Aksesibilitas Layanan Perpustakaan bagi Penyandang Disabilitas di Kabupaten Banjarnegara: Studi Evaluasi Kinerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah

Authors

  • Budi Handari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Banjarnegara

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v26i2.180

Keywords:

aksesibilitas, penyandang disabilitas, transformasi fungsi, fasilitas dan sumberdaya manusia perpustakaan, accessibility, persons with disabilities, transformation of functions, facilities and library human resources

Abstract

Abstrak Aksesibilitas merupakan hak dari penyandang disabilitas. Hak tersebut meliputi pemanfaatan fasilitas publik dan mendapatkan akomodasi yang layak, termasuk mendapatkan aksesibilitas layanan perpustakaan sebagaimana yang didapatkan oleh pemustaka non-disabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan mengevaluasi pelaksanaan dan faktor-faktor yang mempengaruhi layanan perpustakaan bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah. Dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif, penelitian yang dilakukan di wilayah Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah ini mengamati layanan perpustakaan bagi penyandang disabilitas melalui variabel transformasi fungsi, fasilitas, dan sumber daya manusia perpustakaan. Pengumpulan data juga dilakukan melalui wawancara menggunakan panduan wawancara (interview guide). Untuk menganalisis data, digunakan metode Frekuensi Distribusi Relatif dan Analisis Tabulasi Silang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala internal dan eksternal mengakibatkan Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah belum sepenuhnya berhasil mewujudkan aksesibilitas layanan perpustakaan bagi penyandang disabilitas. Abstract Accessibility is the right of disabilities. It also includes the use of public facilities and obtaining adequate accommodation, including the access to library services as served to non-disabled users. This study aims to find out, describe, and evaluate the implementation and factors influence library services for persons with disabilities in Banjarnegara Regency, Central Java Province. By using the quantitative descriptive method, the research conducted at Banjarnegara Regency, Central Java Province, by observing library services for person with disabilities through the variables of function transformation, facilities, and library human resources. The data also collected through interview by using interview guides. To analyze the data, the Relative Distribution Frequency Method and Cross Tabulation Analysis were used. The results showed there were internal and external barriers Library of Library and Library Office of Banjarnegara Regency, Central Java Province, these were caused the succeeding in achieving accessibility of library services for person with disabilities was not fully yet in the.

References

American Library Association. (2016). Library Services for People with Disabilities Policy. Sumber: www.ala. org. Diakses pada 19/11/2018.12.01

Ancok, Djamaludin. (1985). Teknik Penyusunan Skala Pengukur. Yogyakarta: Pusat Penelitian Kependudukan Universitas Gajah Mada

Aprilina, Pawestri. (2017). Hak Penyandang Disabilitas Dalam Perspektif HAM Internasional dan HAM Nasional. Sumber: https://media.neliti.com. Diakses pada 08/06/2018.08.58

Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Bimo Walgito. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : ANDI

Burhan Nurgiyantoro, Gunawan dan Marzuki. (2000). Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Canadian Library Association (CLA). (2016). Guidelines on Library and Information Services for People with Disabilities. Sumber: cfla-fcab.ca/en. Diakses pada 21/11/2018. 11.02

Coalition For Networked Information. (2013). The Transformation of the Public Library. Sumber: https://www.cni.org. Diakses pada 19/11/2018.04.34

Chaputula, Aubrey Harvey & Patrick Makono Mapulanga.

(2017). Provision of Library Services to People with

Disabilities in Malawi. Sumber: https://www.

researchgate.net. Diakses pada 19/11/2018.04.34

Christie Damayanti. (2017). Apa Arti "Konsep 4K" bagi Disabilitas?. https://www.kompasiana.com. Diakses pada 06/7/2018.04.51

Danang Sunyoto. (2009). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta : MedPress

Diao Ai Lien. (2004). Transformasi Dunia Perpustakaan. Sumber: eprints.rclis.org. Diakses pada 03/06/2018.09.08

Depdagri. (2003). Modul Pelayanan Prima. Jakarta: Direktorat Jenderal Pemerintahan Umum Departemen Dalam Negeri

Dunn, William N. (2000). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Dwiyanto, Agus , et al. (2002). Reformasi Birokrasi Pelayanan Publik di Indonesia. Yogyakarta: Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada

Echols,John & Hassan Shadily. (1987). Kamus Bahasa Inggris. Gramedia: Jakarta

Ekwelem V. O. (2013). Library Service To Disabled Students in The digital Era: Challenges For Outcome Assessment. Library Philosophy and Practice (e-journal) Libraries at University of Nebraska-Lincoln. Sumber: https://digitalcommons.unl.edu. Diakses pada 13/06/2018.05.08

Fadillah Putra.dan Saiful Arif. (2001). Kapitalisme Birokrasi. Yogyakarta: LkiS.

