MONITORING DAN EVALUASI TAMAN BACAAN MASYARAKAT DI KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.37014/visipustaka.v23i2.1455Keywords:
Community Reading Park, TBM, Monitoring and EvaluatingAbstract
Keberadaan TBM sebagai sarana pendidikan non formal belajar sepanjang hayat sangat penting, melalui TBM dapat dilakukan hal yang sederhana namun strategis seperti upaya menumbuhkan minat baca bagi anak ataupun kegiatan yang menambah keterampilan bagi para ibu rumah tangga, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitarnya. Tujuan kajian ini untuk mengetahui kondisi TBM yang ada di kota Bandung berdasarkan data TBM yang dimiliki Disarpus Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dimana pengumpulan data diperoleh melalui kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap 36 TBM yang ada di Kota Bandung pada tahun 2019. Perbandingan data TBM antara Kemdikbud dan Disarpus Kota Bandung menunjukkan ada dua nama TBM yang sama yaitu Sukamulya Cerdas dan Eco Bambu. Hasil kajian menunjukkan dari data 36 TBM yang ada di Kota Bandung, 13 masih aktif, sedangkan 23 sudah tidak aktif. Lokasi TBM yang aktif tersebar di 10 kecamatan dengan Kecamatan Cidadap yang terdapat TBM paling banyak yaitu 4. Koleksi yang dimiliki TBM pada umumnya adalah komik, majalah, novel, buku anak, buku iptek dan buku umum. Dari 23 TBM yang sudah tidak aktif dapat dikategorisasikan sebagai berikut: 19 TBM telah berubah peruntukan menjadi tempat tinggal, toko, rumah makan, masjid, sekolah, dan bengkel motor; 2 karena pengelola pindah; dan 2 tidak ditemukan. Saran untuk kajian selanjutnya adalah monitoring dan evaluasi ke TBM berdasarkan data Kemdikbud yang tidak ada pada data Disarpus Kota Bandung yaitu sebanyak 29 TBM, dan seyogyanya Disarpus Kota Bandung berkoordinasi dengan beberapa pihak seperti Kemdikbud dikarenakan TBM berada di bawah pembinaan Kemdikbud dan Pokja Literasi Kota Bandung.References
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. 2020. Executive Summary Indeks Baca pada Masyarakat Kota pada Tahun 2020. Bandung: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.
Kemdikbud. (2020). Tentang TBM. https://donasibuku.kemdikbud.go.id/tentangtbm
Kemendikbud. (2013). Petunjuk Teknis Pengajuan, Penyaluran, dan Pengelolaan Bantuan Taman Bacaan Masyarakat Rintisan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Laus Markus Goti. (2021). Jadi ketua forum TBM, Umar Hamdan Ingin 2021 Ende Kabupaten Literasi. https://kupang.tribunnews.com/2021/02/05/jadi-ketua-forum-tbm-umar-hamdan-ingin-2021-ende-kabupaten-literasi
Ludfia. Skripsi. (2015). Upaya Pembinaan Minat Baca di Taman Bacaan Masyarakat: Studi Kasus TBM Sanggar Baca Jendela Dunia dan TBM Jendela Ilmu. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Maulida, skripsi. (2017). Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Warabal dalam Mengembangkan Minat Baca Anak melalui Pendar dan Dongeng. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Misriyani, M. dan Sungkowo Edy Mulyono. (2019). Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. 3(2), 160-172.
Nada, Lailin. (2017). Perilaku Pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Studi Deskriptif tentang Perilaku Pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dalam Meningkatkan Literasi Masyarakat Kota Surabaya. Surabaya: Universitas Airlangga.
Pramudyo, Gani Nur, M. Roddy Ilmawan, Baiq Azizah, Meryta Anisah, dan Yanuar Deo. (2018). Inovasi kegiatan Taman Bacaan Masyarakat. 4(1), 29-38.
Prokopim Kota Bandung. (2020). TBM Sukamulya Cinambo Raih Penghargaan dari Mendikbud. https://humas.bandung.go.id/layanan/tbm-sukamulya-cinambo-raih-penghargaan-dari-mendikbud
Rohmaniyah dan Marwiyah. (2020). Peranan Taman Bacaan Masyarakat sebagai Sumber Belajar Rumah Singgah Anak Mandiri Yogyakarta. Media Pustakawan. 27(1), 14-25.
Sani, Muhammad Azmi Ali dan Sri Ati Suwanto. (2018). Pembinaan Minat Baca Masyarakat melalui Pembangunan Taman Bacaan Masyarakat Desa Kemasaan Klepu, Semarang, Jawa Tengah. ANUVA 2 (2), 165-178.
Ulber, Silalahi. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: Refika Aditama.
Wardah, Mutia Watul. (2019). Upaya Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Ar-Rasyid dalam Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Literasi. Libria. 11(1) 35-50.
Winoto, Yunus dan Sukaesih. (2019). Studi tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui Penyelenggaraan Perpustakaan Desa dan Taman Bacaan Masyarakat. Edulib: Journal of Library and Information Science. 9(1), 79-94.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- This statement is the author's commitment to respect copyright, both in terms of citing other people's work and the utilization of journal content. Where necessary, author may send the Manuscript Authenticity Statement and/or the Transfer Copyright Statement that "the work is the original idea of author and has never been sent to another publisher and published in other publication".
- The publication right of the journal is the journal manager property within author's knowledge, and the moral right of publication is the author property.
- The formal legal aspects of journal publication utilizing refer to the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) license [see also open access policy].