Analisis Kesiapan dan Tantangan Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam di Indonesia Menghadapi Era 4.0

Authors

  • Rhoni Rodin Institut Agama Islam Negeri Curup, Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v26i2.179

Keywords:

Era 4.0, Perpustakaan perguruan tinggi Islam, Indonesia

Abstract

Abstrak Era 4.0 merupakan era revolusi industri teknologi yang secara fundamental akan mengubah paradigma berpikir dan cara kerja. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan dan tantangan perpustakaan perguruan tinggi Islam dalam menghadapi era 4.0. Jenis penelitian ini adalah studi literatur dengan analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa kesiapan dan tantangan perpustakaan perguruan tinggi Islam di Indonesia tidak hanya mengedepankan peran tradisional dengan menyediakan sarana fisik semata, tetapi lebih ke perpustakaan yang juga memahami value perpustakaannya. Perpustakaan perguruan tinggi Islam di Indonesia selain menghadapi perkembangan teknologi yang amat pesat, juga perlu siap menghadapi perubahan dalam perilaku pengguna yang ikut berubah sesuai perkembangan zaman. Tantangan yang lainnya adalah aspek dari misi perguruan tinggi, yaitu mengembangkan dan memajukan penelitian. Gerakan open access juga merupakan salah satu tantangan yang harus segera dijawab oleh pihak perpustakaan perguruan tinggi Islam. Kemudian tantangan untuk mengakomodasi perubahan pesat dalam pengajaran yang juga amat dipengaruhi oleh perkembangan penggunaan teknologi informasi seperti sekarang ini. Abstract The era of 4.0 was the era of the technological industry revolution that would change the paradigm of thinking and how to work. This paper tries to analyze the readiness and challenges of Islamic college libraries in the challenges of the era of 4.0. This type of research is a literature study with data analysis using descriptive analysis methods. Islamic college libraries in Indonesia do not only prioritize traditional roles by providing physical facilities, but more on libraries that also increase the value of their libraries. Islamic college libraries in Indonesia in addition to developing technology that is very fast, also needs repairs available to users that also change according to the times. Another challenge is the aspect of the college's mission, which is to develop and advance research. The open access movement is also one of the challenges that must be answered immediately by the Islamic college libraries. Next is the challenge for development, change that is fast, popular, and useful.

References

Bradley M, Hemminger, B.M., Lu, D., Vaughan, K.T., dan Adams, S.J. 2007. Information Seeking Behavior of Academic Scientists. Journal of the American Society for Information Science and Technology, 58 (14), 2205-2225.

Brown, Karen, dan Kara J. 2012. Connect, Collaborate, and Communicate: A Report from the Value of Academic Libraries Summits. Chicago: Association of College and Research Libraries. (www.acrl.ala.org/ value, diakses 30 Januari 2019).

Haines, L.l., Light, J., & O"™Malley, D. 2010. Information-seeking Behavior of Basic Science Researchs: Implications for Library Services. Journal for Medical Library Association, 98 (1), 73-81.

Hepworth, M. & Duvigneau, S. 2012. Building Research Capacity: Enabling Critical Thinking Through Information Literacy in Higher Education in Africa. Brighton : The Institute of Development Studies. (http://opendocs.ids.ac.uk/ opendocs/bitstream/handle/123456789/2301/ BuildingResearchCapacityR1.pdf, diakses 30 Januari 2019).

Jingfeng, X. 2011. An Anthropological Emic-etic Perspective on Open Access Practices. Journal of Documentation, 67 (1), 75-94. Doi: 10.1108/00220411111105461.

Muntashir. 2012. Analisis Webometrik pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Visi Pustaka, 14 (2), 39-49.

Oakleaf, Megan. 2010. Value of Academic Libraries: A Comprehensive Research Review and Report. Chicago: Association of College and Research Libraries. (http:// www.ala.org/acrl/sites/ala.org.acrl/files/content/ issues/value/val_report.pdf, diakses 30 Januari 2019).

Pendit, Putu Laxman. 2015. Peringkat Universitas, Budaya Epistemik dan Tantangannya bagi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Makalah Seminar Nasional Pengembangan Perpustakaan Akademik, Rabu 12 Agustus 2015. Ciputat: UIN Syarif Hidayatullah.

Saleh, A.R. 2010. Peran Perpustakaan di Perguruan Tinggi Belum Optimal, Mengapa?. Rahman Blog. (http://rahman.staff.ipb.ac.id/2010/12/23/peran-perpustakaan-di-perguruan-tinggi-belum-optimal-mengapa/, diakses 30 Januari 2019).

Siregar, A.R. 2008. Perluasan Peran Perpustakaan Perguruan Tinggi. Pustaka; Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, 4 (1), 7-11. (http://repository.usu.ac.id/ bitstream/123456789/16086/1/pus-jun2008-(1).pdf, diakses 30 Januari 2019).

Suparmo, P. 2012. Menggagas Kualitas Perpustakaan Perguruan Tinggi. Visi Pustaka, 14 (3), 51-59.

Xuemei, G. 2010. Information-seeking Behavior in the Digital Age: A Multidisciplinary Study of Academic Researchs. College & Research Libraries, 71 (5), 435-455. (http://crl.acrl.org/content/71/5/435.full. pdf+html, diakses 30 Januari 2019).

Downloads

Published

2019-08-03

How to Cite

Rodin, R. (2019). Analisis Kesiapan dan Tantangan Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam di Indonesia Menghadapi Era 4.0. Media Pustakawan, 26(2), 81–90. https://doi.org/10.37014/medpus.v26i2.179

Issue

Section

Articles