TREN, PELUANG DAN TANTANGAN VIRTUAL REALITY DI PERPUSTAKAAN
KAJIAN BIBLIOMETRIK DAN REVIEW BERBASIS DATA SCOPUS TAHUN 2002-2022
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk menganalisis tren publikasi virtual reality di perpustakaan yang meliputi pertumbuhan jumlah publikasi, negara paling produktif, kolaborasi antarnegara, sumber publikasi terpopuler, artikel yang paling banyak disitir, kata kunci, dan tren area penelitian, serta mereview peluang dan tantangan pemanfaatan virtual reality di perpustakaan. Metode bibliometrik digunakan untuk menganalisis publikasi yang terindeks pada database Scopus dari tahun 2002-2022. Software VOSviewer digunakan memvisualisasikan negara paling produktif, kolaborasi antarnegara, kata kunci, dan tren area penelitian. Tren area penelitian diperoleh melalui analisis kata kunci co-occurrence. Peluang dan tantangan dianalisis secara deskriptif melalui review artikel. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertumbuhan jumlah publikasi tentang virtual reality di perpustakaan secara umum mengalami fluktuasi dari tahun ke tahun, kenaikan tertinggi terjadi pada 2021 mencapai 15 publikasi. Amerika Serikat merupakan negara paling produktif melakukan publikasi dan merupakan salah satu dari tiga negara paling kuat berkolaborasi dalam penelitian tentang virtual reality di perpustakaan. Proceedings of the Association for Information Science and Technology merupakan sumber publikasi yang paling popular, memuat jumlah publikasi sebanyak 9 dokumen dengan jumlah sitasi 21 kali. Chen c.-m dan Tsai y. -n merupakan penulis dari “Interactive Augmented Reality System for Enhancing Library Instruction in Elementary” paling banyak disitir sebanyak 209 sejak diterbitkan pada tahun 2012. Tren area penelitian terbagi menjadi 4 kluster, yaitu (1) virtual reality di perpustakaan medis termasuk dengan pengembangan software, (2) pemanfaatan virtual reality dalam mendukung layanan perpustakaan digital, (3) teknologi baru virtual reality dan augmented reality yang dimanfaatkan di perpustakaan akademik, dan (4) virtual reality dalam mendukung pembelajaran online disekolah. Virtual reality memiliki peluang besar untuk dikembangkan di perpustakaan, namun biaya investasi yang besar dan kesiapan SDM menjadi tantangan yang perlu diperhatikan.Published
2024-02-01
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- This statement is the author's commitment to respect copyright, both in terms of citing other people's work and the utilization of journal content. Where necessary, author may send the Manuscript Authenticity Statement and/or the Transfer Copyright Statement that "the work is the original idea of author and has never been sent to another publisher and published in other publication".
- The publication right of the journal is the journal manager property within author's knowledge, and the moral right of publication is the author property.
- The formal legal aspects of journal publication utilizing refer to the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) license [see also open access policy].