SISTEM LAYANAN SIRKULASI PERPUSTAKAAN PADA DINAS ARSIP DAN PERPUSTAKAAN KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.37014/visipustaka.v25i1.3529Keywords:
Library Services, Circulation Service, Service SystemAbstract
Kedatangan pemustaka ke perpustakaan merupakan tolak ukur pemanfaatan dan keberhasilan perpustakaan. Salah satu bentuk perwujudan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Bandung untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama warga Kota Bandung adalah layanan perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem layanan sirkulasi serta faktor-faktor pendukung & penghambat layanan sirkulasi perpustakaan pada Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah pustakawan pada bidang pengelolaan perpustakaan. Sedangkan objek penelitian ini adalah sistem layanan perpustakaan pada Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Bandung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada sistem layanan sirkulasi perpustakaan pada Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Bandung adalah sistem layanan terbuka. Dengan cakupan layanan sirkulasinya yaitu kegiatan pendaftaran anggota perpustakaan, peminjaman koleksi buku, pengembalian atau perpanjangan masa pinjam koleksi buku, serta pemberian sanksi. Faktor pendukung layanan sirkulasi perpustakaan pada Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Bandung antara lain layanan sudah terotomasi dengan menggunakan aplikasi INLISLite, lokasi perpustakaan yang terletak di pusat Kota Bandung, pemustaka diperbolehkan melakukan penelusuran langsung ke rak koleksi, dan seluruh layanan yang disediakan tidak dipungut biaya apapun atau gratis. Faktor penghambatnya antara lain buku yang dikembalikan langsung oleh pemustaka ke rak tidak tersusun sesuai dengan nomor klasifikasinya, masih adanya anggota perpustakaan yang terlambat dalam pengembalian koleksi buku, aplikasi yang digunakan terkadang bermasalah, kurangnya fasilitas komputer untuk penelusuran koleksi, kekurangan jumlah petugas perpustakaan, ruang baca kurang memadai, dan koleksi perpustakaan yang belum memenuhi seluruh kebutuhan pemustaka. Dari kajian ini diharapkan terdapat penelitian lanjutan yang lebih mendalam, terutama yang membahas mengenai sikap atau persepsi pemustaka terhadap layanan sirkulasi perpustakaan. Sehingga layanan sirkulasi perpustakaan ini sesuai dengan yang diharapkan oleh seluruh pihak.References
Hartini, E. & Hanum, A.N.L. (2018). Manajemen Layanan Sirkulasi Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 8(10), 1-7.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i10.29398
Perpustakaan Nasional RI. (2007). Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. https://www.perpusnas.go.id/law-detail.php?lang=id&id=170920114322Ir9g6HhRuc.
Perpustakaan Nasional RI. (2017). Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2017 Tentang Standar Nasional Perpustakaan Kabupaten/Kota.
https://jdih.perpusnas.go.id/file_peraturan/Perka_8_2017_SNP_Perpustakaan_Kab_Kota_Salinan.pdf
Perpustakaan Nasional RI. (2019). Bahan Ajar Pendidikan dan Pelatihan Layanan Perpustakaan. Jakarta: Pusat Pendidikan dan Pelatihan PERPUSNAS RI.
Purwanti, A. & Rahmah, E. (2012). Sistem Layanan Sirkulasi di Perpustakaan SMK Tamansiswa Padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan 1(1) 174-182.
DOI : https://doi.org/10.24036/502-0934
Rahayuningsih, F. (2007). Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rahmah, E. (2018). Akses dan Layanan Perpustakaan: Teori dan Aplikasi. Jakarta. Prenadamedia Group.
Pemerintah Kota Bandung. (2021). Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 19 Tahun 2021 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Arsip Dan Perpustakaan Kota Bandung. https://jdih.bandung.go.id/home/produk-hukum/daerah/22773/detail
Saleh, Abdul Rahman & Komalasari, Rita (2014). Manajemen Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/4138/1/PUST2229-M1.pdf
Sujatna. (2016). Promosi Perpustakaan. Tangerang: Mahara Publishing.
Taufiq, F.M., Wijaya, D.P., & Rachman, M.R. (2022). Analisis Anggota Perpustakaan Pada Dinas Arsip Dan Perpustakaan Kota Bandung Tahun 2015-2021. Visi Pustaka 24 (2). 170-182. DOI: https://doi.org/10.37014/visipustaka.v24i2.3090
Wijaya, D.P., Murti, L.D., & Rachman, M.R. (2022). Recall dan Precision pada Online Public Access Catalog (OPAC) Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Bandung. Visi Pustaka 24 (1). 81-91. DOI: https://doi.org/10.37014/visipustaka.v24i1.2915
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- This statement is the author's commitment to respect copyright, both in terms of citing other people's work and the utilization of journal content. Where necessary, author may send the Manuscript Authenticity Statement and/or the Transfer Copyright Statement that "the work is the original idea of author and has never been sent to another publisher and published in other publication".
- The publication right of the journal is the journal manager property within author's knowledge, and the moral right of publication is the author property.
- The formal legal aspects of journal publication utilizing refer to the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) license [see also open access policy].