EVALUASI PENGEMBANGAN LAYANAN PERPUSTAKAAN RISET BAGI SIVITAS BRIN
DOI:
https://doi.org/10.37014/visipustaka.v25i1.3603Keywords:
Evaluasi layanan perpustakaan, Perpustakaan riset, Sivitas BRINAbstract
Dilakukan kajian evaluasi pengembangnan layanan perpustakaan riset bagi sivitas BRIN yang bertjuan untuk (1) Mengetahui profil sivitas BRIN yang menggunakan layanan perpustakaan, (2) Mengetahui jenis layanan perpustakaan yang sudah dimanfaatkan oleh sivita, (3) Mengetahui kebutuhan jenis layanan perpustakaan yang akan dimanfaatkan sivitas BRIN, (4) Mengetahui media yang paling banyak digunakan oleh sivitas BRIN dalam meminta layanan perpustakaan, (5) Mengetahui kendala/hambatan selama proses pemberian layanan perpustakaan. Penelitian menggunakan metode deskriptif untuk mendeskripsikan dan menginterpretasikan sesuatu fenomena. Pengumpulan data dilakukan degan metode survei dengan menggunakan kuesioner elektronik dalam bentuk google form yang dikirim kepada periset dan sivitas BRIN lainnya. Hasil kuesioner yang terkumpul kemudian dianalisis dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil evalusi menunjkkan bahwa profil pemakai layanan perpustakaan BRIN yang terbanyak adalah laki-laki dengan pendidikan master (S2), jabatan peneliti dan lokasi kerja Jakarta. Jenis layanan yang paling banyak dimanfaatkan adalah layanan penelusuran informasi, literasi informasi dan layanan literatur review. Kebutuhan layanan yang akan dimanfaatkan yang paling banyak adalah layanan pengecekan plagiarisme kemudian diikuti layanan literature, layanan pemeriksaan tatabahasa. Media yang paling banyak digunakan untuk meminta layanan adalah menghubungi pengelola perpustakaan melalui whatsApp, kemudian diikuti oleh media layanan kawasan intra BRIN, melalui email dan datang langsung ke perpustakaan. Dalam proses pemberian layanan kepada sivitas BRIN sebagian besar mengatakan tidak ada kendala/hambatanReferences
Anwar, Ahmad. (2017). Pengembangan Media Sosial dalam Pelayanan Library 2.0 di Perpustakaan Akademi Keperawatan Notokusumo Yogyakarta. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 2(1), 1-10
Hidayatulloh, A. dkk. (2019). Penerapan manajemen perpustakaan dalam meningkatkan mutu layanan di Perpustakaan MTS Al Ibrohimi Manyar Kabupaten Gresik. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 1(1), 1-25
Maryati, I dan Nashihuddin, W. (2017). Layanan informasi pendukung penelitian bagi peneliti LIPI. Jakarta : Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.
Meilita, Weni . (2020). Pemanfaatan website dan media sosial perpustakaan dalam layanan referensi perpustakaan perguruan tinggi. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan, 22(1), 37-47
Nasution, Mahyuddin K. M.(2016). Fenomena riset. Harian Analisa, Opini, Selasa, 24 Mei 2016
Nonaka, I. and Takeuchi, H. (1995) The Knowledge Creating Company, Oxford: Oxford University Press.
Pratala,Boga. (2022). PENINGKATAN LAYANAN PERPUSTAKAAN IPDN KAMPUS JAKARTA MELALUI SISTEM PERPUSTAKAAN DIGITAL. CENDEKIA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2(1), 1-7
Prabowo, A. dan Heriyanto. (2013). Analisis pemanfaatan buku elektronik oleh pemustaka oleh pemustaka di Perpustakaan SMA negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 1-9.
Setyowati, Lis. (2018). Research Support Services: Peran Perpustakaan Dalam Pengembangan Riset di Perguruan Tinggi. Libraria,6(2),331-348
Silvana, H. dan Damayanty. ( 2014). Penggunaan X banner dalam promosi layanan perpustakaan. Jurnal Kajian Komunikasi, 2(2), 105"“117
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- This statement is the author's commitment to respect copyright, both in terms of citing other people's work and the utilization of journal content. Where necessary, author may send the Manuscript Authenticity Statement and/or the Transfer Copyright Statement that "the work is the original idea of author and has never been sent to another publisher and published in other publication".
- The publication right of the journal is the journal manager property within author's knowledge, and the moral right of publication is the author property.
- The formal legal aspects of journal publication utilizing refer to the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) license [see also open access policy].