PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN APLIKASI IPUSNAS TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

Authors

  • Savira Taryani Universitas Indonesia, Program Studi Ilmu Perpustakaan
  • Luki Wijayanti FIB Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37014/visipustaka.v25i1.3179

Keywords:

iPusnas, service quality, digital library, WebQual 4.0

Abstract

Perpustakaan sebagai penyedia informasi bagi masyarakat merupakan organisasi pendukung pendidikan yang terkena dampak perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Perpustakaan telah berkembang dari konvensional menjadi digital, dan dapat diakses kapanpun dan dimana pun. Salah satu perpustakaan digital yang sering digunakan adalah aplikasi iPusnas. Jika sebuah aplikasi dapat berguna untuk kegiatan sehari-hari, maka pengguna akan merasa puas. Oleh sebab itu, pengukuran kualitas layanan aplikasi iPusnas sebagai salah satu aplikasi perpustakaan digital diperlukan untuk mengetahui baik atau tidaknya aplikasi tersebut menurut pengguna. Dalam penelitian ini, metode WebQual 4.0 dengan tiga variabel digunakan untuk mengidentifikasi kualitas layanan dan kepuasan pengguna aplikasi iPusnas. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan diolah menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan data yang didapat, rata-rata kualitas layanan aplikasi iPusnas menurut pengguna sebesar 84,7%, sedangkan kepuasan pengguna aplikasi iPusnas sebesar 86,1%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa layanan aplikasi iPusnas sangat baik dan pengguna merasa sangat puas dalam menggunakan aplikasi tersebut.

References

Agung, A. A. P. (2012). Metodologi penelitian bisnis. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji validitas dan reliabilitas tingkat partisipasi politik masyarakat kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179-188. DOI: https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019

Ayhan, H. Ö. (2011). Non-probability sampling survey methods. International Encyclopedia of Statistical Science, 14, 979-982.

Barnes, S. J., & Vidgen, R. T. (2002). An integrative approach to the assessment of e-commerce quality. J. Electron. Commer. Res., 3(3), 114-127.

Giyanti, I., & Suparti, E. (2018). Penilaian kualitas aplikasi halal MUI dengan WebQual 4.0 dan pengaruhnya terhadap keputusan penggunaan. J@ ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 13(2), 91-98. DOI: https://doi.org/10.14710/jati.13.2.91-98

Hartono, H. (2017). Strategi pengembangan perpustakaan digital dalam membangun aksesibilitas informasi: sebuah kajian teoritis pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam di Indonesia. UNILIB: Jurnal Perpustakaan, 8(1), 77-91. DOI: https://doi.org/10.20885/unilib.vol8.iss1.art7

Kamaludin, A. (2019). Hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Apotik Puji Lestari Majalengka. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(12), 47-55.

Kresh, D. (2007). The whole digital library handbook. Chicago: American Library Association.

Latief, Y. R. A. (2016). Evaluasi kualitas website dengan metode WebQual dan e-Govqual : studi kasus Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Tesis, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia.

Muhsin, A., & Zuliestiana, D. A. (2017). Analisis pengaruh kualitas website (Webqual) 4.0 terhadap kepuasan pengguna Bukalapak di Kota Bandung. eProceedings of Management, 4(3).

PNRI. (n.d). Cara penggunaan. iPusnas. Retrieved from https://ipusnas.id/howto.html

PNRI. (n.d). IPUSNAS: Pengguna. Dashboard iPusnas. Retrieved from https://dashboard-ipusnas.perpusnas.go.id/

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Yogyakarta: Deepublish.

Sudirman, A., Efendi, E., & Harini, S. (2020). Kontribusi harga dan kepercayaan untuk membentuk kepuasan pengguna transportasi berbasis aplikasi. Journal of Business and Banking, 9(2), 323-335.

Sugiyono. (2014). Metodologi penelitian bisnis, cetakan ke 18. Bandung: ALFABETA

Tulodo, B. A. R., & Solichin, A. (2019). Analisis pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi dan perceived usefulness terhadap kepuasan pengguna aplikasi care dalam upaya peningkatan kinerja karyawan. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(1), 25-43.

Widayanti, Y. (2015). Pengelolaan perpustakaan digital. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 3(1), 125-137. DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v3i1.1579

Downloads

Published

2024-02-01

Issue

Section

Articles