Forum Ultima: Upaya Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara Mengelola Pengetahuan Implisit (tacit)

Authors

  • Yunita Riris Widawaty Universitas Multimedia Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v21i3%20&%204.791

Keywords:

knowledge management, implisit or tacit knowledge, Forum Ultima.

Abstract

Di universitas setiap hari terjadi terjadi penciptaan dan pemindahan (sharing) pengetahuan. Secara umum pengetahuan dibagi menjadi dua yaitu pengetahuan eksplisit dan implisit (tacit). Pengetahuan eksplisit lebih mudah dikelola karena telah terekam dalam berbagai format dan dapat disebarkan melalui berbagai media. Tidak demikian halnya dengan pengetahuan implisit yang masih tersimpan dalam pikiran masing-masing sesuai dengan karakteristik dan keahlian yang berbeda-beda, maka sulit menangkap dan merekamnya untuk kemudian disebarluaskan. Padahal pengetahuan implisit jauh lebih luas dan dalam serta unik dibandingkan pengetahuan eksplisit. Pengetahuan implisit (tacit) bersifat tidak berwujud, tersimpan dan terikat secara mendalam dengan pemiliknya. Pengetahuan implisit lebih kompleks dan tidak mudah dikelola, namun justru menjadi kekuatan performa organisasi dan penyebarannya krusial dalam memperkaya sumber-sumber yang ada. Selama ini, perpustakaan lebih banyak berfokus pada organisasi (seleksi, katalogisasi) dan penyebaran (termasuk pencarian) pengetahuan eksplisit. Padahal banyak pengetahuan yang masih ada dalam kepala dan belum pernah direkam dalam sumber-sumber informasi yang umumnya dikelola oleh Perpustakaan. Melalui penyelenggaraan Forum Ultima secara berkala, Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara berupaya mengelola pengetahuan implisit (tacit) sivitas akademika. Pengelolaan yang dilakukan meliputi penangkapan, perekaman, penyimpanan, hingga pencarian informasinya.

References

Becerra-Fernandez, I. & Sabherwal, R., (2010). Knowledge Management: systems and processes, M.E. Sharpe, New York.

Dalkir, K., (2011). Knowledge Management in Theory and Practice, The MIT Press, Massachusetts.

Dinur, A., (2011). Tacit Knowledge Taxonomy and Transfer: case-based research, Journal of Behavioral and Applied

Management, Vol. 12, No. 3, 246-268. Peter, C. H., (2007). Knowledge Sharing: moving away from the obsession with best practices, Journal of Management, Vol.11, No.1, 36-47.

Rowley, J., (2003). Knowledge Management: the new librarianship? From custodians of history to gatekeepers to the future, Library Management, Vol. 24, No. 8/9, 433-440.

Downloads

Published

2020-03-26

How to Cite

Widawaty, Y. R. (2020). Forum Ultima: Upaya Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara Mengelola Pengetahuan Implisit (tacit). Media Pustakawan, 21(3 & 4), 6–10. https://doi.org/10.37014/medpus.v21i3 & 4.791