ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN POLITEKNIK INTERNASIONAL BALI DAN UPT. PUSAT PERPUSTAKAAN UIN RADEN MAS SAID SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.37014/visipustaka.v25i2.4091Keywords:
Layanan perpustakaan, Kualitas layanan, LibQual, Perpustakaan Perguruan TinggiAbstract
Perpustakaan sebagai penyedia informasi memberikan layanan jasa untuk kebutuhan informasi pemustaka. Keberhasilan sebuah perpustakaan dapat dilihat dari kualitas layanan yang dimiliki dan pemberian layanan yang tepat kepada pemustaka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan perpustakaan di UPT. Perpustakaan Politeknik Internasional Bali dan UPT. Pusat Perpustakaan UIN Raden Mas Said Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode LibQual dengan tiga indikator yaitu affect of service, information control dan library as place. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Responden pada penelitian ini merupakan anggota perpustakaan UPT. Perpustakaan Politeknik Internasional Bali dan UPT. Pusat Perpustakaan UIN Raden Mas Said Surakarta hingga tahun 2022. Metode LibQual digunakan untuk mengetahui kualitas layanan perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketepatan pelayanan, pengetahuan, keterampilan komunikasi dan pelayanan memberikan hasil yang maksimal dalam pelayanan di perpustakaan.References
Abdulsalami, L T, Q I Okezie, and A D Agbo. 2013. "The Role of the Library in the Promotion of Knowledge Societies in Nigeria." Pelagia Research Library Advances in Applied Science Research 4(1): 58"“70. www.pelagiaresearchlibrary.com.
Adeniran, Pauline. 2020. "User Satisfaction with Academic Libraries Services: Academic Staff and Students Perspectives." African Journal of Library and Information Science 6(3): 1"“8. www.internationalscholarsjournals.org.
e Rodrigues, Maya Carvalho, and Bala Mandrekar. 2020. "Impact of Academic Library Services on Students Success and Performance." Library Philosophy and Practice: 1"“20.
Herlani, Rifda. 2018. Skripsi "Evaluasi Layanan Perpustakaan Di SMA Negeri 3 Kota Tanggerang Selatan." UIN Syarif Hidayatulah Jakarta.
Istiana, Purwani. 2014. Layanan Perpustakan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Rahayuningsih, F. 2015. Mengukur Kepuasan Pemustaka: Menggunakan Metode LibQual. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Saputro, Bayu Indra Utami, Puspitaningrum Timur. 2020. "Analisis Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Layanan Di Perpustakaan Balai Arkeologi Daerah Istimewa Yogyakarta Dengan Metode LibQual." Jurnal Edulib 41(1): 41"“59.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- This statement is the author's commitment to respect copyright, both in terms of citing other people's work and the utilization of journal content. Where necessary, author may send the Manuscript Authenticity Statement and/or the Transfer Copyright Statement that "the work is the original idea of author and has never been sent to another publisher and published in other publication".
- The publication right of the journal is the journal manager property within author's knowledge, and the moral right of publication is the author property.
- The formal legal aspects of journal publication utilizing refer to the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) license [see also open access policy].