PENELITIAN LITERASI DIGITAL DI PERPUSTAKAAN MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI DATA BASE GOOGLE SCHOOLAR: NARATIVE LITERATUR REVIEW

Authors

  • Hanum Fajar putri Wibowo Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Universitas Padjadjaran https://orcid.org/0009-0003-0367-0536
  • Rully Khairul Anwar Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Universitas Padjadjaran
  • Siti Chaerani Djen Amar Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Universitas Padjadjaran
  • Evi Nursanti Rukmana Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Universitas Padjadjaran

Keywords:

Keywords, Digital Literacy in Libraries, Covid- 19, Hoaxes

Abstract

Literasi digital di lingkup perpustakaan banyak digunakan di masa pandemi covid 19 karena perpustakaan merupakan media literasi yang fungsinya untuk mencerdaskan masyarakat. Penelitian ini penting dikarenakan media literasi di perpustakaan tugasnya tidak hanya sebagai sumber informasi dan pengetahuan bagi masyarakat tetapi literasi digital merupakan pembelajaran sepanjang usia yang fungsinya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Literasi Digital di Perpustakaan masa Pandemi Covid-19 melalui data base google schoolar: narative  Literatur Review. Penelitian ini menggunakan narrative literature review untuk mengetahui prinsip dasar literasi digital di perpustakaan, strategi, dan inovasi  dari rujukan yang berkaitan dengan topik literasi digital di perpustakaan masa covid-19 dengan jumlah rujukan yang dianalisis yaitu 10 rujukan. Karena banyaknya informasi yang simpang siur maka literasi digital sangat dibutuhkan di masyarakat untuk mengevaluasi dan memilih informasi dengan bijak dan teliti. Maka masyarakat harus bertanggung jawab saat melakukan pencarian informasi dalam kehidupannya.

References

Daftar Pustaka

Aisyah, N. H. (2021). Mahasiswa Cerdas Tangkal Berita Hoaks di Era Disrupsi melalui Literasi Digital. ALSYS, 1(1), 67-82. https://doi.org/10.58578/alsys.v1i1.11

Bahri, S. (2021). Literasi Digital Menangkal Hoaks Covid-19 Di Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 16"“28, https://jkms.ejournal.unri.ac.id/index.php/JKMS/article/view/7452

Farihatin, A. R. (2013). Kegiatan membaca buku cerita dalam pengembangan kemampuan literasi dasar anak usia dini (Skripsi Program Sarjana tidak dipublikasikan). Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, http://eprints.ums.ac.id/27023/9/02._Naskah_Publikasi.pdf

Haruddin. H., Hijrana. H., Amin. M., Najib. M. (2019). Penerapan Prinsip Organisasi Dalam Fungsi Manajemen Perpustakaan Di Dinas Perpustakaan Kearsipan Kabupaten Takalar. Libraria Jurnal Perpustakaan, Vol 7, No 2. http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v7i2

Hidayat, N., Widyaningrum, N., & Sarjito, A. (2021). Literasi Digital Dan Bela Negara : Sebuah Upaya Untuk Mencegah Hoax Dalam Sistem Pertahanan Negara. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 32"“41, http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i1.2021.32-41

Husna. N. A., Rachmawati. D. Y., Anwar. A. D., Utomo. R. (2021). Program Literasi Digital untuk Pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Desa Sedayu, Muntilan, Magelang. COMMUNITY EMPOWERMENT, Vol. 6 No.2. https://doi.org/10.31603/ce.4259

Irianto dan Febrianti. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi bagi Generasi Muda dalam Menghadapi MEA. Educational and Language International Conference Proccedings, May 2017, 640-647. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/issue/view/184

Islamy. N. A. M. 2018. Media Informasi Vol. XXWI No. 2. Yogyakarta: UPTPerpustakaan UGM

Bulaksumur.

Kemdikbud. (2018). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/08/panduan-gln.pdf.

Meyers, E.M.,Ingrid,E.,& Ruth,V.S. (2013). Digital literacy and informal learning environments: an introduction.Learning,Media and Technology, 38 (4),355-367, http://dx.doi.org/10.1080/17439884.2013.783597

Najemi, A., Munandar, T.I., dan Prayuda, A.H. (2021). Bahaya Penyampaian Berita Bohong Melalui Media Sosial. Jurnal Karya Abadi Masyarakat, 5(3), 1- 2. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i3.16646

Nugroho, H., Yusup, P, M., Anwar, R, K., Berbagi pengetahuan sebagai pembelajaran organisasi di Perpustakaan. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan. 7(2), 1-2. doi: http://dx.doi.org/10.24198/jkip.v7i2.20103

Purnamayanti, A., Oktaria, N. (2022). Kesiapan SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung dalam pengembangan website E-Perpustakaan. Informatio: Journal of Library and Information Science Vol. 2(1), 1-3. https://doi.org/10.24198/inf.v2i1.36938

Rahmadhany, A., Safitri, A.A., dan Irwansyah. (2021). Fenomena Penyebaran Hoax dan Hate Speech pada Media Sosial. Jurnal Teknologi dan Informasi Bisnis, 3(1). https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.182

Rayani & Purqoti. (2020), "Kecemasan Keluarga Lansia terhadap Berita Hoax Dimasa Pandemi Covid-19". Jurnal Bimbingan & Konseling, Vol 5, No 1. https://doi.org/10.33394/realita.v5i1.2893

Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Jurnal Kehumasan, 1(1). https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380

Rosanti. A., Supiana. K., Zaqia. Y.,Q. (2022). JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan). Volume 5, Nomor 7. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.721

Sari, E.N., Hermayanti, A., Rachman, N.D., dan Faizi. (2021). Peran Literasi Dalam Menangkal Hoax Di Masa Pandemi. Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 13(3). https://doi.org/10.52166/madani.v13i03.2799

Snyder, H. 2019. "˜Literature review as a research methodology: An overview and guidelines"™. Journal of Business Research, 104, pp. 333"“339, https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039.

Sutrisna, I. P. G. (2020). Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 268"“283. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/stilistika/article/view/773

Syarifah, I.L., Hidayah, N.F., Raharani, F.A., Azzarahra, N.I., Mukarromah, S.M., Yulianti, Y., dan Wulandari. (2021). Pentingnya Literasi Digital di Era Pandemi. Jurnal Implementasi, 1(2). http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/ji/article/view/60

Tsaniyah,N.,& Juliana, K.A. (2019). Literasi Digital Sebagai Upaya Menangkal Hoaks Di Era Disrupsi. Al-Balagh : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4 (1), 121. https://doi.org/10.22515/balagh.v4i1.1555

Published

2024-02-01

Issue

Section

Articles