EVALUASI PENGEMBANGAN LAYANAN PERPUSTAKAAN RISET BAGI SIVITAS BRIN

Authors

  • Rahmadani Ningsih Maha Badan Riset dan Inovasi Nasional
  • Tupan Tupan Badan Riset dan Inovasi Nasional
  • Suci Wulandari Badan Riset dan Inovasi Nasional

DOI:

https://doi.org/10.37014/visipustaka.v25i1.3603

Keywords:

Evaluasi layanan perpustakaan, Perpustakaan riset, Sivitas BRIN

Abstract

Dilakukan kajian evaluasi pengembangnan layanan perpustakaan riset bagi sivitas BRIN yang bertjuan untuk  (1) Mengetahui profil sivitas BRIN yang menggunakan layanan perpustakaan, (2) Mengetahui jenis layanan perpustakaan yang sudah dimanfaatkan oleh sivita, (3) Mengetahui kebutuhan jenis layanan perpustakaan yang akan dimanfaatkan sivitas BRIN, (4) Mengetahui media yang paling banyak digunakan oleh sivitas BRIN dalam   meminta layanan perpustakaan, (5) Mengetahui kendala/hambatan selama proses pemberian layanan perpustakaan.  Penelitian menggunakan metode deskriptif untuk mendeskripsikan dan menginterpretasikan sesuatu fenomena. Pengumpulan data dilakukan degan metode survei dengan menggunakan kuesioner elektronik dalam bentuk google form yang dikirim kepada periset dan sivitas BRIN lainnya. Hasil kuesioner yang terkumpul kemudian dianalisis dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil evalusi menunjkkan bahwa profil pemakai layanan perpustakaan BRIN yang terbanyak adalah laki-laki dengan pendidikan master (S2), jabatan peneliti dan lokasi kerja Jakarta. Jenis layanan yang paling banyak dimanfaatkan adalah layanan penelusuran informasi, literasi informasi dan layanan literatur review. Kebutuhan layanan yang akan dimanfaatkan yang paling banyak adalah layanan pengecekan plagiarisme kemudian diikuti layanan literature, layanan pemeriksaan tatabahasa. Media yang paling banyak digunakan untuk meminta layanan adalah menghubungi pengelola perpustakaan melalui whatsApp, kemudian diikuti oleh media layanan kawasan intra BRIN, melalui email dan datang langsung ke perpustakaan. Dalam proses pemberian layanan kepada sivitas BRIN  sebagian besar mengatakan tidak ada kendala/hambatan

Author Biography

Rahmadani Ningsih Maha, Badan Riset dan Inovasi Nasional

Direktorat Repositori, Mutimedia dan Penerbitan Ilmiah

References

Anwar, Ahmad. (2017). Pengembangan Media Sosial dalam Pelayanan Library 2.0 di Perpustakaan Akademi Keperawatan Notokusumo Yogyakarta. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 2(1), 1-10

Hidayatulloh, A. dkk. (2019). Penerapan manajemen perpustakaan dalam meningkatkan mutu layanan di Perpustakaan MTS Al Ibrohimi Manyar Kabupaten Gresik. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 1(1), 1-25

Maryati, I dan Nashihuddin, W. (2017). Layanan informasi pendukung penelitian bagi peneliti LIPI. Jakarta : Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Meilita, Weni . (2020). Pemanfaatan website dan media sosial perpustakaan dalam layanan referensi perpustakaan perguruan tinggi. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan, 22(1), 37-47

Nasution, Mahyuddin K. M.(2016). Fenomena riset. Harian Analisa, Opini, Selasa, 24 Mei 2016

Nonaka, I. and Takeuchi, H. (1995) The Knowledge Creating Company, Oxford: Oxford University Press.

Pratala,Boga. (2022). PENINGKATAN LAYANAN PERPUSTAKAAN IPDN KAMPUS JAKARTA MELALUI SISTEM PERPUSTAKAAN DIGITAL. CENDEKIA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2(1), 1-7

Prabowo, A. dan Heriyanto. (2013). Analisis pemanfaatan buku elektronik oleh pemustaka oleh pemustaka di Perpustakaan SMA negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 1-9.

Setyowati, Lis. (2018). Research Support Services: Peran Perpustakaan Dalam Pengembangan Riset di Perguruan Tinggi. Libraria,6(2),331-348

Silvana, H. dan Damayanty. ( 2014). Penggunaan X banner dalam promosi layanan perpustakaan. Jurnal Kajian Komunikasi, 2(2), 105"“117

Downloads

Published

2024-02-01

Issue

Section

Articles