EFEKTIVITAS LAYANAN AUDIOVISUAL DALAM MENDUKUNG PROGRAM USER EDUCATION DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA

Authors

  • Arina Faila Saufa Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga
  • Kintan Nurul Khofifah Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan audiovisual sebagai sarana user education di Perpustakaan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah pemustaka yang sudah pernah menyaksikan tayangan pada media audiovisual di Perpustakaan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta dan objeknya adalah media audiovisual di perpustakaan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Populasi pada penelitian ini yaitu pemustaka yang mengunjungi Perpustakaan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta di tahun 2021 berjumlah 2751 orang dengan sampel menggunakan rumus Slovin dan diperoleh 96 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus mean dan grand mean. Pengukuran efektivitas audiovisual menggunakan teori Mc David dan Harwtorn dengan beberapa aspek diantaranya yaitu Need, Object, Input, dan Activities. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan audiovisual sebagai sarana user education di Perpustakaan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta dikategorikan efektif dengan nilai grand mean sebesar 3,19. Saran yang bisa diberikan adalah perpustakaan perlu meningkatkan kuantitas dan kualitas konten informasi pada media audiovidual, tetapi perpustakaan perlu mempertahankan kualitas teknologi dan penyajian konten yang menarik karena penilaian aspek ini tergolong paling tinggi.

Published

2024-02-01

Issue

Section

Articles