Fandy Tjiptono. (2002). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

Hesty Putri Agustin. (2017). Kualitas Pelayanan Bagi Pemustaka Disabilitas Netra Di Braille Corner Perpustakaan Umum Kota Malang. Sumber: repository.unair.ac.id. Diakses pada 22/06/1918.13.45 Julista Mustamu. (2011). Diskresi dan Tanggungjawab Administrasi Pemerintahan. Sumber: https:// fhukum.unpatti.ac.id. Diakses pada 19/11/2018.20.07 Langbein, Laura Irwin. (1980). Discovering Whether Programs Work: A Guide to Statistical Methods For Program Evalution. London: Scott, Foresman and Company.

Moh. Nazir. (1999). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Martono, Nanang. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa

Nina Pelaez. (2017). People"™s Library. Sumber: https:// wcma.williams.edu. Diakses pada 22/06/2018.13.38 Nielsen, Birgitta Irvalland Gyda Skat. (2005). Access to Libraries for Persons with Disabilities"“Checklist. IFLA Professional Reports, No. 89. Sumber: https:// www.ifla.org. Diakes pada 13/06/2018.04.26

Ninu Tri Apriliana. (2010). Pengaruh Sikap Petugas Perpustakaan Terhadap Minat Berkunjung Pemustaka Di Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Semarang. Sumber: http://eprints.undip.ac.id. Diakses pada 19.11/2018.04.25

Novarikha Ariyanti, Stefanus Pani Rengu, Hermintatik. (NA). Peran Desain Interior Terhadap Kepuasan Pemustaka (Studi pada Perpustakaan SMK Negeri 4 Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 3, No. 11. Sumber: download.portalgaruda.org. Diakses pada 28/11/2018.20.40

Robertson, Linda. (2006). Access for Library Users with Disabilities. Sumber: https://www.sconul.ac.uk/sites. Diakses pada 13/06/2018.04.58

Saleh, Abdul Rahman. (2013). ISO 11620: 2008 (Information and Documentation "“ Library Performance Indicators). Sumber: https://www. researchgate.net. Diakses pada 24/06/2018.17.41

Samudra Wibawa, Purbokusumo dan Pramusinto. (1994). Evaluasi Kebijakan Publik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. (1989). Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES

Siti Aisyah. (2017). Implementasi Kebijakan Aksesibilitas Pelayanan Bagi Difabel di Yogyakarta Tahun 2015 (Studi Kasus: Grhatama Pustaka Yogyakarta). Sumber: repository.umy.ac.id. Diakses pada 24/06/2018.17.41

Siagian,Sondang P. (1998). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi.

Suparmoko. (2007). Metode Penelitian Praktis (Untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Ekonomi dan Bisnis) Edisi 4. Yogyakarta : BPFE.

Rosa Widyawan. (2012). Pelayanan Referensi, Bimbingan Pemustaka dan Literasi Informasi (LI). Sumber: digilib.undip.ac.id. Diakses pada 22/06/2018.13.45

Ruskin, John. (2011). Importance of Human Resource Management. Sumber: www.humanresourceexcellence.com.

Diakses pada 03/06/2018.04.03

Tan, Melly G. (1985). Masalah Perencanaan Penelitian, dalam Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Koentjaraningrat. Jakarta: Gramedia

Todaro, Alicia Julia. (2005). Library Services for People with Disabilities in Argentina. Sumber: https://www. emeraldinsight.com. Diakses pada 03/06/2018.08.42

Wahyudi Kumorotomo. (2001). Etika Administrasi Negara. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zulian Yamit. (2001). Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.

Downloads

Published

2019-08-03

How to Cite

Handari, B. (2019). Aksesibilitas Layanan Perpustakaan bagi Penyandang Disabilitas di Kabupaten Banjarnegara: Studi Evaluasi Kinerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah. Media Pustakawan, 26(2), 91–97. https://doi.org/10.37014/medpus.v26i2.180

Issue

Section

Articles