SEBUAH NARRATIVE LITERATURE REVIEW DALAM PENELITIAN PENGEMBANGAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH PADA GOOGLE SCHOLAR

Authors

  • Anis Rahmanda Putri Padjadjaran University

DOI:

https://doi.org/10.37014/visipustaka.v25i1.3240

Keywords:

Pengembangan Koleksi, Perpustakaan Sekolah, Google Scholar

Abstract

Pengembangan koleksi di perpustakaan sekolah penting karena perpustakaan dituntut untuk memiliki koleksi sebagai sumber informasi yang mutakhir. Penelitian pengembangan koleksi banyak ditemui pada Google Schoolar.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penelitian pengembangan koleksi di perpustakaan sekolah pada Google Scholar menggunakan narrative literature review. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu  studi literatur (literature review) berjenis narrative review. Dimana peneliti menganalisis beberapa penelitian tepatnya tujuh rujukan yang sesuai dengan objek yang diteliti pada database Google Scholar dengan rentang terbit dari 2016 hingga 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian terkait pengembangan koleksi pada database Google Scholar merupakan penelitian yang banyak diteliti di perpustakaan sekolah. Mulai dari perpustakaan sekolah pada umumnya hingga perpustakaan sekolah yang berkebutuhan khusus. Adapun analisis penelitian ketujuh rujukan tersebut yaitu memiliki kesamaan dalam hal metode penelitian. Hasil penelitian ketujuh rujukan menunjukkan bahwa pengembangan koleksi berperan penting dalam menunjang proses belajar mengajar peserta didik. Pengembangan koleksi membawa pengaruh baik dalam mendukung tercapainya tujuan sekolah dalam hal pendidikan. Melalui pengembangan koleksi, perpustakaan sekolah mengetahui koleksi yang dibutuhkan dan diperlukan oleh penggunanya sehingga koleksi yang tersimpan merupakan sumber informasi mutakhir.

Downloads

Published

2024-02-01

Issue

Section

Articles