Analisis Usulan Kebutuhan Koleksi e-Resources Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri untuk Diadakan Perpustakaan Nasional

Authors

  • Adriati Zen Perpustakaan Nasional
  • Edithya Septiadi Perpustakaan Nasional
  • Diyah Purnomowati Perpustakaan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v24i1.161

Keywords:

e-resources, kebutuhan pemustaka, pengadaan e-resources

Abstract

Perpustakaan Nasional sebagai benteng terakhir dari semua jenis perpustakaan yang ada di Indonesia, berusaha menyediakan koleksi yang dibutuhkan masyarakat serta menjalankan fungsinya sebagai pusat pendidikan seumur hidup (life-long education), pusat informasi, pelestarian kebudayaan, dan tempat rekreasi masyarakat dengan memberikan layanan kepada pemustaka sehingga kebutuhan informasi mereka dapat terpenuhi. Kebutuhan informasi setiap pemustaka, baik dilihat dari konteks psikologis, intelektual maupun sosial berbeda satu dengan yang lainnya. Analisis kebutuhan koleksi e-resources kali ini ditujukan pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri. Sebagai salah satu tahapan dalam mengembangkan dan membangun koleksi, khususnya untuk memperkuat koleksi e-resources yang dapat memenuhi kebutuhan informasi pemustaka serta dapat menjangkau lebih banyak pemustaka tanpa dibatasi ruang dan waktu. Untuk meningkatkan keakuratan penyediaan informasi bagi pemustaka, kemajuan teknologi diharapkan dapat mempermudah proses penyediaan, penelusuran dan penyajian informasi. Pemberian jasa perpustakaan dapat ditingkatkan kecepatan dan ketepatannya sehingga dapat memberikan kepuasan kepada pemustaka serta mampu meningkatkan keakuratan penyediaan informasi untuk kebutuhan pemustaka serta perencanaan dan pengembangan perpustakaan di masa depan.

References

Hamakonda, T.&Tairas, JNB. (1995). Pengantar Klasifikasi Persepuluhan Dewey. Jakarta: Gunung Mulia.

OCLC (Online Computer Library Center) Inc. (2011). Introduction to the Dewey Decimal Classification. Dublin, Ohio: OCLC.

OCLC (Online Computer Library Center). Dewey Services. Diunduh pada 18 Februari 2015 dari http:// www.oclc.org/en-CA/dewey/features.html

Perpustakaan Nasional RI. (2010). Terjemahan Klasifikasi Desimal Dewey Disesuaikan dengan DDC Ringkas Edisi Ke-14. Jakarta: Perpusnas RI.

Saleh, Abdul Rahman, dkk. (2009). Manajemen Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka. Hal. 3.33.

Sugono, Dendy (Eds.). (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Keempat). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Hal. 706.

Sulistyo-Basuki. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Hal. 395.

Downloads

Published

2017-03-29

How to Cite

Zen, A., Septiadi, E., & Purnomowati, D. (2017). Analisis Usulan Kebutuhan Koleksi e-Resources Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri untuk Diadakan Perpustakaan Nasional. Media Pustakawan, 24(1), 9–24. https://doi.org/10.37014/medpus.v24i1.161

Issue

Section

Articles