INOVASI APLIKASI “SI BU-DI LA-KU” SEBAGAI PERANGKAT LAYANAN SIRKULASI PERPUSTAKAAN DIGITAL DI PERPUSTAKAAN SMPN 3 LUBUK PAKAM

Authors

  • Puspa Nurmasyitah UPT SPF SMP NEGERI 3 LUBUK PAKAM

DOI:

https://doi.org/10.37014/visipustaka.v25i2.3652

Keywords:

media pustakawan, jurnal ilmiah, ilmu perpustakaan dan informasi Layanan Sirkulasi, Perpustakaan Digital, Aplikasi “SI BU-DI LA-KU”

Abstract

Sistem Layanan Perpustakaan manual menjadi tidak efektif seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Perpustakaan sekolah sebagai pusat berliterasi pemustaka di sekolah diharuskan memperbaiki produk layanannya khususnya layanan sirkulasi. Perpustakaan digital menjadi pilihan sebagai solusi atas permasalahan layanan sirkulasi. Implementasi aplikasi (SI BU-DI LA-KU) menjadi inovasi pustakawan untuk menciptakan perubahan positif terhadap layanan sirkulasi pada perpustakaan sekolah. Aplikasi Sistem Informasi Buku Digital Layanan Sirkulasi menjadi solusi permasalahan perpustakaan sekolah menuju kepada perpustakaan digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi aplikasi (SI BU-DI LA-KU)  dalam layanan sirkulasi. Metode yang digunakan dalam  penitian ini dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Jenis penelitian ini mendeskripsikan hasil penerapan (SI BU-DI LA-KU)  di perpustakaan sekolah SMPN 3 Lubuk Pakam. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, dokumentasi, dan wawancara. Hasil yang diperoleh melalui deskripsi aplikasi (SI BU-DI LA-KU)  dan deskripsi perbandingan Jumlah kunjungan yang meningkat, tujuan kunjungan yang jelas, dan refleksi positif menunjukkan hasil positif layanan sirkulasi. Dapat disimpulkan aplikasi (SI BU-DI LA-KU) menjadi aplikasi yang sesuai untuk layanan sirkulasi perpustakaan sekolah sebagai perpustakaan digital.

References

Aris Suharyadi, B. D. (2020). Strategi Optimalisasi Layanan Perpustakaan Sekolah Melalui Program "Kanji Kuper" SD Negeri Ngrancah. N-JILS Nusantara Journal of Information and Library Studies Vol.3 No.2, 156-171.

Batubara, H. H. (2016). PENGGUNAAN GOOGLE FORM SEBAGAI ALAT PENILAIAN KINERJA DOSEN DI PRODI PGMI UNISKA MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Volume 8, Nomor 1, Juni , 39-50.

Dani Anggoro, A. H. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Berbasis Web Guna Meningkatkan Efektivitas Layanan Pustakawan. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika Vol. 4 No. 1, Juni, 2020, 151-160.

Demografi. (2018). Perbedaan Skala Literasi Laki-laki dan Perempuan 2015. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/08/08/literasi-membaca-perempuan-lebih-tinggi-dari-laki-laki#: Katadata Media Network, Katadata.co.id.

Dita Ayu Arsita, D. N. (-). HUBUNGAN KEPUASAN LAYANAN PERPUSTAKAAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN SISWA KE PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 3 KOTA MOJOKERTO. Universitas Negeri Surabaya, -.

Herinda Mardin, L. N. (2020). PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN GOOGLE SITES SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KEPADA GURU MADRASAH ALIYAH SE-KABUPATEN BOALEMO. JURNAL ABDIMAS GORONTALO VOL 3(2), 78 - 82 .

Imroatul Azizah, B. S. (2014). MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 4 No. 4, April 2014, 85-97.

Muhammad Iqbal, e. a. (2018). Using Google form for Student Worksheet as Learning Media. SPC International Journal of Engineering & Technology 7 (3.4) , 321-324.

Ratih Arumi, M. N. (2015). EFEKTIVITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SLB WACANA ASIH PADANG. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan Vol. 4, No. 1, September 2015, Seri B, 95-103.

Saleh, A. R. (2013). Pengembangan Perpustakaan Digital. Bogor: Rumah Q-ta Production.

Yushtika Muliana Pubian, H. (2020). PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE SITE DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Akademika - Jurnal Teknologi Pendidikan | Vol. XXX | No. XXX, 163-172.

Downloads

Published

2024-02-12

Issue

Section

Articles