Gambaran Pustakawan Ideal: Cerdas, Luwes, Dan Suka Menolong

Authors

  • Doddy Rusmono Perpustakaan UPI

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v15i1&2.932

Keywords:

pustakawan ideal, cerdas, gambaran

Abstract

Bagi pengguna yang mencari berbagai sumber informasi di perpustakaan, hanya ada satu keinginan yaitu disambut pustakawan yang memiliki tiga karakteristik berpengetahuan luas, pandai menangani keberagaman permintaan apapun, dan tulus membantu pemenuhan kebutuhan informasi. Kontras dengan gambaran tadi, atau tepatnya mimpi buruk bagi pengguna adalah sosok pustakawan yang terkesan enggan, sedikit murung dan jauh dari sikap tanggap terhadap kebutuhan pengguna yang sebenarnya harus cepat dipenuhi. Kesadaran akan keberadaannya di tengah komunitas intelektual sepatutnya memacu semangat pustakawan ideal untuk mengembangkan diri menggapai kesempurnaan yang utuh sebagai penyedia informasi. Ketiga karakteristik sebagai modal dasar dalam mengembangkan diri kearah kesempurnaan citra perlu dilandasi oleh hasil evaluasi-diri yang bersinambungan, berketetapan, dan berpandangan jauh ke depan. 

Author Biography

Doddy Rusmono, Perpustakaan UPI

Pustakawan Madya/Dosen LB Bahasa Inggris

References

Credaro, AB. 2002. The Ideal Librarian. In Warrior Librarian Weekly. Diturunkan melalui http;//warrriorlibrarian.com/FOUND/ideallib.html.

Farida, Ade. 2003. Peningkatan Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Berorientasi Pemakai: sebuah alternatif. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional FKP2T tanggal 12 Agustus 2003, di IAIN Sunan Ampel, Surabaya.. 2003. Service excellence. John Robert Powers. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional FKP2T tanggal 12 Agustus 2003 di IAIN Sunan Ampel, Surabaya. 2004. Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Rusmono, Doddy. 2004. How University Librarians Communicate in English: an Indonesian version of challenge and reality. Makalah dipresentasikan pada Seminar Internasional: The 9th English in Southeast Asia Conference "The Texts and Contexts of English Language Studies in Southeast Asia", pada tanggal 13-15 Desember 2004, di Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Seefeldt, J. & Syre, L. 2003. Portals to the Past and to the Future "“ Libraries in Germany. Teks terjemahan oleh Dr. Diann Rush-Feja. Hildersheim: George Olms Verlag.

Tjuparmah, Yooke. 2002. Uraian Jabatan Pustakawan dan Non Pustakawan. Direktorat Perpustakaan, Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Downloads

Published

2020-04-28

How to Cite

Rusmono, D. (2020). Gambaran Pustakawan Ideal: Cerdas, Luwes, Dan Suka Menolong. Media Pustakawan, 15(1&2), 64–71. https://doi.org/10.37014/medpus.v15i1&2.932

Issue

Section

Articles