MONITORING DAN EVALUASI TAMAN BACAAN MASYARAKAT DI KOTA BANDUNG

Muthia Nurhayati, Tata Takwana S., Dadan Tohamansur

Abstract


Keberadaan TBM sebagai sarana pendidikan non formal belajar sepanjang hayat sangat penting, melalui TBM dapat dilakukan hal yang sederhana namun strategis seperti upaya menumbuhkan minat baca bagi anak ataupun kegiatan yang menambah keterampilan bagi para ibu rumah tangga, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitarnya. Tujuan kajian ini untuk mengetahui kondisi TBM yang ada di kota Bandung berdasarkan data TBM yang dimiliki Disarpus Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dimana pengumpulan data diperoleh melalui kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap 36 TBM yang ada di Kota Bandung pada tahun 2019. Perbandingan data TBM antara Kemdikbud dan Disarpus Kota Bandung menunjukkan ada dua nama TBM yang sama yaitu Sukamulya Cerdas dan Eco Bambu. Hasil kajian menunjukkan dari data 36 TBM yang ada di Kota Bandung, 13 masih aktif, sedangkan 23 sudah tidak aktif. Lokasi TBM yang aktif tersebar di 10 kecamatan dengan Kecamatan Cidadap yang terdapat TBM paling banyak yaitu 4. Koleksi yang dimiliki TBM pada umumnya adalah komik, majalah, novel, buku anak, buku iptek dan buku umum. Dari 23 TBM yang sudah tidak aktif dapat dikategorisasikan sebagai berikut: 19 TBM telah berubah peruntukan menjadi tempat tinggal, toko, rumah makan, masjid, sekolah, dan bengkel motor; 2 karena pengelola pindah; dan 2 tidak ditemukan. Saran untuk kajian selanjutnya adalah monitoring dan evaluasi ke TBM berdasarkan data Kemdikbud yang tidak ada pada data Disarpus Kota Bandung yaitu sebanyak 29 TBM, dan seyogyanya Disarpus Kota Bandung berkoordinasi dengan beberapa pihak seperti Kemdikbud dikarenakan TBM berada di bawah pembinaan Kemdikbud dan Pokja Literasi Kota Bandung.


Keywords


Community Reading Park, TBM, Monitoring and Evaluating

Full Text:

PDF

References


Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. 2020. Executive Summary Indeks Baca pada Masyarakat Kota pada Tahun 2020. Bandung: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Kemdikbud. (2020). Tentang TBM. https://donasibuku.kemdikbud.go.id/tentangtbm

Kemendikbud. (2013). Petunjuk Teknis Pengajuan, Penyaluran, dan Pengelolaan Bantuan Taman Bacaan Masyarakat Rintisan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Laus Markus Goti. (2021). Jadi ketua forum TBM, Umar Hamdan Ingin 2021 Ende Kabupaten Literasi. https://kupang.tribunnews.com/2021/02/05/jadi-ketua-forum-tbm-umar-hamdan-ingin-2021-ende-kabupaten-literasi

Ludfia. Skripsi. (2015). Upaya Pembinaan Minat Baca di Taman Bacaan Masyarakat: Studi Kasus TBM Sanggar Baca Jendela Dunia dan TBM Jendela Ilmu. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Maulida, skripsi. (2017). Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Warabal dalam Mengembangkan Minat Baca Anak melalui Pendar dan Dongeng. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Misriyani, M. dan Sungkowo Edy Mulyono. (2019). Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. 3(2), 160-172.

Nada, Lailin. (2017). Perilaku Pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Studi Deskriptif tentang Perilaku Pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dalam Meningkatkan Literasi Masyarakat Kota Surabaya. Surabaya: Universitas Airlangga.

Pramudyo, Gani Nur, M. Roddy Ilmawan, Baiq Azizah, Meryta Anisah, dan Yanuar Deo. (2018). Inovasi kegiatan Taman Bacaan Masyarakat. 4(1), 29-38.

Prokopim Kota Bandung. (2020). TBM Sukamulya Cinambo Raih Penghargaan dari Mendikbud. https://humas.bandung.go.id/layanan/tbm-sukamulya-cinambo-raih-penghargaan-dari-mendikbud

Rohmaniyah dan Marwiyah. (2020). Peranan Taman Bacaan Masyarakat sebagai Sumber Belajar Rumah Singgah Anak Mandiri Yogyakarta. Media Pustakawan. 27(1), 14-25.

Sani, Muhammad Azmi Ali dan Sri Ati Suwanto. (2018). Pembinaan Minat Baca Masyarakat melalui Pembangunan Taman Bacaan Masyarakat Desa Kemasaan Klepu, Semarang, Jawa Tengah. ANUVA 2 (2), 165-178.

Ulber, Silalahi. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: Refika Aditama.

Wardah, Mutia Watul. (2019). Upaya Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Ar-Rasyid dalam Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Literasi. Libria. 11(1) 35-50.

Winoto, Yunus dan Sukaesih. (2019). Studi tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui Penyelenggaraan Perpustakaan Desa dan Taman Bacaan Masyarakat. Edulib: Journal of Library and Information Science. 9(1), 79-94.




DOI: https://doi.org/10.37014/visipustaka.v23i2.1455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact person : 

WA Number

081327669994 ( Purnomo )

081223541993 ( Syifa )