PRESERVASI PREVENTIF PADA KOLEKSI BAHAN PUSTAKA OPEN LIBRARY TELKOM UNIVERSITY

Authors

  • Zahra Wenning Tyas Padjadjaran University

DOI:

https://doi.org/10.37014/visipustaka.v25i2.3400

Keywords:

Open Library Telkom University, Koleksi Bahan Pustaka Open Library Telkom University, Preservasi Preventif

Abstract

Perpustakaan dijadikan sebagai pusat informasi dan pengetahuan karena berbagai macam koleksi yang terhimpun di dalamnya. Informasi yang terkandung di dalam koleksi sudah seharusnya tetap terjaga dan tersedia bagi masyarakat luas di era informasi seperti saat ini. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh perpustakaan adalah preservasi preventif. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang rutin dilakukan oleh Open Library Telkom University. Fokus dan tujuan penelitian yang dilakukan adalah menjelaskan tentang kegiatan preservasi preventif terhadap bahan pustaka yang dilaksanakan oleh Open Library Telkom University. Tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan utama, pihak yang terlibat, koleksi yang diprioritaskan, peran pengelola perpustakaan, dan kebijakan dalam melaksanakan kegiatan preservasi preventif di Open Library Telkom University. Adapun prosedur dalam penelitian ini (1) membuat draft pertanyaan yang akan ditujukan kepada narasumber, (2) melakukan observasi dan wawancara dengan narasumber, (3) mengumpulkan data-data pendukung dari artikel jurnal, (4) menganalisis data dan temuan yang didapatkan dari hasil observasi dan wawancara serta studi literatur untuk mengkaji dan menjelaskan kegiatan preservasi preventif yang dilaksanakan di Open Library Telkom University. Hasil dari penelitian ini adalah Open Library Telkom University telah melakukan kegiatan preservasi preventif secara rutin, dimulai dari pembersihan lingkungan di sekitar ruangan penyimpanan koleksi, mengatur suhu dan kelembaban di kisaran 18-20℃, mengatur tingkat pencahayaan, menyampul buku, mengadakan sosialisasi dan penyuluhan kepada pemustaka dan pustakawan, serta membuat salinan cadangan (backup) metadata untuk koleksi karya ilmiah digital. Dalam pelaksanaanya, dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak, diantaranya, bagian pengolahan koleksi, bagian layanan, bagian logistik, juga dari pemustaka.

References

Aghisni, S. S., Agustini, N., Saefudin, E. (2022). Kegiatan Preservasi Preventif Naskah Kuno Berbasis Kearifan Lokal: Studi Kasus Tentang Preservasi Preventif Naskah Kuno Berbasis Kearifan Lokal di Situs Kabuyutan Ciburuy Kabupaten Garut. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1 (5), 400-407.

Fatmawati, E. (2018). Preservasi, Konservasi, dan Restorasi Bahan Perpustakaan. Libria,10 (1), 13-32.

Fatwa, A. N. (2020). Strategi Preservasi Informasi Digital Dalam Menjaga Aksesibilitas Informasi. Libria,12 (2), 149-161.

Hariyanti, N. T., Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15 (1), 133-146.

Harvey, R., Mahard, M. R., Conn, D. (2020). The Preservation Management Handbook: A 21st-Century Guide For Libraries, Archives & Museums. UK: Rowman & Littlefield Publishers.

Khoerunnisa, R., Sukaesih., Rodiah, S. (2022). Kegiatan Penyediaan Pelayanan Perpustakaan Dalam Layanan Unggah Mandiri Tugas Akhir: Studi Kualitatif Layanan Unggah Mandiri Tugas Akhir di Telkom University Open Library. Informatio: Journal of Library and Information Science, 2(1), 61-84.

Prasetyo, A. A. (2018). Preservasi Digital Sebagai Tindakan Preventif Untuk Melindungi Bahan Pustaka Sebagai Benda Budaya. Jurnal Tibanndaru, 2 (2), 54-67.

Rahmawati, N. A. (2017). Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pelayanan Sumber Informasi di Perpustakaan. Libria, 9 (2), 125-132.

Setyaningsih, D. N., Ganggi, R. I. P. (2017). Preservasi Koleksi di Perpustakaan Museum Perjuangan Mandala Bhakti Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6 (3), 1-10.

Downloads

Published

2024-02-12

Issue

Section

Articles