OPINI : LAYANAN KOLEKSI MEMORIABILIA UPT PERPUSTAKAAN PROKLAMATOR BUNG KARNO BLITAR SEBAGAI WISATA EDUKASI SEJARAH BUNG KARNO

Authors

  • Hanafi - Hanafi Perpustakaan Nasional RI

Keywords:

Perpustakaan Proklamator, Bung Karno

Abstract

Perpustakaan Proklamator Bung Karno yang letaknya berdampingan dengan Makam Bung Karno diharapkan keberadaan koleksinya mampu memberikan fakta sejarah dan pemahaman lebih tentang biografi dan menjadi bukti otentik tentang perjuangan Bung Karno. Makam bung karno banyak didatangani para peziarah dari seluruh Indonesia bahkan mancanegara. Hal ini terlihat dari jumlah pengunjung layanan memorabilia yang mencapai 610.074 orang terdiri dari wisatawan dalam negeri sebanyak 609.249 orang dan wisatawan mancanegara sebanyak 825 orang di tahun 2018.Berdasarkan pengertian dan fungsi perpustakaan yang tertuang dalam UU No. 23 Tahun 2007, salah satu fungsi perpustakaan adalah rekreasi. Fungsi rekreasi yang dimaksud adalah rekreasi kultural. Fungsi rekreasi tersebut tentu saja tidak terlepas dari tujuan utama perpustakaan, yaitu melestarikan hasil budaya umat manusia, khususnya yang berbentuk dokumen karya cetak dan karya rekam lainnya, serta menyampaikan gagasan, pemikiran, pengalaman, dan pengetahuan umat manusia itu kepada generasi-generasi selanjutnya. Pengembangan fungsi rekreasi berarti melengkapi fungsi utama perpustakaan, yaitu agar perpustakaan terasa lebih menarik dan menghibur.

References

Hanafi, Yanuar, Indrawan dan Friska. 2018. Kajian Efektivitas Layanan Koleksi Memorabilia Perpustakaan Proklamator Bung Karno Dalam Memberikan Pemahaman Sejarah Bung Karno. Jakarta : Perpustakaan Nasional RI.

Kisdarjono, IL .2010. Perpustakaan Kepresidenan Bung Karno : Gagasan yang melandasi. Blitar: Perpustakaan Nasional RI "“ UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno.

PDII-LIPI. 2009. Pengembangan Fungsi Rekreasi di Perpustakaan, diunduh dari: http://lipi.go.id/berita/pengembangan-fungsi-rekreasi-di-perpustakaan-:-upaya-pdii-lipi-untuk-menjadi-pusat-wisata-informasi/4187 pada tanggal 28 Februari 2019 Pukul 14.15 WIB.

Perpustakaan Bung Karno. 2013. Buku Panduan Galeri Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Blitar.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Downloads

Published

2020-02-07