Pelestarian Jangka Panjang Dan Aksesibilitas Isi Informasi Dengan Teknologi

Authors

  • Purwono Purwono Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v17i1&2.870

Keywords:

Pelestarian informasi, Program komputer, Teknologi pelestarian, Migrasi data

Abstract

Pemilihan program komputer untuk kegiatan di perpustakaan pada kenyataannya, bukan masalah sederhana, terutama jika program komputer tersebut akan digunakan untuk pengolahan data koleksi perpustakaan. Perubahan kebijakan, perluasan layanan, dan munculnya kerjasama antar perpustakaan, merupakan beberapa pemicu masalah dalam pemakaian program komputer di perpustakaan. Pilihan untuk mengganti program komputer agar sesuai dengan perkembangan kegiatan perpustakaan bukan hal yang mudah. Kegagalan migrasi data merupakan masalah besar yang sering kali muncul, terutama jika perpustakaan harus mengisi ulang seluruh data koleksi yang dimilikinya. Oleh karena itu perlu kecermatan dalam pemilihan teknologi yang tepat untuk kegiatan preservasi.

Author Biography

Purwono Purwono, Universitas Gadjah Mada

Pustakawan Utama

References

Aris Wendy, Ahmad SS. Ramadhana. Membangun VPN Linux Secara Cepat, Yogyakarta: Andi, 2005.

Banks, Paul N. and Roberta Pelette (eds.) Preservation: Issues and Planning, Chicago: American Library Association, 2000.

Banks, Paul N. "Preservation of Information in Nonpaper Formats", di dalam Paul N. Banks and Roberta Pilette , Preservation: Issues and Planning, Chicago: American Library Association, 2000.

Graham, Peter S. "Issue in Digital Archiving", di dalam Paul N. Banks anda Roberta Pilette , Preservation: Issues and Planning, Chicago: American Library Association, 2000.

http://vlado.blogsome.com/category/networking. Selasa, 16-9-2008 pk. 08.00

Pendit, Putu Laxman. Perpustakaan Digital dari A sampai Z. Jakarta: Cita Karyakarsa Mandiri, 2008.

Stewart, Eleanore. "Special Collection Conservation". di dalam Preservation: Issues and Planning, Chicago: American Library Association, 2000.

Stefano, Paula De. "Digitalization for Preservation and Access". di dalam Paul N. Banks and Roberta Pilette, Preservation: Issues and Planning, Chicago: American Library Association, 2000.

Strassberb, Richard. "Library and Archives Security" di dalam Preservation: Issues and Planning, Chicago: American Library Association, 2000.

Surtikanti, Ratih , "Migrasi Data :Tidak Semudah Mengucapkannya" http://www.lib.ui.ac.id/articles.php?cat_id=2 Selasa, 23 -9- 2008. 8.15

Downloads

Published

2020-04-09

How to Cite

Purwono, P. (2020). Pelestarian Jangka Panjang Dan Aksesibilitas Isi Informasi Dengan Teknologi. Media Pustakawan, 17(1&2), 53–64. https://doi.org/10.37014/medpus.v17i1&2.870