SEBUAH NARRATIVE LITERATURE REVIEW DALAM PENELITIAN PENGEMBANGAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH PADA GOOGLE SCHOLAR
DOI:
https://doi.org/10.37014/visipustaka.v25i1.3240Keywords:
Pengembangan Koleksi, Perpustakaan Sekolah, Google ScholarAbstract
Pengembangan koleksi di perpustakaan sekolah penting karena perpustakaan dituntut untuk memiliki koleksi sebagai sumber informasi yang mutakhir. Penelitian pengembangan koleksi banyak ditemui pada Google Schoolar.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penelitian pengembangan koleksi di perpustakaan sekolah pada Google Scholar menggunakan narrative literature review. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur (literature review) berjenis narrative review. Dimana peneliti menganalisis beberapa penelitian tepatnya tujuh rujukan yang sesuai dengan objek yang diteliti pada database Google Scholar dengan rentang terbit dari 2016 hingga 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian terkait pengembangan koleksi pada database Google Scholar merupakan penelitian yang banyak diteliti di perpustakaan sekolah. Mulai dari perpustakaan sekolah pada umumnya hingga perpustakaan sekolah yang berkebutuhan khusus. Adapun analisis penelitian ketujuh rujukan tersebut yaitu memiliki kesamaan dalam hal metode penelitian. Hasil penelitian ketujuh rujukan menunjukkan bahwa pengembangan koleksi berperan penting dalam menunjang proses belajar mengajar peserta didik. Pengembangan koleksi membawa pengaruh baik dalam mendukung tercapainya tujuan sekolah dalam hal pendidikan. Melalui pengembangan koleksi, perpustakaan sekolah mengetahui koleksi yang dibutuhkan dan diperlukan oleh penggunanya sehingga koleksi yang tersimpan merupakan sumber informasi mutakhir.Downloads
Published
2024-02-01
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- This statement is the author's commitment to respect copyright, both in terms of citing other people's work and the utilization of journal content. Where necessary, author may send the Manuscript Authenticity Statement and/or the Transfer Copyright Statement that "the work is the original idea of author and has never been sent to another publisher and published in other publication".
- The publication right of the journal is the journal manager property within author's knowledge, and the moral right of publication is the author property.
- The formal legal aspects of journal publication utilizing refer to the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) license [see also open access policy].