledge, and the moral right of publication is the author property.
- The formal legal aspects of journal publication utilizing refer to the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) license [see also open access policy].